10 Mitos Tentang Garam


Foto: ngs.co.uk

Foto: ngs.co.uk

Di alam garam dapat kita temui di laut, garam rasanya asin. Namun, garam juga dapat dibuat dengan reaksi kimia antara asam dan basa. Salah satu reaksi kimia yang menghasilkan garam adalah Natrium hidroksida (NaOH) yang bersifat basa direaksikan dengan Asam klorida (HCl) yang bersifat asam akan menghasilkan Natrum klorida (NaCl) atau garam yang rasanya asin dan Air (H2O) yang rasanya tawar.

Natrium sering dikaitkan dengan masalah kesehatan tekanan darah.Namun, natrium diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, transmisi saraf, kontraksi otot dan fungsi lainnya. Dan meskipun belum definitif menunjukkan bahwa diet rendah garam positif dampak penyakit jantung atau kematian (kecuali Anda sudah memiliki hipertensi atau penyakit jantung). Banyak lembaga kesehatan masih merekomendasikan membatasi natrium.

Beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa pembatasan garam menyebabkan efek buruk pada kesehatan. Berikut adalah 10 mitos yang paling umum tentang garam dan natrium yang berarti untuk kesehatan Anda, seperti dikutip dari Livestrong.

1. Satu-satunya karena alasan asupan garam adalah tekanan darah.
Salah. Sebenarnya, studi menunjukkan bahwa kelebihan natrium telah dikaitkan dengan masalah kesehatan lainnya seperti kanker lambung, tukak lambung, osteoporosis, kram otot dan fungsi otak. Asupan garam tidak menyebabkan, tetapi dapat memberikan kontribusi, tekanan darah tinggi, khususnya pada individu yang sensitif pada garam.

2. Tak ada garam yang baik untuk Anda.
Salah. Garam sangat penting bagi kehidupan. Ini adalah komponen utama dari darah Anda, hal ini membantu membawa nutrisi ke dalam dan keluar dari sel-sel Anda, mengatur tekanan darah dan berperan dalam fungsi sistem saraf. Kita perlu garam hanya tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit. Jumlah garam yang tepat untuk Anda tergantung pada sensitivitas garam Anda.

3. Setiap orang merespon garam dengan cara yang sama.
Salah. Sebagian besar dari kita ada yang sensitif pada garam atau resisten garam. Tingkat sensitivitas atau resistensi garam ditentukan oleh banyak faktor, termasuk genetika, ras/etnis, usia, ukuran tubuh dan diet umum. Sensitivitas garam didefinisikan sebagai ketika tekanan darah seseorang berubah secara signifikan dari peningkatan atau penurunan garam dalam diet. Orang tua, orang yang kelebihan berat, perempuan, Afrika-Amerika dan Asia Selatan adalah contoh dari kelompok yang dikenal memiliki sensitivitas garam lebih besar.

Isu sensitivitas garam mendasari alasan bahwa banyak studi menunjukkan hasil yang bertentangan tentang dampak sodium pada kesehatan untuk masyarakat umum. Beberapa orang tidak mengalami perubahan tekanan darah atau retensi air ketika makan garam dan lainnya tergantung pada sensitivitas garam mereka. Kebanyakan penelitian cenderung melaporkan rata-rata tapi akhirnya itu adalah orang yang sensitif pada garam yang paling khawatir tentang asupan natrium.

4. Jika Anda tidak menambahkan garam dalam memasak atau di meja, diet Anda akan rendah garam.
Salah. Mayoritas asupan natrium berasal dari makanan olahan, bukan jumlah garam yang Anda tambahkan dalam memasak atau di meja. Dan tidak ada yang membutuhkan banyak makanan olahan dalam diet mereka. Daging olahan, sup kalengan, tomat dan pasta saus, kaldu, roti, kerupuk dengan topping asin, dan apa saja yang datang disiapkan tinggi di natrium.

5. Mengurangi asupan garam berarti makan makanan hambar.
Salah. Herbal termasuk rempah-rempah, bawang putih, bawang merah, lemon dan air jeruk nipis, cabai merah dan hitam semua dapat menambah rasa untuk hidangan Anda sehingga Anda tidak perlu tergantung sepenuhnya pada garam untuk rasa. Sebenarnya, menambahkan garam ke makanan rumahan Anda memiliki dampak jauh lebih kecil daripada banyak makan makanan olahan dan makanan siap saji yang jauh lebih tinggi di natrium.

6. Sambal pedas adalah pengganti yang baik untuk menambahkan garam dalam masakan.
Benar. Beberapa orang ingin menambahkan saus panas untuk makanan mereka bukan garam pada premis bahwa mereka menelan sedikit natrium seperti itu. Sambal pedas, salsa, saus tomat dan saus serupa lainnya dapat menambah rasa pedas pada makanan Anda, tetapi banyak dari mereka yang masih mengandung kelebihan garam.

7. Saya masih muda, jadi saya tidak perlu khawatir tentang asupan garam saya.
Salah. Ketika Anda makan garam berlebihan, tubuh Anda memegang ke cairan ekstra. Volume air tambahan ini menempatkan tekanan pada organ-organ seperti jantung dan ginjal, serta pada arteri Anda. Hal ini meningkatkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi di kemudian hari. Sementara orang-orang muda tidak harus super ketat, itu bukan ide yang baik bagi siapa saja untuk makan makanan dengan jumlah garam yang berlebihan.

8. Latihan dapat mengimbangi asupan garam.
Benar. Latihan tidak mempengaruhi sensitivitas garam. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa aktivitas fisik terbukti sensitivitas garam secara signifikan lebih rendah dari tekanan darah, terutama pada individu yang sensitif pada garam. Makan kelebihan garam masih dapat menyebabkan retensi cairan, yang menempatkan tekanan pada organ dan arteri, tetapi mungkin tidak meningkatkan tekanan darah.

9. Pengaruh garam pada tubuh saya terpisah dari efek gula.
Salah. Salah satu mekanisme utama di balik diet karbohidrat rendah adalah pengurangan kadar insulin. Hal ini bermanfaat tidak hanya untuk diabetes, tetapi untuk menurunkan berat badan karena insulin memberitahu sel-sel lemak untuk menyimpan lemak. Tapi hal lain yang dilakukan adalah insulin menyebabkan ginjal mengikat natrium. Itu sebabnya Anda kehilangan kelebihan air, dan bersamaan dengan itu juga natrium, ketika Anda mengurangi karbohidrat.

10. Garam Fancy seperti Himalaya, garam Kosher dan laut memiliki natrium kurang dari garam meja biasa.
Salah. Semua garam mengandung jumlah natrium yang sama dan tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa salah satu lebih sehat daripada yang lain. Lawan garam meja biasa berpendapat bahwa “garam mewah” mengandung kurang natrium dan mengandung mineral seperti kalsium, kalium, besi dan fosfor, tapi ada sedikit bukti untuk membuktikan ini. Garam-garam ini mungkin, rasanya lebih baik dan kurang diproses, sehingga ini masalah preferensi pribadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: