Kalau ke Surabaya Mampir ke Suramadu


Foto: nettik.net

Suramadu di Siang hari, foto: nettik.net

Surabaya dan Madura boleh berbangga, karena dua daerah ini mempunyai jembatan yang saat ini adalah jembatan terpanjang di Indonesia. Yaitu jembatan Surabaya-Madura (Suramadu). Panjang Suramadu 5.538 m, membentang antara Pulau Jawa di Surabaya dan Pulau Madura di Bangkalan.

Menurut sumber dari Wikipedia, Suramadu diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)pada 10 Juni 2009. Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura, yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Jawa Timur. Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah 4,5 triliun rupiah.

Jembatan Suramadu mirip seperti jembatan yang membelah Sungai Musi di Palembang, Sumatera Selatan. Suramadu adalah jalan tol dan satu-satunya jalan tol yang bisa dilalui jalur khusus untuk sepeda motor. Tak hanya warga Madura yang ingin ke Surabaya atau warga Surabaya yang ingin ke Madura saja yang melintasi Suramadu. Wisatawan yang kebetulan ke Jawa Timur, khususnya ke Surabaya pun menyempatkan diri ke Suramadu.

Pada saat musim liburan akhir tahun seperti ini Suramadu makin ramai dikunjungi. Bus-bus pariwisata dan kendaraan pribadi melintasi Suramadu hanya ingin melintas di jembatan yang ada di atas laut ini. Namun, kendaraan wisata yang melintas umumnya hanya sampai di Bangkalan dan berbalik arah ke Surabaya pada saat ada rambu boleh berbalik arah.

Suramadu di malam hari, foto; hangoutindo.com

Suramadu di malam hari, foto; hangoutindo.com

Di sisi kiri jalan ke arah Surabaya ini Anda bisa beristirahat untuk menikmati pemandangan Suramadu. Jika Anda ingin membeli buah tangan untuk kerabat dan keluarga di sini banyak menawarkan souvenir khas Suramadu. Aneka kaos dengan tulisan dan gambar Suramadu menjadi ciri khas souvenir di Suramadu.

Jika Anda ingin membeli kain batik Madura yang cantik tidak perlu sampai ke Madura, cukup di sini. Aneka kain batik dijual lebih murah dari pada di toko. Souvenir gantungan kunci bergambar dan bertuliskan Suramadu adalah souvenir yang banyak digemari wisatawan dengan harga hanya 2.500 per buah. Masih banyak lagi souvenir khas dari Madura yang sayang jika dilewatkan. Harganya cukup terjangkau, mulai dari 25 ribu rupiah.

Jika ada bus atau kendaraan pribadi yang berhenti di sini, maka banyak pedagang menjajakan makanan seperti bakso, somai, mi instan kemasan cup, dan berbagai jajanan yang lain. Jika Anda ingin ke belakang alisa ke toilet tersedia juga cukup membayar 2 ribu rupiah saja. Namun, menurut saya toiletnya kurang higienis, jadi mendingan jika tidak terpaksa tidak usah saja. Namun, itu semua tergantung Anda sebagai pengguna.

Jika Anda melintas Suramadu di siang hari akan terlihat pemandangan yang indah, banyak perahu nelayan. Namun jika Anda melintas di malam haris hembusan angin laut sangat terasa, jika pas angin kencang membuat Anda harus ekstra hati-hati. Sayangnya, saya beserta rombongan melintas di malam hari, susah mengambil foto dari dalam kendaraan.

Lain kali jika kebetulan ke Surabaya, pengin lagi ke Suramadu.

2 responses

  1. kalau mau foto2 bayar karcis atau tiket2 gitu ngga mas ?

    1. Kalau naik kapal ya bayar, tapi kalau hanya foto pakai ponsel atau kamera sendiri tidak bayar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: