Liburan Sambil Belajar di Maharani Zoo


Libur telah tiba. Bagi sebagian besar karyawan, pegawai, dan anak-anak sekolah akhir tahun adalah waktu untuk berlibur. Liburan tak harus pergi jauh sampai ke luar negeri. Cukup si dalam negeri saja banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Selain berlibur tak ada salahnya juga menimba ilmu. Terutama bagi anak-anak sekolah.

Ada tempat yang bisa untuk berlibur dan sekaligus belajar. Salah satunya adalah Maharani Zoo dan Goa Maharani (Kebun Binatang dan Goa Maharani) yang sering disingkat dengan MZG. Letaknya di Jl. Raya Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Letaknya di depan Wisata Bahari Lamongan (WBL). Jadi jika Anda membeli tiket dengan WBL langsung bisa ke MZG melalui jembatan penyeberangan yang telah disediakan tanpa harus menyeberang jalan raya yang ramai.

Untuk tiket masuk bisa beli MZG atau di WBL. Harga tiket untuk hari biasa (Senin, Selasa, Rabu, dan Kamis) 40 ribu rupiah, sementara untuk akhir pekan dan musim liburan harga tiket 60 ribu rupiah. Namun, jika Anda membeli tiket untuk masuk ke WBL sekaligus harganya lebih murah. Untuk hari biasa 70 ribu rupiah sementara akhir pekan dan musim liburan 100 ribu rupiah. Anak dengan tinggi di atas 85 cm sudah membayar tiket sendiri.

Wisata edukasi ini sangat cocok untuk liburan anak-anak. Banyak koleksi binatang di sini. Bahkan beberapa binatang jarang bahkan tidak bisa dijumpai di kebun binatang yang lain. Sebut saja koleksi berbagai satwa albino seperti phyton albino, tupai albino, rakun albino, landak albino, dan masih banyak lagi satwa albino yang ditempatkan di ruang khusus. Satwa albino tidak dikandangkan seperti satwa lain karena mereka tidak tahan dengan sinar matahari.

Replika fosil Mammoth

Replika fosil Mammoth

Ada juga ruangan yang khusus menampilkan aneka fosil binatang. Setingan bangunan Afrika dengan berbagai offet satwa. Sebut saja beruang putih, fosil ikan paus biru, ikan paus bongkok, replika mammoth (gajah purba), replika Brachiosaurus (hidup pada 161,2-145,5 juta tahun yang lalu), dan masih banyak lagi.
Taman burung

Taman burung

Yang tak kalah menariknya adalah taman burung. Taman Burung Sun Conure merupakan salah satu lokasi di mana Anda dapat memberi makan satwa dan berfoto dengan mereka. Anda bisa berselfie dengan satwa-satwa yang jarang bisa dijumpai di tempat lain. Berbagai burung dari penjuru dunia ada di sini. Sebut saja burung pelikan, berbagai spsies elang, kasuari, bagau, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Singa putih yang langka

Singa putih yang langka

Binatang buas seperti di Afrika pasti ada di sini. Sebut saja wallaby, baboon, marmoset, beruang madu, jerapah, singa putih, harimau putih adalah satwa yang jarang dijumpai di beberapa kebun binatang. Kambing gunung, kuda poni, keledai, dan berbagai jenis sapi adalah satwa herbivora yang lucu dan menarik.
Kambing gunung

Kambing gunung

Jika Anda ingin naik unta atau gajah juga bisa. Cukup membayar 20 ribu rupiah saja. Anda bisa mengajak anak-anak untuk menikmati suasana seperti di alam Afrika.
Suasana di dalam Goa maharani

Suasana di dalam Goa maharani

Yang membedakan antara kebun binatang di sini dan di tempat lain adalah di sini ada goa yang dinamakan dengan Goa Maharani. Goa Maharani satu lokasi dengan Maharani Zoo. Jadi selain Anda bisa belajar tentang satwa, Anda juga bisa belajar tentang berbagai macam pengetahuan tentang goa. Di sini Anda bisa belajar tentang terbentuknya stalaktit dan stalakmit yang ada di goa. Tenang saja tidak perlu khawatir dan takut. Goa di sini sudah dimodifikasi sedemikian sehingga ada lampu-lampu yang membuat pengunjung menjadi betah. Trak hanya itu saja, di beberapa sudut goa juga tersedia kipas angin besar, karena di dalam goa panas.
IMG_20151222_135455Masih di dalam goa, Anda juga bisa belajar tentang aneka batuan. Batu-batu untuk perhiasan dari berbagai penjuru dunia termasuk akik disimpan secara rapi dan menarik pada museum batu yang ada di dalam goa. Beberapa batu langka menarik koleksi museum batu di sini antara lain Amethys (kecubung), Emerald (jamrud), Jade (giok), fosil daun, berbagai fosil kayu yang sudah membatu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: