Mitos Tentang Kolesterol yang Sering Dipercaya (Bagian 2)


Foto: Livestrong

Foto: Livestrong

Di masyarat kita, jika seseorang mempunyai kolesterol tinggi, maka harus berhati-hati. Banyak diantara mereka yang mengatakan harus segera diperiksakan ke dokter. Pada hal kolesterol tidak semuanya jahat kepada tubuh kita, ada juga yang baik.

Ketika kita berbicara tentang kolesterol, biasanya mengacu pada kolesterol darah. Tubuh menggunakan kolesterol untuk membuat hormon, vitamin D dan asam empedu yang membantu memecah lemak. Kolesterol dalam aliran darah ada dua, yaitu lipoprotein low-density (LDL) dan high density lipoprotein (HDL). Terlalu banyak LDL (kolesterol jahat) dapat menyebabkan penumpukan kolesterol (alias plak) di arteri, yang membuat jantung bekerja lebih keras untuk mengedarkan darah. Plak dapat membuka dan menyebabkan bekuan darah yang menghalangi darah ke otak (stroke) atau ke jantung (serangan jantung). HDL (kolesterol baik) membawa kolesterol dari seluruh tubuh kembali ke hati.

Memiliki kolesterol tinggi biasanya mengacu pada banyak LDL dan menempatkan Anda pada risiko yang lebih besar untuk penyakit jantung. Tanda atau gejala mempunyai kolesterol jahat yang tinggi sering tak teridentifikasi, dan cenderung banyak diabaikan orang.

Berkembang di masyarakat mitos tentang kolesterol yang belum tentu benar. Berikut ini mitos tentang kolesterol, seperti dikutip dari Livestrong.

Mitos 1: Mengonsumsi kolesterol meningkatkan kolesterol

Itulah sebabnya sebelum 2015, Dietary Guidelines for Americans (DGAC) merekomendasikan batas harian kolesterol adalah 300 miligram, dengan gagasan bahwa makan kolesterol mengangkat kolesterol darah, faktor risiko untuk penyakit jantung.

Namun, review terbaru bukti menemukan bahwa makan kolesterol tidak meningkatkan kolesterol darah pada tingkat yang mengkhawatirkan. Mengkonsumsi makanan yang berkolesterol seperti daging merah, memang meningkatkan kolesterol. Namun, jika diimbangi makan makanan nabati tidak masalah.

Mitos 2: Kopi meningkatkan kolesterol

Menurut DGAC, beberapa studi jangka pendek menemukan bahwa kopi tanpa filter mengangkat LDL. Kabar baiknya adalah bahwa disaring kopi, yang jauh lebih umum, tampaknya tidak mempengaruhi kolesterol sama sekali. Mereka mencatat ada bukti yang kuat bahwa untuk orang dewasa yang sehat dapat menikmati 3-5 cangkir kopi sehari (atau sampai dengan 400 miligram per hari dari kafein) tanpa khawatir tentang menaikkan risiko penyakit jantung, kanker atau kematian dini. Bahkan ada bukti bahwa asupan kopi moderat benar-benar mengurangi risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung dan liver dan kanker endometrium.

Mitos 3: Makanan berlemak penuh kolesterol

Tidak semua makanan berlemak tinggi kolesterol. Bahkan, kolesterol hanya ditemukan dalam makanan hewani. Itu berarti makanan nabati berlemak seperti alpukat, kacang-kacangan dan minyak zaitun secara alami bebas kolesterol. Makanan ini ditampilkan dalam banyak pola makan sehat. Secara khusus, kacang-kacangan dan minyak zaitun yang disebut sebagai komponen kunci dari gaya diet Mediterania sangat baik untuk jantung sehat.

Mitos 4: Mengganti lemak jenuh dengan karbohidrat adalah cara yang sehat untuk menurunkan kolesterol

Menurut DGAC, menggantikan lemak jenuh dengan karbohidrat membawa kolesterol total dan LDL turun, ini adalah hal yang baik. Namun, juga meningkatkan trigliserida dan menurunkan HDL tidak membawa dampak yang baik. Mengganti lemak jenuh dengan karbohidrat dapat sangat berbahaya jika karbohidrat berasal dari biji-bijian olahan dan gula tambahan (soda, kue, kerupuk dan keripik).

Jika dalam tubuh banyak kolesterol LDL maka sebaiknya makan lemak tak jenuh ganda (PUFA) bukannya lemak jenuh. Untuk setiap satu persen dari kalori yang bertukar (PUFA dalam, SFA keluar), risiko penyakit jantung turun sebesar 2 sampai 3 persen. Untuk diet 2.000 kalori, itu hanya 20 kalori (sekitar dua gram) senilai lemak jenuh. Beberapa makanan kaya PUFA termasuk salmon, trout, minyak bunga matahari, kenari, tahu dan kacang kedelai.

Mitos 5: Sebuah pola makan yang buruk adalah satu-satunya alasan kolesterol terlalu tinggi

Kebanyakan orang dengan kolesterol tinggi harus diet seimbang. Namun, satu dari 500 orang hilang gen yang mengambil LDL dari aliran darah, meninggalkannya untuk membangun dalam darah dan menyebabkan kerusakan yang dapat menyebabkan serangan awal jantung, stroke atau serangan jantung sebelum usia 65 tahun.

Menurut Harvard Medical School, hingga 90 persen orang dengan kondisi genetik ini tidak menyadari bahwa mereka memilikinya. Meskipun ini adalah rute yang berbeda untuk kolesterol tinggi, mengobatinya dimulai dengan makan lebih baik dan bergerak lebih. Secara khusus, itu berarti berolahraga secara teratur, makan sedikit daging merah dan susu, makan lebih banyak ikan, biji-bijian, sayuran, kacang-kacangan dan minyak. Tergantung pada situasi Anda, dokter Anda dapat menambahkan obat kolesterol mengurangi ke dalam campuran, tapi gaya hidup sehat merupakan fondasi penting untuk pengobatan.

Mitos 6: Hanya orang dewasa yang harus diuji kolesterolnya

Standar nasional untuk pemeriksaan kesehatan merekomendasikan bahwa anak-anak yang sehat mendapatkan kadar kolesterol diperiksa sekali ketika mereka berusia 9 sampai 11 tahun, dan lagi ketika mereka berusia 17 sampai 21 tahun. Sebagai perbandingan, orang dewasa tanpa faktor risiko harus mendapatkan kolesterol mereka diperiksa setiap empat sampai enam tahun. Ini adalah ide yang baik untuk berbicara dengan dokter Anda jika ada faktor-faktor risiko yang mungkin memerlukan lebih pemantauan berkala (misalnya, merokok, diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, riwayat keluarga penyakit jantung prematur).

Mitos 7: Saya hanya perlu tahu jumlah total kolesterol

Rata-rata total kolesterol adalah titik awal, tapi tidak sebagai gambaran kolesterol secara keseluruhan. Secara umum, nilai total kolesterol di melampaui 200 miligram per desiliter darah adalah bendera merah. Dalam skor total kolesterol adalah hasil untuk LDL, HDL dan sangat low-density lipoprotein (VLDL).

Risiko terendah untuk penyakit jantung dikaitkan dengan LDL di bawah 100 miligram per desiliter, HDL di atas 60 miligram per desiliter dan trigliserida di bawah 150 miligram per desiliter (yaitu, 30 miligram per desiliter VLDL).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: