Pria Merokok Sebabkan Anaknya yang Belum Lahir Terkena Kanker


Foto: Indiatimes

Foto: Indiatimes

Merokok memang sangat nikmat bagi sebagian besar pria di negeri ini, bahkan di dunia. Namun, mereka sering tak menyadari bahwa apa yang telah mereka lakukan, kenikmatan sesaat bisa membawa bencana seumur hidup. Bencana ini tidak hanya bagi perokok itu sendiri, namun juga calon sang buah hati yang masih dalam kandungan istrinya.

Jika Anda perokok, Anda mungkin pernah mendengar satu juta kali bahwa merokok menyebabkan kanker. Dikutip dari Indiatimes, penelitian baru dari All India Institute of Medical Sciences (AIIMS) telah menemukan bahwa pria yang merokok juga lebih mungkin untuk anak-anaknya menderita kanker.

Merokok dapat merusak sperma pria.
Racun dalam asap rokok menyebabkan stres oksidatif, yang dimentahkan oleh antioksidan dalam buah-buahan dan sayuran yang Anda makan. Namun, dalam kasus sperma, efek antioksidan tidak sekuat, dan DNA Anda tidak dapat memperbaiki dirinya sendiri dengan mudah, membuat sperma Anda lebih mungkin mengalami kerusakan. Kerusakan sperma telah dikaitkan dengan banyak kanker pada anak yang dilahirkan karena ayahnya adalah seorang perokok.

Merokok juga meningkatkan risiko keguguran dan kematian sebelum lahir.
Sebuah fakta yang diterbitkan oleh Action on Smoking and Health (ASH), sebuah organisasi kesehatan masyarakat yang berbasis di Inggris, menyatakan bahwa merokok berhubungan dengan:

• 5 – 7% dari kematian prematur pada janin

• 5 – 8% dari kelahiran prematur

• 13-19% kasus bayi lahir dengan berat badan di bawah standar

• 23 – 34% kematian disebabkan oleh sindrom kematian bayi mendadak (cot death).

Spesialis infertilitas Dr. Ranjana Dhanu, Konsultan dokter kandungan ginekolog, Hinduja Healthcare Surgical (Kesehatan Bedah Hinduja), mengatakan bahwa merokok juga menyebabkan cacat implantasi, cacat genetik dan retardasi pertumbuhan pada bayi.

Merokok dapat menyebabkan ketidakmampuan hamil pada anak pertama.
Jika Anda pernah ingin memiliki anak, Anda harus berhenti merokok. Fakta dari ASH mengatakan bahwa pria yang merokok lebih mungkin untuk menderita disfungsi ereksi, jumlah sperma yang lebih rendah, mobilitas sperma yang buruk dan sperma yang rusak. Wanita yang merokok memakan waktu lebih lama untuk hamil dan cenderung mencapai menopause lebih cepat dibandingkan non-perokok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: