Ini Dampak Buruk Kesehatan Akibat Sering Gunakan HP


Foto: pshy.org

Foto: phys.org

Saat ini peralatan elektronik sudah menjadi bagian dari kehidupan. Termasuk telepon seluler atau gadget ponsel (HP) yang membuat kehidupan menjadi lebih mudah. Ponsel tidak hanya sebatas untuk mengirim pesan singkat (SMS) dan panggilan saja, namun lebih dari itu. Dari ponsel kita bisa melakukan transaksi jual beli, membayar berbagai rekening, belanja, dan melihat seisi dunia ini.

Ponsel saat ini bisa dibilang tidak bisa lepas seharipun dari kehidupan manusia di jaman digital ini. Orang akan merasa ada sesuatu yang kurang karena pergi tidak membawa ponsel dari pada dompet atau yang lainnya, meskipun hanya keluar rumah sebentar. Bahkan saat ini ponsel banyak yang menemani tidur dari pada bantal atau guling.

Percaya atau tidak, kita setiap hari mengekspos diri untuk radiasi elektromagnetik (EMR) yang dipancarkan oleh berbagai peralatan elektronik, termasuk dari ponsel. Menurut penelitian, paparan maksimum untuk EMR adalah dengan menggunakan ponsel secara berlebihan, yang tumbuh dengan pesat. Saat ini hampir semua orang memiliki ponsel, tetapi hanya ada beberapa dari mereka yang sadar efek samping radiasi ponsel terhadap kesehatan. Penelitian telah menunjukkan bahwa radiasi ponsel memiliki koneksi yang kuat antara pertumbuhan tumor otak dan cedera genetik dalam tubuh kita.

Di balik kecanggilan ponsel, ternyata menyimpan rahasia besar yang belum sepenuhnya terpecahkan. Rahasia tersebut adalah dampak negatif dari penggunaan ponsel secara berlebihan pada penggunanya. Berikut ini dampak buruk dari radiasi ponsel terhadap kesehatan dan perlindungan apa yang dapat Anda ambil untuk mencegah efeknya, seperti dikutip dari Bold Sky.

Kanker
Ada sejumlah studi tentang hubungan antara manusia dan radiasi yang dipancarkan dari ponsel. Sesuai studi ini, telepon selular memancarkan frekuensi radio (RF atau) radiasi, yang dapat menyebabkan pembentukan kanker otak pada manusia. Bidang RF diyakini karsinogenik bagi orang-orang yang menggunakan ponsel.

Interferensi elektromagnetik
Bila Anda menggunakan ponsel di dekat beberapa peralatan medis seperti alat bantu dengar, alat pacu jantung atau defibrillator implan, itu menghambat fungsi perangkat ini. Namun, gangguan jauh lebih sedikit untuk ponsel 3G dan beberapa peralatan medis terbaru. Gangguan ini juga dapat dilihat di pesawat terbang, dan karenanya para penumpang diminta untuk mematikan ponsel mereka saat berada di dalam pesawat.

Bahaya kesehatan lainnya
Menurut para ilmuwan, efek samping yang paling berbahaya pada kesehatan akibat radiasi ponsel adalah transformasi memberikan aktivitas otak Anda. Selain itu, radiasi ponsel juga dapat mengganggu pola tidur Anda. Namun, efek ini diabaikan dan memiliki sangat sedikit efek pada kesehatan Anda.

Cara mengurangi dampak buruk radiasi ponsel
Setelah melihat efek dari radiasi ponsel pada tubuh, mari kita sekarang melihat bagaimana mengurangi dampak buruk yang ditimbulkannya. Ada sejumlah cara yang bisa Anda ikuti untuk untuk mengurangi dampak buruk dari radiasi ponsel, yaitu:

1) Menggunakan ponsel untuk panggilan seperlunya saja, jangan berlama-lama.
2) Jauhkan ponsel Anda dari tubuh Anda bila Anda tidak menggunakannya.
3) Pilih ponsel dengan tingkat penyerapan spesifik rendah (SAR), yang menunjukkan kuantitas radiasi RF yang diserap oleh jaringan tubuh Anda.
4) Saat menerima atau melakukan panggilan, aktifkan speaker phone sehingga ponsel jauh dari telinga Anda.
5) Jauhkan ponsel dari bayi dan balita pada saat sedang akif.

Penelitian tentang meningkatnya popularitas ponsel dan bahaya kesehatan masih berlangsung. Dalam aspek ini, WHO telah menyarankan orang untuk membatasi penggunaan ponsel mereka dengan label radiasi ponsel sebagai “Kelas B Karsinogen”.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: