Asik dan Seru Bermain Air di Parangtritis


IMG_20151121_095508Daerah Istimewa Yogyakarta atau orang sering menyebut secara singkat Jogja adalah provinsi yang sangat menjunjung tinggi adat istiadat. Jogja juga dikenal sebagai kota budaya. Selain itu, Jogja juga dikenal sebagai kota pelajar.

Jogja punya banyak tempat wisata. Salah satu tempat wisata yang sayang kalau dilewatkan jika ke kota gudeg ini adalah Pantai Parangtritis. Letaknya di Jl. Parangtritis. Dari Pantai Parangtritis bisa menembus ke beberapa pantai di sekitarnya seperti Pantai Parangtritis Baru, Pantai Karang, dan Pantai Parangkusumo. Namun, diantara empat pantai ini yang paling terkenal adalah Pantai Parangtritis.

Pantai Parangtritis tak pernah sepi dikunjungi oleh mereka yang ingin mandi dan bermain air di pantai. Tak hanya anak-anak saja yang menyukai main air di pantai, hampir semua umur menyukainya. Seru dan mengasikkan bermain air bersama teman atau keluarga. Kami pada Sabtu (21/11/15) secara rombongan piknik ke Pantai Parangtritis.

Tambah asik lagi jika momen seperti ini diabadikan dengan foto atau video. Paling asik jika mandi dan bermain air saat matahari akan terbenam. Pada saat sun set, pengunjung pantai semakin ramai. Tak hanya pada saat week end saja, hari biasa pun ramai, meskipun tak seramai pada akhir pekan. Banyak yang mengabadikan foto selfie saat sun set. Gambar siluet yang seperti ini tidak bisa didapat jika pada siang hari, apalagi saat matahari terik.

Jika Anda tidak membawa ponsel berkamera atau kamera jangan khawatir. Anda bisa mengambil gambar Anda pada jasa foto keliling langsung dicetak. Untuk cetakan foto ukuran 5R harga 10 ribu, dan 10R harga 20 ribu.

Masuk ke Pantai Parangtritis tidaklah mahal, Anda hanya dikenakan tarif per orang 4.750 rupiah saja. Cuaca di sini siang hari sangatlah panas. Namun jangan khawatir banyak tempat di pinggir pantai dengan payung besar dan tikar yang digelar untuk disewakan. Anda bisa beramai-ramai menyewa satu payung untuk berkelompok. Biaya sewanya 25 ribu rupiah sekuka Anda menempati, bisa seharian.

Untuk menghindari silaunya sinar matahari dan pasir yang tertiup angin Anda sebaiknya memakai kacamata hitam. Namun, jika Anda lupa membawanya Anda bisa membeli di pantai ini. Harganya tidak membuat kantong Anda bolong kok. Kaca mata hitam dengan berbagai model bisa Anda dapatkan hanya dengan 15 ribu sampai 30 ribu rupiah saja.
IMG_20151121_101206Untuk menambah serunya bermain di pantai, Anda bisa menyewa All Terrain Vehicle (ATV), yaitu motor yang memiliki empat roda. Tarif sewa ATV yang kecil 50 ribu rupiah. Anda bisa menggunakannya untuk keliling pantai sesuka Anda untuk 30 menit. Sementara ATV yang besar ongkos sewanya 100 ribu rupiah per 30 menit.
IMG_20151121_095715Bagi yang ingin naik kereta kuda, ok banget tu. Kereta kuda atau di Jogja disebut dengan andong atau bendi bisa Anda naiki dengan ongkos sewa 30 ribu rupiah untuk berkeliling Pantai Parangtritis sampai Pantai Parangtritis Baru. Jika Anda ingin puas dengan kereta kuda lebih lama, Anda bisa menyewa dengan harga 100 ribu rupiah dengan rute Pantai Parangtritis, Pantai Parangtritis Baru, Pantai Karang, sampai Pantai Parangkusumo.
IMG_20151121_101010Angin di Pantai Parangtritis sangat kencang. Anda bisa sambil bermain air dan pasir juga bermain layang-layang. Jangan khawatir jika Anda tidak membawa layang-layang. Anda bisa membeli layang-layang berbentuk burung yang beraneka warna di sini hanya 25 ribu rupiah.
IMG_20151121_103610Bermain air dan pasir di pantai tentu membuat badan dan pakaian Anda menjadi kotor. Namun, jangan khawatir, Anda bisa mandi bilas. Di dekat pantai ada jasa untuk mandi bilas ini. Untuk cuci kaki hanya seribu saja, mandi bilas 2 ribu saja, sementara jika Anda ingin menceburkan diri ke kolam air tawar dan berenang Anda dikenakan tarif 4 ribu. Jika ingin menyewa ban untuk berenang hanya mengeluarkan seribu saja. Anda juga bisa mandi secara penuh di kamar mandi dengan ongkos hanya 3 ribu saja.

Tak lengkap jika piknik tidak membawa oleh-oleh. Oleh-oleh khas Pantai Parangtritis adalah panganan dari laut tentunya. Keripik atau di sini disebut peyek adalah panganan khas Parangtritis. Peyek undur-undur laut dapat Anda beli hanya 10 ribu saja untuk tiga bungkus. Peyek belut laut hanya 12 ribu saja per bungkusnya. Sementara kepiting ukuran kecil yang digoreng hanya 10 ribu untuk 3 bungkus.

Selain makanan, Anda juga bisa berbelanja aneka pakaian khas Pantai Parangtritis dan Jogja. Untuk pakaian, jika Anda ingin mendapatkan harga yang lebih miring Anda bisa menawarnya.

Selamat berlibur bersama keluarga dan teman Anda ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: