Begini Pertolongan Pertama Jika Kena Luka Bakar


Foto: indonesiarayanews.com

Foto: indonesiarayanews.com

Saat sedang terjadi kecelakaan, kendaraan yang dikendarai bisa terbakar. Penumpang yang ada di dalamnya juga bisa terkena luka akibat api. Luka tersebut adalah luka bakar. Berbeda dengan luka yang terkena sayatan yang berdarah, luka bakar umumnya tidak berdarah, namun sangat terasa sakit. Api yang membakar kulit sangat terasa pedih meskipun sudah beberapa hari.

Tak hanya kecelakaan di kendaraan saja orang bisa terkena luka bakar. Pada saat memasak, terkena minyak goreng yang panas juga bisa menyebabkan kulit terbnakar. Luka bakar saat memasak juga bisa terjadi saat mengangkat makanan yang dari alat masak kukus atau air mendidih.

Penanganan luka bakar berbeda dengan luka karena terkena sayatan benda tajam. Berikut ini pertolongan pertama jika Anda terkena luka bakar, seperti dikutip dari Bold Sky.

Segera siram dengan air
Untuk mengurangi rasa sakit dan sensasi terbakar, Anda perlu mengurangi suhu daerah yang terkena tubuh. Untuk ini, Anda harus segera menyiram luka bakar dengan air. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan menghindari rasa sakit dan lecet. Hal ini harus dilakukan sebelum menerapkan prosedur pertolongan pertama lainnya.

Gunakan kunyit
Rempah-rempah ini menakjubkan dapat bekerja sebagai ramuan besar untuk mengobati luka bakar. Parut kunyit dan buatlah pasta, dan menerapkannya pada bagian yang terkena luka bakar. Ini dapat mendinginkan suhu tubuh, dan dapat membawa bantuan cepat dari rasa panas.

Gunakan madu
Oleskan madu pada daerah yang terkena luka bakar. Efek dingin madu dapat untuk mengobati luka bakar. Terlepas dari penyembuhan luka, madu mencoba untuk melindungi bagian yang terkena tubuh dari infeksi. Studi menunjukkan bahwa penyembuhan luka akan lebih cepat karena penerapan madu.

Gunakan cuka yang diencerkan
Rendam sepotong kain dengan cuka dan kemudian menerapkan kain pada daerah yang terkena luka bakar.

Gunakan lidah buaya
Oleskan lidah buaya atau Aloe vera pada daerah yang terkena luka bakar serius. Hal ini dapat mengurangi sensasi terbakar dan mengurangi kemungkinan mengembangkan lecet.

Oleskan pasta gigi atau tinta pulpen
Meskipun praktek lama, menerapkan pasta gigi atau tinta pulpen pada luka bakar dapat membawa manfaat yang luar biasa. Kedua cara ini mendinginkan daerah yang terkena luka dengan segera dan mengurangi kemungkinan mengembangkan lecet.

Gunakan lotion antiseptik
Lotion antiseptik dapat menjadi salah satu tips yang paling umum untuk luka bakar. Anda harus selalu menyimpan beberapa lotion antiseptik di rumah Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: