Meskipun Menyehatkan Jangan Terlalu Banyak Konsumsi 7 Makanan Ini


Foto: Bold Sky

Foto: Bold Sky

Setiap hari tubuh kita membutuhkan makanan sehat. Makanan tersebut diperlukan untuk energi, pertumbuhan, daya tahan tubuh dari serangan penyakit, dll. Intinya makanan yang kita makan hendaklah membuat tubuh selalu sehat.

Makanan sehat yang kita makan mesti harus seimbang. Jangan sampai makanan yang sehat tersebut justru membahayakan tubuh kita. Makanan tertentu sangat menyehatkan, namun jika dikonsumsi dalam batas yang wajar. Jika sering dikonsumsi dalam jumlah berlebihan maka akan membahayakan tubuh.

Bukan karena terlalu kenyang jika mengkonsumsi makanan tersebut dalam jumlah yang banyak, namun ada zat atau senyawa tertentu yang jika dikonsumsi berlebihan bisa membahayakan tubuh, apalagi jika dalam jangka yang panjang.

Sayur, buah, dan ikan tertentu adalah makanan yang menyehatkan. Namun, makanan-makanan tersebut justru akan menyerang balik tubuh kita menjadi tidak sehat jika dikonsumsi secara berlebihan. Berikut ini tujuh makanan yang sebenarnya menyehatkan jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, namun akan membahayakan tubuh jika dikonsumsi terlalu berlebihan, seperti dikutip dari Bold Sky.

Wortel
Jika Anda terlalu banyak makan wortel, maka tubuh Anda menyerap terlalu banyak beta-karoten. Hal ini menyebabkan konsentrasi darah meningkat dan akhirnya mengubah warna kulit menjadi oranye. Ini adalah salah satu makanan sehat yang bisa menjadi berbahaya bila dikonsumsi secara berlebihan.

Kopi
Jika Anda sedang dalam lembur karena banyak pekerjaan, minum kopi bisa membuat Anda lebih berstamina dan bersemangat. Minum berlebihan kopi dapat menyebabkan masalah dengan sistem saraf, insomnia, tremor otot dan bahkan jantung berdebar-debar. Pastikan Anda tidak mengkonsumsi lebih dari dua cangkir kopi setiap hari.

Minyak ikan
Minyak ikan baik dikonsumsi balita, namun jangan berlebihan. Mengkonsumsi terlalu banyak asam lemak omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan dapat membuat darah Anda tipis. Ini memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan. Studi menunjukkan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi minyak ikan juga dapat mengakibatkan keracunan Vitamin A, masalah penglihatan dan mual. Meskipun itu adalah makanan sehat, menjadi berbahaya bila dikonsumsi berlebihan.

Ikan tuna
Makan terlalu banyak tuna menghadapkan Anda untuk jumlah yang lebih tinggi dari methylmercury. Senyawa ini dapat menyebabkan masalah penglihatan, kurangnya koordinasi atau bahkan keterlambatan perkembangan pada anak-anak. Pastikan Anda mengonsumsi tuna sekali seminggu jika perlu. Ini membantu tubuh menangkal mpolusi udara.

Kayu manis
Di negara-negara Asia, rempah-rempah kayu manis biasanya digunakan sebagai bumbu masakan. Kayu manis mengandung coumarin, yang dapat menyebabkan kanker atau toksisitas hati jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi. Studi menunjukkan bahwa hanya 2 gram yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dosis harian.

Kacang brazil
Kacang ini kaya akan selenium. Hal ini dapat menjadi racun jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi. Jadi, pastikan Anda makan makanan sehat ini dalam jumlah terbatas.

Belimbing
Buah tropis ini sangat enak dimakan pada saat cuaca panas. Mengkonsumsi buah dengan nama latin Averrhoa carambola ini secara berlebihan mengarah ke ginjal dan bahkan masalah ginjal permanen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: