10 Makanan Indonesia yang ‘Go Internasional’


Identitas suatu negara tak hanya berdasarkan lambang-lambang dari negara saja seperti bendera, namun juga bahasa, tempat, dan kuliner. Berbicara mengenai kuliner, maka tak akan bisa dipisahkan dari asal negara. Kuliner yang digemari orang-orang dari mancanegara membuat negara asal kuliner tersebut semakin dikenal.

Sebut saja sushi, kuliner asal negeri matahari terbit ini sangat terkenal tak hanya digemari penduduk lokal, namun juga mancanegara. Makanan yang berbahan ikan tuna atau ikan lain yang tidak dimasak ini sangat digemari turis asing. Ini membuat nama Jepang semakin terkenal. Keuntungan dari kuliner sushi ini bisa mendatangkan turis asing ke Jepang.

Tak hanya sushi saja yang mendunia, makakanan dari Indonesia juga saat ini banyak digemari turis asing. Buktinya beberapa makakanan dari Indonesia selalu banyak peminat saat ada festival masakan dari Indonesia.

Berikut ini 10 makanan Indonesia yang mendunia alias ‘go internasional’ yang saya kutip dari berbagai sumber.

10. Nasi uduk

Foto: buzzfeed.com

Foto: buzzfeed.com

Nasi yang rasanya gurih ini adalah masakan tradisional dari Jakarta. Beras dimasak dengan santan ini dihidangkan dengan ayam goreng, telur dadar, tempe goreng, dan kerupuk. Bagi yang suka lalapan nasi uduk juga cocok dimakan bersama mentimun, kemangi, dan lalapan lainnya.

9. Bakso sapi

Foto: buzzfeed.com

Foto: buzzfeed.com

Masakan berkuah ini tak hanya digemari lidah lokal saja, namun juga dunia. Makanan berbentuk bola-bola dari daging sapi ini disajikan dengan kaldu, bihun, atau mi kuning atau tergantung selera Anda. Tambah nikmat jika ditaburi bawang merah goreng, seledri, dan tentu saja sambal dan kecap manis.

8. Gudeg

Foto: buzzfeed.com

Foto: buzzfeed.com

Makanan tradisional dari Jogja ini banyak digemari bule, dan lebih nikmat jika dimasak berkali-kali. Anda mendapatkan gurih dari santan, pedas dari sambal goreng krecek (rebusan terbuat dari kulit sapi renyah), dan manis dari nangka muda yang direbus selama berjam-jam dengan gula aren. Untuk membuat warna merah ditambahkan pewarna alami dari daun jati muda.

7. Sop buntut

Foto: grave.com

Foto: grave.com

Yang dimaksud adalah sop buntut sapi. Makanan yang juga disajikan berkuah ini laris manis di Spanyol pada sebuah acara kuliner yang memperkenalkan masakan Indonesia oleh kedutaan besar Indonesia di kota Madrid.

6. Tempe

Foto: dbagus.com

Foto: dbagus.com

Tempe adalah makanan yang berasal dari bahan kedelai yang difermentasi. Tempe bisa dimasak dengan digoreng, ditumis, kering, bahkan dibuat pergedel atau burger. Tempe selain menu favorit orang Indonesia, ternyata juga digemari di negeri ginseng, Korea dan negeri matahari terbit, Jepang. Seorang koki dari Korea Edward Kwon menjadikan tempe menjadi menu andalan saat membuat masakan. Rustomo adalah seorang pengusaha tempe dari Indonesia yang sukses di Jepang.

5. Sate

Foto: buzzfeed.com

Foto: buzzfeed.com

Sate yang mendunia adalah sate ayam yang banyak disukai dan laris manis di Festival Internasional Bazar di Tiongkok. Masakan yang dimasak dengan dibakar ini juga digemari di New York. Sebuah restoran kecil yang menyajikan sate di kota ini selalu ramai dikunjungi penggemarnya di Negeri Paman Sam ini di tengah restoran mahal yang menyajikan masakan modern.

4. Soto ayam

Foto: buzzfeed.com

Foto: buzzfeed.com

Di Jepang, soto ayam sangan disukai pada saat Festival Tsukuba Internasional Exchange pada 2013. Soto ayam juga digemari di Amerika Serikat. Soto dasarnya adalah sup tradisional Indonesia terutama disajikan dalam kaldu ayam gurih dibumbui dengan kunyit. Kemudian ditambah dengan suwiran ayam, telur, Bihun, tauge, dan renyah goreng bawang merah. Ada begitu banyak varian soto di Indonesia. Itu tergantung pada daerah asalnya. Sebut saja Soto Kudus di Jawa Tengah, Soto Betawi di Jakarta, Coto Makassar di Sulawesi, dan banyak lagi.

3. Gado-gado

Foto: buzzfeed.com

Foto: buzzfeed.com

Masakan dari Jawa ini menjadi juara pertama di ajak lomba masak di Napoli, Italia tahun 2010. Masakan yang berbahan sayuran dengan bumbu kacang tanah ini sangat disukai vokali grub band Vertical Horizon. Sayuran yang digunakan antara lain kol, bayam, tauge, kangkung, kacang hijau. Tambah nikmat dimakan dengan kerupuk dan lontong atau ketupat.

2. Nasi goreng

Foto: buzzfeed.com

Foto: buzzfeed.com

Nasi goreng disukai di acara pada sebuah perlombaan memasak di Shanghai, Tiongkok pada 2010. Lebih dari 700 piring nasi goreng ludes diserbu pengunjung. Nasi goreng juga disukai oleh Presiden Amerika Serikat, Barac Obama. Banyak varian nasi goreng, nasi goreng cumi, nasi goreng petai, nasi goreng udang, nasi goreng kambing adalah nasi goreng spesial. Jangan lupa kerupuk dan mentimun.

1. Rendang

Foto: buzzfeed.com

Foto: buzzfeed.com

Masakan dari Padang ini merupakan makanan terlezat berdasarkan survei CNN tahun 2011. Nasi goreng menjadi masakan terlezat dari 50 masakan di dunia. Sebuah hotel di Jerman menyajikan nasi goreng pada acara persahabatan 60 tahun Indonesia-Jerman dan sangat digemari. Masakan yang dimasak berjam-jam ini sangat lezat mengalahkan sushi dari Jepang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: