Kuntul yang Tak Kenal Takut


IMG_20151008_111633Pada suatu siang (8/10/15) pada saat saya melakukan perjalanan dari Boyolali ke Klaten, Jawa Tengah karena kepentingan pekerjaan saya menghentikan laju kendaraan saya. Saya berhenti karena melihat dari kejauhan burung berwarna putih diantara petani yang sedang melakukan pembajakan sawah dengan mesin traktornya.

Kejadian ini sekitar pukul 10.45 WIB, pada saat matahari terik dan menyengat. Saya mengamati dari kejauhan di jalan dari Daleman-Tanjung tepatnya masih dekat dengan daerah Daleman, Klaten. Ratusan burung putih yang cantik seolah-olah seperti menari diantara petani tadi.
IMG_20151008_112000Burung-burung tersebut adalah kuntul. Dari berbagai literatur yang saya dapatkan terdapat dua jenis kuntul, besar dan kecil. Burung kuntul yang saya dapati adalah yang kecil. Burung yang seluruh bulunya putih ini dari keluarga Ardeidae.

Meskipun di situ ada petani yang lalu-lalang menjalankan mesin traktornya, namun burung ini seakan-akan tidak menghiraukannya. Burung ini tetap asik dengan kelompoknya mencari makanan yang mereka sukai. Burung-burung ini saya amati memakan binatang kecil sawah seperti keong, belalang, katak, cacing, dan belut.
IMG_20151008_112034Sesekali burung-burung ini mengepakkan sayapnya menghindari traktor yang lewat. Namun, setelah traktor pergi berlalu, burung-burung ini langsung mengerumuni tanah yang terbalik oleh mesin traktor. Kelihatannya burung-burung ini sangat menyukai tanak yang dibalik tadi karena makanan yang mereka inginkan sangat banyak.
IMG_20151008_112217Saya sangat penasaran dengan kuntul-kuntul ini. Kesempatan ini tidak saya sia-siakan. Saya coba mendekat dan mengambil berbagai gambar dari kamera ponsel saya. Alhasil burung-burung tadi juga tidak takut, hanya sedikit terkejut manakala saya melangkahkan kaki di jalan setapak pematang sawah. Mereka meloncat setengah terbang karena langkah saya.

Sungguh indah luar biasa. Kuntul-kuntul tersebut sepertinya kelaparan. Mereka mengisi energi yang nantinya akan digunakan untuk migrasi. Jenis kuntul ini seperti yang pernah saya lihat di atas pohon-pohon di sepanjang jalan di Srondol, Semarang, Jawa Tengah. Kemungkinan burung ini mampir dulu mencari makan sebelum ke Semarang.

Kuntul di tengah keramba Waduk Gajah Mungkur

Kuntul di tengah keramba Waduk Gajah Mungkur

Pemandangan serupa juga pernah saya jumpai di tengah Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri, Jawa Tengah pada 30/07/14 pada saat berwisata ke sana. Ratusan kuntul berada di atas pelampung keramba warga. Mereka mencari mangsa ikan-ikan kecil untuk santapan siangnya.

Tinggalkan Balasan

