Ini 5 Sayuran Beku yang Baik Dikonsumsi


Foto: andrewgadsden.com

Foto: andrewgadsden.com

Makanan yang kita makan adalah sumber nutrisi bagi tubuh kita. Oleh karena itu, makanan yang kita makan harus mengandung zat yang diperlukan tubuh. Tak jarang, makanan yang kita makan tidak langsung diolah, sehingga harus diawetkan terlebih dahulu.

Makanan yang diawetkan selain dengan menggunakan bahan-bahan tertentu juga dibekukan. Sayuran dan buah adalah makanan yang biasa dibekukan supaya menjadi awet. Pembekuan ini dilakukan karena tidak saat itu juga bisa dimakan atau dimasak. Selain itu, sayuran dibekukan karena dijual dan diekspor ke negara lain.

Anda bisa membeli sayuran dalam keadaan beku di supermarket atau swalayan. Sayuran tersebut dibekukan dalam kemasan plastik atau kaleng. Namun, ada juga sayuran beku curah, sehingga pembeli bisa membeli dalam jumlah yang diinginkan.

Sayuran beku yang dijual di supermarket antara lain jagung, kacang panjang, kacang polong, bayam, dan wortel. Namun, tak semua sayuran beku tersebut terjaga nutrisinya. Beberapa sayuran beku justru malah berkurang nutrisinya, namun ada juga yang tidak berkurang. Bahkan ada sayuran dalam keadaan beku yang justru malah lebih baik jika dibandingkan langsung dimasak masih segar.

Beberapa buah dan sayuran dapat menurun rasa dan nutrisinya ketika dibekukan, namun ada yang tidak. Menurut Gene Lester, Ph.D., pemimpin program nasional USDA Agricultural Research Service pilih sayuran atau buah “Grade A” sesuai dengan standar kualitas tertinggi USDA, seperti dikutip dari Men’s Health.

Berikut ini 5 sayuran beku yang nutrisinya masih terjaga, seperti dikutip dari Men’s Health.

Jagung
Jagung beku dalam kemasan plastik lebih terjaga rasanya dari pada kemasan kaleng. Menurut Michael Ferraro, koki eksekutif pada sebuah toko kue di New York City, jagung yang dibekukan dapat meningkatkan lutein dan zeaxanthin-karotenoid sebanyak 118 persen. Menurut para ilmuwan untuk kualitas terbaik sebaiknya konsumsi jagung beku maksimal enam bulan, jangan lebih dari itu.

Kacang polong
Menurut Ferraro, Kacang polong yang beku memiliki rasa dan tekstur yang hampir sama dengan kacang polong yang masih segar. Dan menurut sebuah studi dalam Journal of Food Science, pembekuan kacang polong meningkatkan aktivitas antioksidan. Setengah cangkir kacang polong mengandung 13 persen kebutuhan harian vitamin C Anda. Penelitian UC Davis menemukan bahwa kacang polong kehilangan hanya sepersepuluh dari jumlah vitamin C setelah setahun penuh di dalam freezer.

Bayam
Bayam beku memang masih sangat jarang dijumpai di Indonesia. Sebuah studi dari Polandia menemukan bahwa bayam beku mengandung lebih banyak kalsium daripada yang masih segar. Menurut ilmuwan dari Italia, uap hijau bayam untuk memecah dinding sel dan membuat antioksidan yang lebih mudah diakses. Menurut sebuah studi dari Polandia, asam folat pada Bayam yang dapat melawan penyakit jantung, berkurang 43 persen antara bulan ketiga dan keenam dari penyimpanan beku. Jadi jangan menyimpan bayam beku terlalu lama.

Bluberi
Senyawa anthocyanin-flavonoid yang membantu mencegah penyakit jantung dan kanker pada bluberi tidak akan berkurang, ini menurut penelitian di Rumania. Anda dapat membiarkan bluberi beku mencair pada suhu kamar. Studi dari North Carolina State University menemukan bahwa jika Anda memanaskannya dalam microwave selama satu menit, flavonoid di dalamnya akan meningkat. Sebaiknya, Anda tidak mengkonsumsi bluberi lebih dari empat bulan.

Ceri
Ceri beku mengandung anthocyanin melawan kanker lebih banyak, hal ini menurut sebuah studi dalam Journal of Food Science. Namun, jika Anda menunggu terlalu lama untuk dibekukan, Anda akan nutrisi yang terkandung dalam ceri. Sebuah studi dari UC Davis menemukan bahwa dalam waktu tiga bulan, polyphenol yang ada di dalamnya akan menurun hingga 25 persen dan kembali turun hingga 50 persen jika disimpan selama enam bulan.

One response

  1. Good.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: