Manfaat Menakjubkan yang Tak Terduga dari Daun Salam


Foto: tempo.co

Foto: tempo.co

Anda tentu sudah tak asing lagi dengan daun salam. Terutama bagi ibu rumah tangga, daun salam adalah salah satu bumbu yang banyak digunakan pada berbagai masakan. Daun salam sangat penting untuk membuat masakan menjadi lebih sedap dan nikmat.

Daun dengan nama ilmiah Syzygium polyanthum ini biasanya untuk bumbu pengharum sayuran, daging, dan bahkan nasi. Negara Asia banyak menggunakan daun salam atau dalam Bahasa Inggris dikenal sebagai Bay leaf ini untuk menambah lezatnya masakan. Bumbu daun salam juga banyak dipasangkan dengan laos.

Di balik kegunaan untuk bumbu, ternyata daun salam juga bermanfaat yang lain. Manfaat tersebut didapat dengan merebus daun salam atau membuatnya menjadi teh daun salam kemudian diminum, seperti dikutip dari Bold Sky berikut ini.

Pertolongan pertama masalah pencernaan
Daun salam mempromosikan pencernaan dan dapat mengobati banyak gangguan pencernaan. Termasuk daun salam yang dibuat teh mengurangi sembelit, asam refluks dan buang air besar tidak teratur.

Baik untuk penderita diabetes
Daun salam efektif dalam mengobati diabetes tipe 2. Ini membuat kadar gula darah normal dan mengatur fungsi jantung. Dengan demikian, daun salam adalah pilihan yang cocok untuk orang yang menderita diabetes.

Mengatasi masalah tidur
Minum teh daun salam sebelum tidur dapat membuat tidur menjadi nyenyak. Ini bisa dilakukan bagi yang sulit tidur.

Mengatasi masalah ginjal
Daun salam adalah salah satu cara alami untuk mengobati batu ginjal dan masalah ginjal. Mengkonsumsi air direbus dengan daun salam dapat membantu masalah ginjal dan batu ginjal.

Senyawa antikanker
Daun salam dikemas dengan senyawa antikanker seperti asam caffeic, quercetin dan eugenol. Senyawa ini membatasi metabolisme sel-sel kanker.

Mengurangi rasa sakit
Minyak yang diekstrak dari daun salam memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa sakit. Memijat minyak daun salam di dahi dapat menghilangkan sakit kepala dalam beberapa menit.

Manfaat kardiovaskular
Senyawa hadir dalam daun salam meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah serangan jantung dan stroke. Minum air dengan ekstrak daun salam menghindari semua jenis komplikasi jantung.

One response

  1. Ternyata banyak manfaat nya.
    Mantrabbb…b

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: