Berburu Ikan Nila di Desa Wisata Nganjat & Ponggok


IMG_20150927_095309Ikan nila adalah ikan air tawar yang banyak disukai orang. Ini sangat wajar, karena nila adalah ikan yang bisa diolah menjadi berbagai kuliner yang sangat menggugah selera. Selain dibakar atau digoreng, nila juga sangat lezat dibuat sup.

Karena kelezatannya ini maka tak heran jika nila banyak diburu orang. Di balik kelezatannya dimasak berbagai aneka hidangan, nila ternyata tidak mudah dibudidayakan. Tak semua jenis air tawar disukai nila. Nila bisa hidup dan berkembang biak dengan baik di air tawar yang jernih dan airnya selalu berganti atau selalu mengalir. Selain air tetap jernih dan bersih, nila juga sangat suka pada air tawar yang banyak oksigennya.
IMG_20150927_103103Tak banyak daerah yang bisa dijadikan tempat untuk budidaya ikan nila. Di Klaten, Jawa Tengah ada desa yang merupakan tempat pembudidayaan nila. Adalah Desa Nganjat yang tak jauh dari Desa Ponggok (Umbul Ponggok) yang berada di Kecamatan polanharjo. Di sini Anda bisa membeli nila untuk dibawa pulang. Nila di sini juga dipasok untuk rumah makan pemancingan yang ada di Desa Janti, yang merupakan pemancingan terkenal di Klaten.

Selain di Desa Nganjat, Anda juga bisa ke desa tetangganya, yaitu desa Ponggok. Di sini selain terkenal dengan Umbul Ponggok, juga terkenal dengan desa budidaya ikan nila dan ikan tawar lainnya. Di desa ini Anda bisa memancing di kolam yang telah disediakan dengan membayar hanya 10 ribu rupiah saja untuk satu mata pancing. Biaya ini sudah termasuk parkir motor Anda. Anda bisa membawa pulang berapapun banyak ikan yang Anda dapatkan.

Kolam pembesaran

Kolam pembesaran

Selain ikan nila, di tempat pemancingan ini juga ada ikan air tawar lainnya seperti lele, bawal, dan ikan mas yang berwarna hitam atau orang lokal menyebutnya dengan ikan tombro. Sambil memancing Anda bisa membawa makanan yang bisa Anda nikmati bersama teman atau keluarga.
Kolam indukan

Kolam indukan

Di dekat pemancingan terdapat tiga kolam besar. Kolam pertama berisi ikan nila yang masih kecil. Ikan-ikan ini adalah tempat pembesaran. Kolam yang satu lagi juga terdapat ikan nila namun sudah agak besar. Sementara kolam yang satunya lagi terdapat beberapa iduk nila yang besar.
IMG_20150927_102625Di dekat pemancingan dan kolam ikan pembesaran dan indukan terdapat umbul yang sangat jernih airnya. Adalah umbul Kajen yang ada di Desa Dalangan. Setelah Anda puas memancing, Anda bisa mandi di umbul ini dengan gratis. Air yang jernih dan dingin membuat badan menjadi segar.

Seru bukan? Desa-desa pembudidayaan nila ini dapat Anda kunjungi dari barat seperti Yogyakarta melalui Jl. Solo setelah perempatan Delanggu ke kiri, ikuti arah ke desa wisata ini. Dari arah Solo dan sekitarnya setelah perempatan Delanggu ke kanan dan ikuti ke arah desa wisata ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: