Yuk Bermain & Belajar di Taman Satwa Taru Jurug Solo


IMG_20150719_124320Bagi Anda yang berada di Solo Raya (Kota Solo serta Kabupaten Karanganyar, Sukoharjo, Sragen, Boyolali, Klaten, dan Wonogiri) mungkin sudah tidak asing lagi mendengan tempat wisata Taman Satwa Jurug. Bagi Anda yang di luar Solo Raya, mungkin belum tahu apa itu Taman Satwa Taru Jurug. Yaitu kebun binatang yang ada di Kota Solo. Memang bukan kebun binatang yang lengkap seperti di Taman Safari yang binatang-binatangnya dibiarkan berkeliaran, namun binatangnya dimasukkan ke dalam kandang sesuai dengan klasifikasinya.

Tak sulit untuk menjangkau Taman Satwa Taru Jurug (Jurug), terletak di Jl. Ir. Sutami, Kentingan. Kebun binatang ini tepatnya bersebelahan dengan Universitas Sebelas Maret Surakarta, ke arah Palur, Karanganyar. Jika Anda ingin ke Jurug dengan kendaraan umum, jika dari Terminal Tirtonadi bisa ambil bus jurusan ke arah Palur atau Karanganyar. Jadi sangat mudah dijangkau, baik kendaraan umum maupun pribadi.

Jika Anda ke Jurug, tak asik jika Anda bisa mengajak keluarga besar. Khususnya anak-anak, Jurug adalah salah satu tempat di Solo untuk edukasi bagi anak-anak. Edukasi tentang lingkungan dan satwa. Anak-anak bisa belajar banyak hal tentang binatang-binatang yang mungkin awalnya hanya bisa mereka jumpai di televisi, internet, atau gambar saja.

Harga tiketnya tidak mahal kok, hanya 15 ribu per orang saja, anak umur 3 tahun sudah berlaku tiket penuh. Untuk hari Minggu atau hari libur tanggal merah atau liburan anak, Jurug adalah salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi. Tak hanya dari Solo Raya saja, bahkan dari luar daerah pun juga ke Jurug.

Sebelum Anda keliling melihat-lihat binatang, Anda juga bisa foto selfie. Namun, ini bukan sembarang foto selfie. Anda bisa berselfie dengan ular berbisa, seperti ular berwarna kuning hitam yang sangat berbisa ini. Jangan khawatir digigit binatang melata ini, karena ada pawangnya dan Anda diberi instruksi atau petunjuk supaya ular tersebut tidak menggigit Anda. Untuk dapat berselfie dengan ular berbisa, Anda hanya mengeluarkan uang 5 ribu rupiah saja. Anda bisa mengambil gambar sendiri dengan kamera atau smarphone Anda. Nah, seru kan! Namun, saya sarankan jika Anda benar-benar takut dengan ular, sebaiknya jangan mencobanya.

Memasuki Jurug, sebelum Anda ke tempat binatang, Anda disuguhi berbagai binatang yang diawetkan. Antara lain burung, buaya, primata, dll. Mereka adalah binatang yang sudah mati kemudian diawetkan. Di dalam kebun binatang ini ada sebuah danau yang di tengahnya terdapat sebuah pulau. Di tengah pulau ini ada sebuah pohon beringin besar. Pohon ini adalah rumah bagi berbagai jenis burung dan unggas seperti angsa, itik, dan mentok. Anda juga bisa naik sepeda air di danau ini.

Berbagai jenis buaya seperti buaya muara yang besar bisa kita jumpai di sini. Aneka jenis burung seperti merak, elang, dll juga mendiami Jurug. Berbagai jenis primata seperti kera, orangutan, siamang, dll sangat lucu dan menjadi daya tarik banyak pengunjung. Tak lupa gajah, jerapah, unta, dan jenis mamalia pemakan rumput seperti kijang. Binatang buas seperti harimau dan macan tutul dipisahkan dari jenis hewan yang lain. Sementara singan masih dikarantina, karena sakit maka ekornya terpaksa harus diputus.

Selain binatang, terdapat berbagai wahana yang seru untuk anak. Flying Fox adalah wahana yang banyak diminati. Wahana ini melintasi danau dan pulau yang ada di tengah danau. Berbagai jenis mainan anak-anak seperti kereta dan kemidi putar juga tersedia. Anda juga bisa naik unta seperti di padang pasir dengan tarif 20 ribu rupiah saja untuk sekali putar.

Jika Anda lapar, berbagai kuliner khas Solo harus dicoba. Aneka makanan khas Jawa, bakso, soto, dll bisa membuah tenaga pulih kembali setelah berkeliling. Tak lupa beli oleh-oleh atau souvenir. Anda bisa menawarnya, jika Anda membeli banyak untuk yang tidak ikut, bisa dapat lebih murah.

Berikut ini foto-foto yang berhasil saya ambil:

Selfie dengan ular berbisa

Selfie dengan ular berbisa

Sepeda air di danau dengan pulau di tengahnya

Sepeda air di danau dengan pulau di tengahnya

Naik unta

Naik unta

Orangutan

Orangutan

Kijang

Kijang

Burung Pelikan

Burung Pelikan

Harimaunya kepanasan terus mandi

Harimaunya kepanasan terus mandi

Beli oleh-oleh dulu sebelum pulang, beli topi pink

Beli oleh-oleh dulu sebelum pulang, beli topi pink

Naik kemidi putar

Naik kemidi putar

2 responses

  1. Dulu pernah kesana jaman tpa.
    Ikan airapama nya masih ga mas?

    1. Ga ada lagi, ikan Arapaima gigas adanya di Purbasari Pancuran Mas, di Purbalingga, Jateng.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: