Tips Mengatasi Kesibukan Supaya Tidak Stres


Ilustrasi, foto: universitypost.dk

Ilustrasi, foto: universitypost.dk

Di jaman modern ini orang disibukkan dengan pekerjaan atau kegiatan. Untuk makan siang saja tak jarang orang yang bekerja di kantor harus memesannya tanpa harus beranjak dari tempat duduk. Tak hanya itu saja, di kota-kota besar seperti di Jakarta dan sekitarnya, kemacetan adalah salah satu pemicu stres selain pekerjaan tadi.

Selain pekerja kantoran, stres juga sering menghinggapi masiswa yang disibukkan dengan tugas-tugas kuliah. Apalagi jika mahasiswa tersebut sedang menyusun tugas akhir hampir. Meskipun Anda dalam keadaan banyak pekerjaan, Anda harus senantiasa bijak dalam mensikapinya, sehingga stres bisa dihindari.

Jika Anda menjalani kehidupan yang penuh stres, kesehatan mental Anda serta kesehatan fisik Anda akan mendapatkan terhambat. Jika Anda adalah pasien dari tekanan tinggi atau diabetes, ketegangan yang berlebihan bisa membuat hal-hal buruk. Oleh karena itu, sangat diperlukan untuk mengetahui bagaimana mengelola stres.Berikut ini cara untuk mengatasi atau mengelola stres, seperti dikutip dari Bold Sky.

1. Cari tahu alasan stres
Ketika Anda merasa stres jantung Anda berdetak lebih cepat, Anda berkeringat banyak dan seluruh dunia tampaknya akan runtuh. Tapi dari sekarang, setiap kali Anda merasa sesuatu seperti itu, cobalah untuk mencari tahu alasannya. Jika Anda menemukan itu Anda dapat mengambil tindakan yang efektif untuk mengatasinya.

2. Berpikir positif
Ini adalah salah satu langkah yang paling penting untuk mengetahui bagaimana mengelola stres dalam hidup. Memang benar bahwa Anda tidak dapat mengendalikan setiap situasi. Tetapi jika Anda berfikir positif Anda dapat menangani situasi ini.

3. Mengambil kesenangan dari pekerjaan Anda
Jika Anda tidak menyukai apa yang Anda lakukan, Anda pasti akan stres. Jadi, menemukan alasan untuk menyukai pekerjaan Anda. Selain itu, jika pekerjaan Anda sangat stres, menjaga hobi seperti melukis atau bernyanyi yang membuat Anda rileks.

4. Manajemen waktu
Anda bisa menjadi manajer stres secara efisien jika Anda mengatur waktu Anda sesuai dengan pekerjaan Anda. Sering Anda tegang karena tekanan pekerjaan besar. Jadi, buatlah daftar pekerjaan Anda dan mulai kerjakan satu per satu. Anda tidak perlu terburu-buru pada saat bekerja.

5. Hindari alkohol dan rokok
Hidup ini sudah stres. Jangan menyerah pada keadaan. Stimulan seperti alkohol, rokok dan kafein hanya meningkatkan tingkat stres Anda. Coba minum jus buah, air dan teh hijau. Alkohol dan rokok dapat membuat kesehatan Anda memburuk, apalagi jika sering Anda lakukan.

6. Tidur yang cukup
Stres membuat pikiran menghambat tidur Anda. Tapi Anda harus tahu bahwa semakin banyak tidur yang Anda dapatkan, semakin banyak Anda bebas masalah. Untuk mendapatkan tidur yang damai, cobalah untuk menenangkan pikiran Anda. Anda dapat memutar musik lembut di samping tempat tidur Anda atau menyalakan lilin aromatik untuk menenangkan saraf Anda.

7. Melakukan kegiatan fisik
Apakah Anda benar-benar ingin tahu bagaimana mengelola stres? Maka jangan mengabaikan metode ini. Ketika Anda stres, tingkat hormon stres meningkat dalam tubuh Anda yang mengganggu kekebalan Anda. Olahraga teratur dapat menjaga hormon di bawah kontrol dan memberikan pikiran santai.

8. Berbicara dengan orang lain
Ini adalah cara yang terbukti untuk mengurangi stres Anda. Jika Anda melihat bahwa Anda tidak dapat mengendalikan situasi atau tidak tahu bagaimana menghadapi masalah, berbicara dengan orang yang Anda cintai dan percaya.

9. Lebih dekat pada spiritual Anda
Apapun kepercayaan atau akidah, atau agama Anda, jika Anda mengalami masalah dan membuat Anda tidak bisa berfikir secara jernih, maka Anda harus lebih dekat pada agama Anda. Mungkin selama ini Anda telah menjauhkan diri dari kehidupan spiritual.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: