Ini Alasan Anda Harus Makan Jamur


Foto: duajurai.com

Foto: duajurai.com

Jamur adalah organisme eukariotik yang bersel tunggal atau banyak dengan tidak memiliki klorofil. Sel jamur memiliki dinding yang tersusun atas kitin. Jamur temasuk ke dalam makhluk hidup heterotof yaitu memperoleh makanan dari organisme lainnya. Jamur hidup dengan jalan menguraikan bahan-bahan organik yang ada di lingkungannya.

Tak semua jamur bisa dikonsumsi. Salah makan jamur bisa berakibat fatal, yaitu keracunan, apalagi jamur yang belum dikenal. Jamur yang bisa dikonsumsi antara lain jamur kancing (Agaricus bisporus), jamur tiram (Pleurotus sp.), jamur merang (Volvariella volvaceae), jamur kuping putih (Tremella fuciformis), jamur kuping hitam (Auricularia polytricha) dan jamur kuping merah (Auricularia auricula-judae).

Jamur memiliki jumlah besar nutrisi penting. Ini juga merupakan sumber yang sangat baik dari serat. Jamur telah digunakan sebagai obat dari zaman dahulu. Jamur adalah makanan rendah kalori. Jamur berkontribusi pada asupan harian serat. Jamur juga memiliki banyak mineral dan vitamin yang tidak dapat diperoleh dari makanan lain. Jamur kaya akan vitamin B, D, kalium, tembaga, besi dan mineral yang disebut Selenium. Jamur juga berisi kolin, nutrisi penting yang membantu dalam gerakan otot, belajar dan memori.

Banyak manfaat jika kita mengkonsumsi jamur-jamur yang telah disebutkan di atas, berikut ini ulasannya, seperti dikutip dari Bold Sky.

Kaya antioksidan
Jamur merupakan sumber antioksidan. Jamur mengandung jenis yang unik dari antioksidan yang disebut ergothioneine. Antioksidan diperlukan untuk melawan penuaan, peradangan dan membantu dalam penurunan berat badan.

Meningkatkan kekebalan tubuh Anda
Makanan yang kaya antioksidan ini mempromosikan sistem kekebalan tubuh yang sehat dan menjaga penyakit ringan seperti pilek dan flu. Selenium meningkatkan respon imun.

Sumber vitamin D
Jamur secara alami menghasilkan vitamin D saat terkena sinar matahari. Hal ini pada gilirannya, meningkatkan kesehatan tulang. Jamur mengandung sekitar 20 persen dari kebutuhan harian vitamin D.

Menurunkan tingkat gula darah
Sejak jamur memiliki tingkat yang sangat rendah karbohidrat, mereka tidak meningkatkan tingkat gula darah. Menurut penelitian, jamur membantu menurunkan tingkat gula darah.

Mengendalikan berat badan
Jamur yang ideal untuk mengendalikan berat badan karena sangat rendah kolesterol dan lemak bebas. Jamur memenuhi nafsu makan dan mendorong nafsu makan lebih sedikit.

Baik untuk kulit dan rambut
Masukkan jamur dalam diet Anda untuk mengurangi risiko jerawat. Ekstrak jamur juga digunakan dalam berbagai kosmetik. Jamur mengandung mineral selenium yang dapat mencegah ketombe dan melawan rambut rontok.

Menjaga jantung Anda sehat
Jamur mengurangi peradangan arteri dan mencegah penyakit jantung. Serat, kalium dan vitamin C jamur berkontribusi terhadap kesehatan jantung.

Menurunkan risiko kanker
Jamur melindungi kita dari berbagai jenis kanker. Jamur mengandung senyawa yang menurunkan risiko kanker.

One response

  1. Tapi kalo jamur di kulit sih berbahaya tuh… hehe….🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: