10 Manfaat Menakjubkan Kulit Jeruk Bagi Kesehatan


Foto: Bold Sky

Foto: Bold Sky

Jeruk adalah buah yang banyak mengandung vitamin C. Buah ini banyak disukai karena mudah didapat dan harganya juga lebih terjangkau. Namun, bagaimana jika yang dimakan bukan buahnya. Kulit jeruk yang dimakan baik langsung maupun untuk pendamping makan.

Bagi sebagian orang, makan kulit jeruk adalah hal yang janggal. Karena kulit jeruk lebih sering dibuang begitu saja. Bagi sebagian orang, kulit jeruk dapat dimakan. Di beberapa daerah seperti di Jawa Tengah, saya menjumpai orang makan kulit jeruk. Mereka makan kulit jeruk untuk lalapan, jadi masih mentah. Jika Anda tidak ingin makan kulit jeruk mentah, Anda juga dapat merebusnya dengan air. Untuk bisa mendapatkan khasiat kulit jeruk juga bisa dalam bentuk serbuk atau bubuk.

Seratus gram kulit jeruk memiliki 25 gram karbohidrat, serat makanan 11 mg, protein 1.5 mg dan minyak jeruk sekitar 1 mg. Kulit jeruk kaya akan Vitamin C dan mineral lain seperti besi, seng, magnesium dan tembaga.

Tak semua kulit jeruk bisa dimakan. Hanya jenis jeruk yang kulitnya tipis dan dapat dikupas yang bisa dimakan. Jeruk besar meskipun kulitnya bisa dikupas kulitnya bisa dimakan. Mereka yang makan kulit jeruk bukan tanpa alasan, karena banyak manfaat jika kita makan kulit jeruk. Apa saja manfaat dari kulit jeruk? Berikut ini ulasannya, seperti dikutip dari Bold Sky.

1. Mencegah Kanker
Flavonoid dan vitamin C dalam kulit jeruk yang ditemukan sangat efektif dalam mencegah kanker. Ini adalah salah satu manfaat kesehatan yang paling penting dari kulit jeruk.

2. Menurunkan kolesterol
Kulit jeruk adalah pilihan yang sangat baik untuk dimasukkan dalam diet sehat Anda. Kulit jeruk kaya akan senyawa yang ramah jantung yang disebut hesperidin yang dapat bertindak secara efektif untuk menurunkan kadar kolesterol.

3. Menurunkan berat badan
Kulit jeruk memiliki properti penurunan berat badan karena kemampuannya untuk meningkatkan tingkat metabolisme.

4. Memperbaiki pencernaan
Salah satu cara mengatasi masalah pencernaan dan sakit perut yang berhubungan dengan gangguan pencernaan adalah kulit jeruk. Sifat anti-inflamasi kulit jeruk akan mengobati masalah pencernaan.

5. Mengatasi sembelit
Kulit jeruk terkenal karena kekuatannya untuk mengobati sembelit. Pektin, hadir dalam kulit jeruk akan membantu dalam gerakan usus yang tepat.

6. Meningkatkan kekebalan
Satu lagi di antara manfaat kesehatan dari kulit jeruk adalah kekuatan meningkatkan kekebalan tubuh. Selain buahnya, kulit jeruk juga mengandung Vitamin C, kulit jeruk bertindak sebagai sumber alami perlindungan bagi tubuh Anda.

7. Membuat Anda energik
Kulit jeruk dapat ditambahkan ke minuman harian Anda untuk tetap aktif dan energik. Hal ini juga dianggap sebagai ide terbaik untuk keluar dari mabuk alkohol. Rebus beberapa kulit jeruk dalam air dan meminumnya.

8. Meringankan bronkitis
Kulit jeruk adalah solusi terbaik untuk masalah bronkitis. Disarankan untuk minum air dari kulit jeruk yang direbus dalam air secara teratur untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mengobati bronkitis. Kulit jeruk dapat memberikan efek menenangkan juga.

9. Menghilangkan bau mulut
Kulit jeruk dapat digunakan untuk mengobati masalah bau mulut. Anda bisa mengunyah potongan-potongan kecil kulit jeruk untuk menyingkirkan bau mulut yang tak sedap.

10. Perawatan kulit
Kulit jeruk bubuk banyak digunakan dalam perawatan kulit. Hal ini paling efektif digunakan untuk mengobati masalah kulit berminyak dan berjerawat. Ide terbaik adalah dengan menggunakannya sebagai masker.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: