Fakta Kanker Paru-paru yang Sebaiknya Anda Tahu


Foto: dreamstime.com

Foto: dreamstime.com

Kanker adalah penyakit yang dapat membunuh penderitanya secara perlahan. Biasanya secara tak sadar penderita mengetahui bahwa dirinya terkena penyakit ini setelah stadium lanjut. Termasuk juga kanker paru-paru yang bisa diderita siapa saja, baik pria maupun wanita.

Merokok adalah salah satu penyebab dari kanker paru-paru. Selain merokok, paparan karsinogen, polusi udara dalam ruangan dan faktor makanan dapat juga menjadi penyebab kanker paru-paru. Berikut ini 7 fakta tentang kanker paru-paru, seperti dikutip dari Indiatimes.

1. Merokok adalah faktor risiko utama kanker paru-paru.
Hampir 87 persen kasus kanker paru-paru berhubungan dengan merokok. Risiko tergantung pada berapa lama seseorang telah merokok, usia di mana mereka mulai dan jumlah produk tembakau yang dihisap per hari.

2. Kanker paru-paru tidak hanya diderita oleh perokok.
Faktor risiko terbesar penderita kanker paru-paru adalah merokok, tetapi perokok pasif juga dapat mengembangkannya. Sekitar 10-15 persen kasus kanker paru-paru terjadi pada mereka yang bukan perokok, dan dari yang bukan perokok ini adalah perempuan. Mereka sering terpapar asap rokok dari orang-orang di sekitarnya yang merokok, termasuk suaminya.

3. Ada dua jenis kanker paru-paru.
Hampir 85-90 persen dari kanker paru-paru adalah jenis Non Sel Kecil. Kanker ini tumbuh lambat dan tidak menyebar dengan cepat ke organ lain. Jenis lain, Karsinoma Sel Kecil, cenderung tumbuh lebih cepat dan menyebar ke organ lain.

4. Ada tanda-tanda peringatan halus.
Baik pria maupun wanita harus mengetahui tanda-tanda peringatan dari kanker paru-paru. Mereka bisa halus namun gejala yang harus diperhatikan antara lain batuk teratur, sesak napas, peningkatan nafsu makan atau penurunan berat badan, mengi dan batuk darah. Jika Anda memiliki gejala-gejala tersebut, segera periksa ke dokter.

5. CT scan dapat menyelamatkan nyawa.
Mendeteksi kanker paru-paru sulit, tapi sekarang ada tes skrining improvisasi. Hasil dari National Lung Screening Trial menunjukkan bahwa skrining individu yang berisiko tinggi dengan dosis rendah CT scan dapat mendeteksi tumor pada tahap awal, sehingga kelangsungan hidup kanker paru-paru lebih baik. Skrining saat ini direkomendasikan untuk orang-orang yang berusia antara 55 dan 74 dan yang telah merokok satu bungkus sehari selama 30 tahun dan berhenti kurang dari 15 tahun.

6. Terapi baru menunjukkan janji.
Dengan teknologi diperbarui dan obat-obatan canggih, perawatan juga tersedia untuk kanker paru-paru, tergantung pada jenis kanker, lokasi tumor, dan kesehatan secara keseluruhan. Pilihan meliputi operasi, kemoterapi, terapi radiasi atau kombinasi dari itu.

7. Tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok.
Merokok berbahaya bagi kesehatan, bahkan “MEROKOK MEMBUNUHMU”! Bagi Anda yang memutuskan untuk berhenti, risiko serangan jantung dan kanker paru-paru akan berkurang hanya dalam beberapa minggu atau bulan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: