Bahan Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Dalam Kulkas


Foto: Bold Sky

Foto: Bold Sky

Saat kita membeli makanan, maka hal yang penting yang harus diperhatikan adalah apakah makanan tersebut layak kita makan atau tidak. Apakah makanan tersebut memenuhi kebutuhan nutrisi dari tubuh kita. Apakah makanan tersebut dalam keadaan baik atau sudah rusak.

Tidak semua bahan makanan yang kita beli harus kita masak hari itu juga. Karena faktor kesibukan karena belum sempat masak, maka tak jarang bahan makanan tersebut harus kita masak beberapa hari kemudian. Supaya menjadi tahan lama dan lebih segar, maka bahan makanan tersebut kita masukkan ke dalam kulkas. Sebut saja sayuran atau buah akan menjadi segar jika dimasukkan ke dalam lemari pendingin.

Bahan makanan seperti ikan dan ayam biasanya diawetkan dalam bentuk beku. Tak jarang bahan tertentu yang sebaiknya tidak diawetkan dalam bentuk dingin juga sering dimasukkan ke kulkas, sehingga bisa mengubah rasa atau mengurangi khasiat nutrisi yang dikandung makanan tersebut.

Berikut ini bahan makanan yang sebaiknya tidak disimpan dalam bentuk dingin, seperti dikutip dari Bold Sky.

Selai
Kita sering melakuakan kesalahan seperti memasukkan selai dalam kulkas. Ada beberapa pengawet dalam selai dan jeli yang berubah menjadi bentuk kristal. Untuk menghindari hal ini, yang terbaik adalah menyimpannya di rak.

Bawang merah dan bombay
Jika Anda ingin bawang Anda bertahan lebih lama, hanya membungkusnya dalam kantong kertas dan menyimpannya dalam ruang gelap. Tapi pastikan Anda tidak mencampur bawang dan kentang. Kentang cenderung melepaskan kelembaban yang menyebabkan bawang membusuk.

Tomat
Ketika Anda menyimpan tomat di lemari es, ia cenderung kehilangan rasa dan menjadi lebih lembek. Tetapi jika Anda ingin mematangkan tomat Anda maka Anda dapat membungkusnya dalam kantong kertas dan menyimpannya di lemari es.

Kentang
Kentang cenderung mengubah rasanya ketika didinginkan. Oleh karena itu, yang terbaik adalah menyimpannya dalam kantong kertas. Hindari kantong plastik ketika memasukkan ke dalam kulkas, hal ini akan menyebabkan cepat busuk.

Minyak
Jangan menyimpan minyak biji di lemari es. Cara terbaik adalah untuk menyimpannya pada suhu kamar. Termasuk juga minyak goreng.

Acar
Hindari menyimpan acar di lemari es. Ini adalah tinggi pengawet yang membantu untuk tetap segar bahkan di luar kulkas. Simpan acar di ruang terbuka, terutama di dekat jendela. Sebuah sinar matahari sedikit membantu untuk menjaga segar acar.

Roti
Ketika Anda mendinginkan roti menjadi kering maka semua kelembaban hilang. Sebaiknya, simpan dalam kotak tertutup.

Bawang putih
Bila Anda mendinginkan bawang putih, rasanya berkurang dan begitu juga umurnya. Sebaiknya Anda selalu menyimpan bawang putih dalam sebuah kantong kertas di tempat yang sejuk dan tempat yang gelap.

Paprika
Ini adalah kesalahan paling umum yang sering kita lakukan. Banyak orang menyimpan paprika dalam lemari es. Ini akan merusaknya lebih cepat. Hindari menyimpannya di lemari es dan menyimpannya dalam kantong kertas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: