10 Singkatan dalam Bahasa Inggris yang Sering Digunakan (Bagian 3)


Foto: mantratec.com

Foto: mantratec.com

Dalam kehidupan sehari-hari, untuk berkomunikasi kita menggunakan bahasa baik lisan maupun tertulis. Bahasa tertulis maupun lisan sering menggunakan singkatan. Singkatan digunakan untuk mempermudah dalam pengucapan. Singkatan digunakan dalam bahasa tertulis juga untuk mempermudah dalam penulisan.

Dalam percakapan sehari-hari, bahasa resmi yang kita gunakan adalah Bahasa Indonesia. Meskipun demikian, sering istilah asing diselipkan dianatara percakapan dalam Bahasa Indonesia tersebut. Selain itu singkatan dalam bahasa asing juga sering digunakan, dalam hal ini Bahasa Inggris.

Meskipun banyak orang menggunakan singkatan dalam Bahasa Inggris, tak jarang mereka tidak mengetahui dari mana singkatan tersebut. Mereka yang tidak mengetahui singkatan tersebut menggunakannya karena meniru dari apa yang telah mereka dengar atau baca.

Berikut ini 10 singkatan dalam Bahasa Inggris yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari maupun bahasa tertulis.

1. CCTV
CCTV singkatan dari Closed Circuit Television, yang berarti menggunakan televisi signal yang bersifat tertutup, tidak seperti televisi biasa yang merupakan sinyal siaran. CCTV juga bisa diartikan sebagai perangkat televisi nirkabel yang digunakan untuk mengambil gambar. CCTV digunakan sebagai pelengkap keamanan di berbagai bidang. Gedung, toko, bahkan rumah pun sekarang untuk keamanan banyak dilengkapi dengan kamera CCTV.

2. VIP/VVIP
VIP singkatan dari Very Important Person. VVIP singkatan dari Very Very important Person. Kedua singkatan ini sering dikaitkan dengan sebuah pelayanan atau jasa seperti kamar hotel atau kamar di rumah sakit dan tiket pertunjukan atau konser. Orang yang menggunakan layanan VIP atau VVIP adalah mereka yang harus membayar mahal. VVIP lebih mahal dari pada VIP.

3. PIN
PIN singkatan dari Personal Identification Number. Dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai nomor identifikasi diri yang dirahasiakan, hanya bagi pemiliknya saja yang mengetahuinya. PIN digunakan dalam keamanan akun jejaring sosial, kartu kredit, rekening bank, kartu ATM, dll.

4. CS
CS singkatan dari Customer Service. Dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai layanan konsumen. Istilah CS sering dikaitkan dengan pelayanan kepada nasabah yang mengalami masalah atau ingin mengadu atau komplin karena masalah yang dihadapinya. CS juga dikaitkan dengan nomor telepon untuk pengaduan sebuah produk dari pelanggan kepada perusahaan.

5. PDF
PDF singkatan dari Portable Document Format, sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Sumber dari Yahoo menyebutkan bahwa format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi. Pada Acrobat 3-D, kemampuan PDF juga meliputi pembacaan dokumen tiga dimensi. PDF telah menjadi standar ISO pada 1 Juli 2008 dengan kode ISO 32000-1:2008.

6. HRD
HRD singkatan dari Human Resources Development atau dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai pengembangan sumber daya manusia. Dalam ilmu terapannya, HRD biasa disebut sebagai Personalia atau Kepegawaian. Dalam sebuah perusahaan, bidang yang menangani tentang pegawai sering disebut dengan HRD.

7. ICU
ICU singkatan dari Intensive Care Unit atau dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai unit perawatan intensif. ICU adalah layanan rumah sakit yang memberikan asuhan keperawatan secara terkonsentrasi dan lengkap. Unit ini memiliki tenaga perawat yang terlatih khusus dan berisi peralatan pemantauan dan dukungan khusus untuk pasien yang membutuhkan perawatan dan observasi intensif dan komprehensif, karena syok, trauma, atau kondisi yang mengancam jiwa.

8. www
www singkatan dari world wide web. Singkatan ini dalam huruf kecil (bukan kapital). www digunakan dalam nama situs di internet. Setelah www diikuti dengan titik (dot) kemudian diikuti dengan nama domain, dot lagi, dan ekstensi tanpa spasi.

9. CFD
CFD singkatan dari Car Free Day atau dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai hari bebas kendaraan bermotor atau bermesin. CFD saat ini banyak dilakukan di kota-kota pada hari Minggu. Waktu yang digunakan pada CFD antara pukul 05.00 sampai 09.00 waktu setempat. Pada CFD masyarakat berolahraga, berekreasi dengan sepeda, bahkan tak jarang digunakan sebagai ajang promosi atau menawarkan barang atau jasa.

10. ATM
ATM singkatan dari Automatic Teller Machine atau dalam Bahasa Indonesia menjadi singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri. ATM adalah sebuah alat elektronik yang melayani nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang “teller” manusia. Pada perkembangan, ATM digunakan oleh nasabah bank untuk transaksi non tunai seperti pembelian pulsa, transfer uang, perbayaran berbagai tagihan seperti listrik, kartu pascabayar, asuransi, kartu kredit, listrik, dll.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: