10 Cara Alami Atasi Hidung Tersumbat


Foto: livehealthy.chron.com

Foto: livehealthy.chron.com

Nasal congestion adalah istilah umum yang digunakan untuk masalah hidung tersumbat. Jika tidak diobati pada awal akan mengakibatkan masalah sinus atau bahkan penyumbatan hidung dan beberapa masalah serius lainnya. Penyebab hidung tersumbat ini bisa virus, peningkatan membran hidung, reaksi alergi yang jika tidak diselesaikan di awal pasti akan memberikan banyak ketidaknyamanan dalam beraktivitas.

Beberapa orang mengalami penyumbatan pada hidungnya ketika musim penghujan. Pada saat musim kemarau pun ada juga yang menderita hidung tersumbat. Tersumbatnya hidung ini bukan karena orang tersebut sedang pilek. Ini terjadi karena cuaca dingin.

Pada saat musim kemarau, daerah di kaki gunung atau daerah pegunungan udara menjadi sangat dingin dan kering. Bagi yang menderita alergi dingin, cuaca yang seperti ini tidak cocok. Sehingga hidung mengeluarkan cairan. Cairan ini bukan karena pilek, warnanya bening cair dan kadang agak lengket. Jika sudah siang maka bisa sembuh dengan sendirinya, karena matahari sudah bersinar.

Namun, kejadian hidung tersumbat bisa saja terjadi lagi. Pada ruangan yang berpendingin atau AC juga bisa menjadi penyebabnya. Jika hal ini sering terjadi maka ini sangat menganggu. Jika Anda ke dokter, maka akan diberikan obat alergi. Jangan sering mengkonsumsi obat seperti ini. Lebih baik diatasi dengan yang alami.

Berikut ini cara alami mengatasi hidung tersumbat, seperti dikutip dari Myhealthtips.in.

1. Kemangi
Hidung tersumbat dapat diobati dengan mengunyah 3-4 daun kemangi sebelum sarapan setiap pagi dan sebelum tidur di malam hari. Bahkan hasil yang lebih baik dapat diperoleh dengan mengkonsumsi teh yang dibuat dari daun kemangi dan air setiap hari.

2. Makan makanan pedas
Hidung tersumbat juga dapat diatasi dengan asupan rutin sup panas yang dapat mencakup campuran sayuran pedas sekitar 2 sampai 3 kali setiap hari.

3. Aroma
Hidung tersumbat diatasi dengan mengambil aroma minyak kayu putih, ada juga unsur alternatif lain yang aromanya dapat diambil meliputi minyak peppermint yang dapat dijatuhkan sedikit di saputangan.

4. Mengkonsumsi teh herbal
Teh dapat disiapkan dengan menggunakan berbagai bumbu seperti chamomile, peppermint blackberry dan memberikan bantuan besar bagi mereka dengan masalah hidung tersumbat. Teh yang terbuat dari jahe dan daun rosemary dapat mengatasi penderita hidung tersumbat.

5. Madu
Ambil 2 sendok teh madu setiap hari yang bisa diambil dengan segelas air hangat untuk hasil yang efektif, selain itu madu juga dapat dicampur dengan susu untuk mengatasi masalah hidung tersumbat.

6. Cuka sari ppel
Hidung tersumbat dapat diatasi dengan mengambil 2 sendok cuka sari apel yang diambil dengan air hangat yang harus dikonsumsi selama sekitar 3 sampai 4 kali setiap hari untuk hasil yang lebih baik. Sinus dapat dicegah dengan konsumsi rutin cuka sari apel ini.

7. Jahe
Parut jahe secukupnya dan campur dengan segelas air hangat untuk mengatasi masalah hidung tersumbat. Hasil yang efektif dapat diproduksi dengan mengambil teh yang terbuat dari jahe, lemon dan madu bersama-sama.

8. Minyak mustard
Langsung menempatkan minyak mustard ke dalam lubang hidung dapat membuat rongga hidung menjadi longgar.Selain itu, makan makanan yang berbahan minyak mustard sebagai bahan utama.

9. Minyak kayu putih
Hidung tersumbat juga dapat diatasi dengan mandi dengan air yang memiliki 8 sampai 10 tetes minyak kayu putih. Selain itu aroma minyak kayu putih dapat dihirup langsung untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

10. Lemon
Terapkan campuran 2 sendok makan jus lemon, ¼ sendok teh bubuk lada hitam bersama dengan bubuk garam untuk mengobati penyumbatan hidung dan gejala lain dari hidung tersumbat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: