10 Singkatan dalam Bahasa Inggris yang Sering Digunakan (Bagian 2)


Foto: sameercomputergraphics.com

Foto: sameercomputergraphics.com

Pada saat kita membaca sebuah artikel, tak jarang kita harus memahami sebuah kalimat yang panjang. Bagi kebanyakan orang kalimat yang panjang sangat susah untuk dipahami. Untuk lebih memudahkan memahaminya maka dibuatnya singkatan. Tak hanya dalam Bahasa indonesia saja, namun juga dalam bahasa asing, dalam hal ini Bahasa Inggris.

Dengan menyingkat sebuah kalimat atau frase, maka kita akan lebih memahami apa yang kita baca. Tak hanya yang ada pada tulisan atau artikel saja, bahasa lisan pun sering juga disingkat. Beberapa kata disingkat menjadi hanya beberapa huruf saja.

Meskipun singkatan-singkatan tersebut sering digunakan, penggunanya sering tidak mengetahui dari mana singkatan tersebut. Berikut ini 10 singkatan dalam Bahasa Inggris yang sering digunakan orang.

1. WO
Terdapat tiga singkatan untuk WO. Pertama, WO singkatan dari Wedding Organizer atau dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai penyelenggara pernikahan. WO bisa perorangan atau perusahaan penyelenggara pernikan. WO melayani mulai dari konsep acara, persewaan gedung, sampai pada jenis makanan yang akan dihidangkan pada saat resepsi.

Kedua, WO singkatan dari Walk Out atau dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai pergi tanpa penjelasan, terutama dalam kemarahan. Istilah WO ini sering digunakan pada saat ada rapat di lembaga DPR. Istilah WO juga sering digunakan pada persidangan di pengadilan.

Ketiga, WO singkatan dari WalkOver atau dalam Bahasa indonesia diartikan sebagai pemberian kemenangan kepada seorang kontestan karena tidak ada lawannya atau karena lawannya sudah didiskualifikasi.

Meskipun sama-sama disingkat WO namun kita tidak boleh menggunakan sembarangan. Jangan sampai salah mengartikan singkatan WO ini.

2. EO
EO singkatan dari Event Organizer atau dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai penyelenggara acara atau kegiatan. EO dalam istilah Bahasa Indonesia juga sering disebut dengan promotor. Misalnya sebuah EO yang mendatangkan artis dari luar negeri disebut dengan promotor.

3. DO
DO singkatan dari Drop Out atau dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai meninggalkan atau menarik diri dari sekolah, perkumpulan, pekerjaan, dan sebagainya. Istilah ini sering digunakan di sekolah atau kampus manakala ada seorang siswa atau mahasiswa yang keluar dan tidak melanjutkan lagi belajar di sekolah atau perguruan tinggi tertentu.

4. KO
KO singkatan dari Knockout atau dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai suatu kondisi kemenangan dalam beberapa olahraga beladiri full-contact seperti tinju, kickboxing dll. Menurut Wikipedia, seorang petinju dinyatakan kalah KO jika dia terjatuh akibat pukulan, dan tidak mampu bangkit atau merespon pertanyaan wasit sampai dengan hitungan ke-10, atau sampai dengan hitungan ke-20 jika petinju tersebut jatuh terlempar sampai ke luar ring.

5. DP
Terdapat dua singkatan untuk DP. Pertama dalam aplikasi BlackBerry Messenger (BBM), yaitu Display Picture atau dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai tampilan gambar. DP bisa juga berarti gambar atau foto profil yang anda gunakan di BBM.

Kedua dalam bidang bisnis, yaitu Down Payment atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai pembayaran awal dari pembayaran keseluruhan yang sisanya dibayar dengan cicilan beberapa kali.

6. CS
CS singkatan dari Customer Service atau dalam dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai layanan pelanggan. Sebuah perusahaan besar biasanya mencantukkan nomor telepon CS yang bisa dihubungi oleh pelanggannya.

7. MC
MC singkatan dari Master of Ceremonies atau dalam Bahasa indonesia diartikan sebagai pembawa acara. MC adalah orang yang bertanggung jawab atas suksesnya penyelenggaraan sebuah acara. Dalam sebuah acara, MC sering dibantu oleh beberapa orang di belakang panggung seperti pengingat waktu.

8. ID
ID singkatan dari Identity atau dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai identitas. Orang sering menggabungkan singkatan ID dengan kata Card sehingga menjadi ID Card. ID Card tidak diartikan sebagai kartu identitas seperti KTP, SIM, atau paspor. ID Card hanya sebagai identitas dari anggota sebuah organisasi atau karyawan dari sebuah perusahaan, jadi hanya untuk kelompok tertentu saja.

9. PS
Ada dua singkatan dari PS. Pertama, PS singkatan dari Post Script atau dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai catatan tambahan. Apabila ada hal yang ingin disampaikan namun tidak berhubungan dengan isi surat, ataupun menambahkan pesan yang ada di isi surat, maka PS adalah cara tepat untuk menambahkan pesan tersebut.

Kedua, PS singkatan dari PlayStation, yaitu merk sebuah game yang diproduksi oleh Sony pada sekitar tahun 1990. Karena terkenalnya merk game ini, hampir semua game disebut dengan PS.

10. BC
Terdapat dua singkatan dari BC. Pertama, BC singkatan dari Broadcast merupakan fitur BlackBerry Messenger (BBM) untuk mengirim chat ke seluruh atau sebagian kontak pengguna BlackBerry.

Kedua, BC singkatan dari Before Chirst atau dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai Sebelum Masehi (SM).

One response

  1. Sudah familiar dengan singkatannya tapi tidak tau kepanjangannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: