10 Obat Alami Untuk Sariawan


Foto: Myhealthtips.in

Foto: Myhealthtips.in

Apakah Anda pernah sariawan? Luka di bibir atau lidah yang dapat menganggu. Apthous Stomatitis adalah istilah medis untuk menyebut sariawan. Luka diikuti oleh infeksi di mulut sehingga menyakitkan untuk berbicara atau untuk makan. Luka menjadi sangat responsif untuk rempah-rempah atau bumbu yang digunakan dalam makanan.

Sariawan jangan dianggap sepele. Jika tidak diobati, maka akan berdampak pada kesehatan mulut. Mulut juga berbau tak sedap jika sariawan terus menjangkiti Anda. Luka menjadi akibat dari infeksi jika tidak diobati kemungkinan menyebar dari satu bagian mulut ke bagian yang lain lebih cepat.

Saat ini banyak produk untuk obat sariawan. Mulai dari yang dioleskan pada luka sampai tablet hisap vitamin C dosis tinggi 1000 mg. Namun, tak ada salahnya jika Anda mencoba yang alami yang aman tanpa ada efek samping. Berikut ini cara alami mengatasi sariawan, seperti dikutip dari Myhealthtips.in.

1. Tawas
Ini adalah salah satu elemen kunci dalam penyusunan astringents dan dapat ditemukan toko dalam bentuk potongan padat atau dalam bentuk bubuk. Tawas dalam bentuk bubuk yang dicampur dengan air dibuat pasta tebal untuk diterapkan langsung pada sariawan selama sekitar 15 menit kemudian gunakan air putih untuk mencuci mulut. Untuk menghilangkan luka tersebut disarankan menggunakan campuran bubuk tawas ini untuk setiap tiga jam dan mencegah penyebaran lebih lanjut dari infeksi ini di mulut. Ramuan ini juga dapat digunakan secara teratur jika luka sangat parah.

2. Soda kue
Salah satu metode lain untuk mengobati sariawan adalah dengan baking soda (soda kue) dan air dicampur menjadi pasta dan terapkan langsung pada luka dibiarkan selama sekitar 20 menit. Kemudian cuci mulut dengan air biasa. Selain itu obat kumur yang dicampur dengan baking soda bisa digunakan untuk mencuci mulut. Dua sendok teh baking soda dicampur dengan 200ml air minum hangat yang cukup untuk mempersiapkan obat kumur digunakan setelah makan.

3. Neem atau nimba
Juga disebut sebagai Indian Lilac. Neem digunakan sebagai pengobatan untuk beberapa masalah di antaranya bahkan termasuk infeksi mulut, ada juga waktu di masa lalu ketika batang nimba digunakan untuk membersihkan gigi bukan sikat. Air dari daun nimba direbus dalam air selama sekitar 30 menit dapat digunakan untuk mencuci mulut sebelum dan setelah makan. Dapat juga kunyah daun nimba segar untuk mengobati selain yang dapat digunakan untuk menjaga mulut segar dan bersih sepanjang waktu mengurangi kemungkinan penyebaran infeksi.

4. Kemangi
Kunyah daun kemangi untuk lalap untuk mengurangi sakit akibat infeksi. Obat kumur dengan daun kemangi dapat disiapkan di rumah supaya kuman dari mulut hilang dan menghilangkan kemungkinan penyebaran infeksi di dalamnya.

5. Bawang putih
Bawang putih mempunyai enzim yang dapat membantu dalam pengobatan yang efektif dari infeksikarena sariawan. Luka juga dapat diobati dengan mengonsumsi satu bawang mentah setiap hari selain jus bawang digunakan untuk menyembuhkan luka lebih cepat. Jus bawang ini dapat diterapkan dengan menggunakan jari telunjuk dalam mulut dan harus diulang selama sekitar empat kali setiap hari sampai luka sariawan sembuh.

6. Minum soda
Kehadiran bikarbonat dalam soda ini dapat membunuh mikro-organisme yang menghasilkan infeksi menjadi obat kumur untuk membersihkan mulut. Hal ini tidak hanya luka yang dapat diobati dengan minum soda namun juga membantu dalam penghapusan partikel makanan yang merupakan penyedia pasokan energi bagi bakteri.

7. Teh celup
Teh celup bekas dapat dicuci dan dingin untuk digunakan dalam mengobati sariawan karena adanya tannin dalam teh yang dikenal untuk membantu dalam mengurangi rasa sakit dan peradangan yang disebabkan oleh luka tersebut. Tidak ada batasan untuk jumlah berapa teh celup ini dapat digunakan untuk mengobati sariawan.

8. Hidrogen Peroksida
Ini adalah bahan kimia yang dikatakan asam, namun disarankan untuk tidak menggunakan bahan kimia ini secara langsung tetapi harus diencerkan dengan air. Gunakan 3-4 kali setiap hari untuk membersihkan mulut yang membantu mengobati sariawan.

9. Jus kismis
Perasan kismis juga dapat digunakan untuk mengobati luka yang mungkin dengan enzim yang hadir dalam kismis melawan bakteri. Jus kismis ini baik diminum tiga kali setiap hari atau dapat diterapkan 3-4 kali pada luka dalam sehari.

10. Yogurt
Yoghurt dingin baik untuk luka di mulut. Dua cangkir yogurt ini dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan yang disebabkan oleh luka tersebut. Bakteri yang hidup dalam yoghurt ini dapat mengobati infeksi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: