10 Singkatan dalam Bahasa Inggris yang Sering Digunakan (Bagian 1)


Outdoor BTS

Outdoor BTS yang dipasang pada tower

Dalam komunikasi sehari-hari orang lebih sering menggunakan bahasa lisan dari pada tertulis. Ini terjadi manakala berkomunikasi jarak dekat. Percakapan antar mulut adalah komunikasi yang sering dilakukan. Dengan cara ini maka pesan antara orang yang berkomunikasi akan lebih cepat dimengerti dan tepat sasaran.

Selain komunikasi secara lisan, komunikasi tertulis pun sering juga dilakukan. Hal ini terjadi karena jarak antara orang yang berkomunikasi sangat jauh. Bahasa tertulis via SMS, email, atau chating adalah yang sering dilakukan untuk komunikasi tertulis.

Dalam komunikasi baik lisan maupun tertulis tak jarang orang menggunakan singkatan. Dengan singkatan maka suatu kalimat atau istilah atau frase akan lebih mudah dipahami dari pada bahasa aslinya yang tidak disingkat. Singkatan yang sering digunakan tak hanya sebatas pada Bahasa Indonesia saja, namun juga Bahasa Asing. Dalam hal ini Bahasa Inggris adalah bahasa yang sering kita gunakan.

Tak jarang orang yang menggunakan singkatan dalam Bahasa Inggris tidak mengetahui maknanya. Namun, karena singkatan tersebut sering digunakan sehingga seakan-akan mengandung makna baru dibalik makna yang sebenarnya. Seakan-akan singkatan tersebut sudah menjadi Bahasa Indonesia, pada hal masih asli dalam Bahasa Inggris.

Singkatan dalam Bahasa Inggris banyak ragamnya. Singtatan yang sering digunakan adalah dalam bidang teknologi, terutama digital karena saat ini teknologi digital berkembang sangat cepat. teknologi ini pula yang tiap hari digunakan oleh sebagian besar orang di planet bumi ini.

Berikut ini 10 singkatan dalam Bahasa Inggris yang dimaksud.

1. SMS
SMS singkatan dari Short Message Service atau dalam Bahasa Inggris artinya layanan pesan singkat. Istilah ini populer saat teknologi seluler berkembang seperti saat ini. SMS mulai populer digunakan orang setelah teknologi seluler berkembang diawali pada Generasi ke-2 (2G). Tak sedikit orang yang tidak mengetahui arti dari SMS ini. Mereka sering menggunakan singkatan ini dalam kehidupan sehari-hari untuk komunikasi tertulis via ponsel.

2. BTS
BTS singkatan dari Base Transceiver Station dalam Bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai stasiun transmisi atau penghubung antara operator seluler ke ponsel. Orang awam lebih mengenalnya dengan istilah tower, pada itu salah total. Tower adalah menara dimana BTS tersebut dipasang pada tempat yang lebih tinggi dari pada bagunan di sekitarnya dengan tujuan supaya jangkauan jaringannya lebih luas. BTS ini adalah alat pertama yang menghubungkan antara server dengan ponsel.

Sebenarnya BTS tak selalu dipasang pada tower. BTS yang dipasang pada tower adalah BTS yang di luar ruangan (outdoor BTS). BTS yang dipasang di dalam ruangan (indoor BTS) biasanya ditempelkan di langit-langit ruangan pada gedung yang disamarkan bentuknya mirip dengan lampu. Jika tidak ada indoor BTS maka sinyal telepon seluler tidak akan bisa masuk dan pengguna ponsel tidak akan terlayani.

3. MMS
MMS singkatan dari Multimedia Messaging Service atau dalam Bahasa Indonesia diartikan layanan pesan multimedia. Layanan pesan ini mirip dengan SMS, namun yang membedakan adalah jika SMS hanya pesan yang berupa tulisan biasa, sedangkan MMS tak hanya sekedar tulisan saja. Pesan pada MMS bisa juga suara, gambar, video, atau gabungan dari keempatnya. Jika pada SMS bisa digunakan semua ponsel, maka untuk MMS hanya ponsel multimedia saja yang bisa mengirim pesan untuk MMS. Untuk saat ini MMS sudah jarang digunakan karena perkembangan teknologi digital semakin canggih dengan munculnya beragam aplikasi chatting yang bisa menggantikan pesan MMS.

4. GSM
GSM singkatan dari Global System for Mobile communication atau dalam Bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai sistem komunikasi secara global. GSM populer karena pada teknologi seluler ini yang paling banyak digunakan orang di Indonesia meskipun ada teknologi yang lain. Banyak orang memilih GSM karena lisensi (ijin) untuk GSM adalah mobile atau bisa digunakan di mana saja asalkan mendapatkan jaringan tanpa harus dibebani biaya tambahan saat melakukan atau menerima panggilan. Operator yang bermain pada GSM di Indonesia ada lima perusahaan.

5. CDMA
CDMA singkatan dari Code Division Multiple Access. Istilah CDMA juga pada teknologi seluler. Meskipun sama-sama teknologi seluler, di Indonesia CDMA kalah dengan GSM. Hal ini karena banyak orang mengira bahwa CDMA itu tidak fleksibel dan tidak bisa dibawa ke mana-mana. Memang kebanyakan operator CDMA adalah lisensi Fixed Wireless Access (FWA) artinya bisa digunakan dalam home area. Dengan demikian jika digunakan di luar home area maka tidak bisa digunakan atau bisa digunakan dengan syarat tertentu, misal harus mendaftar terlebih dahulu, itu pun masih dikenakan biaya tambahan saat melakukan atau menerima panggilan.

6. BBM
BBM singkatan dari BlackBerry Messenger. BBM adalah aplikasi chating yang saat ini sedang naik daun mengalahkan aplikasi yang lain. BBM sempat hampir bangkrut karena ponsel yang digunakan harus khusus yaitu merk BlackBerry (BB). Namun, saat ini BBM bisa digunakan tidak hanya pada ponsel merk BB saja, namun juga bisa pada Android, iOS, dan Windows Phone. BBM saat ini juga bisa digunakan pada komputer bergerak atau laptop.

7. WA
WA singkatan dari WhatsApp. WA sama halnya dengan BBM, yaitu aplikasi chating. Meskipun sama-sama aplikasi chating dengan ponsel, ada perbedaan fitur bila dibandingkan dengan BBM. Jika pada BBM menggunakan PIN, maka pada WA menggunakan nomor ponsel. Sebelum menjadi teman PIN pada BBM harus disetujui terlebih dahulu pada saat mengundang, maka pada WA siapapun bisa mengirim pesan meskipun nomor ponsel tidak dimasukkan pada phonebook ponsel.

8. OL
OL singkatan dari online atau dalam Bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai sedang membuka internet. Orang yang sedang membuka internet dan sedang membuka sebuah situs, maka orang tersebut sedang OL pada situs internet (website) tersebut jika sedang menggunakan jaringan internet. Meskipun sedang membuka sebuah website namun jika tidak terhubung dengan jaringan internet, maka disebut dengan offline.

9. PC
PC singkatan dari Personal Computer atau dalam Bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai komputer pribadi. Sebenarnya istilah PC itu sendiri sering disebut juga dengan komputer saja.

10. OS
OS singkatan dari Operating System atau dalam Bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai sistem operasi. OS adalah sistem operasi tak hanya pada komputer atau PC saja namun juga pada laptop, dan juga ponsel. OS untuk komputer yang sering digunakan adalah Windows dan Linux. OS yang sering digunakan pada telepon pintar (smartphone) adalah Andoid, WindowsPhone, Linux, dan iOS.

2 responses

  1. Masih ada pak,,,OTW.

    1. Itu masih bagian pertama, masih ada edisi selanjutnya. Untuk bagian pertama itu khusus tentang teknologi. OTW bukan teknologi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: