Tak Selamanya Bilangan 13 Itu Sial


13Dalam ilmu matematika, bilangan 13 adalah bilangan prima yang ke-6 setelah 2, 3, 7, dan 11. Bilangan prima adalah bilangan yang hanya mempunyai dua faktor, yaitu 1 dan dirinya sendiri. Jadi untuk bilangan 13 mempunyai faktor 1 dan 13.

Dari jaman Firaun bilangan 13 dianggap sebagai bilangan sial. Pada jaman itu bilangan 13 selalu dihindari. Sampai sekarang pun bilangan 13 masih dianggap keramat. Di Negara Barat seperti Amerika, termasuk Kanada, bilangan 13 benar-benar dianggap bilangan misterius yang selalu dihindari.

Pada beberapa pesawat penumpang seperti Continental Airlines, tidak ada kursi bernomor 13. Beberapa terminal bandara tidak memiliki gerbang bernomor 13. Di Formula 1 dan beberapa ajang balap lainnya, tidak ada mobil balap yang mengusung angka 13.

Gedung-gedung pencakar langit yang mempunyai lantai sampai puluhan tidak terdapat lantai ke-13. Sebenarnya ada lantai ke-13, namun pada informasi lantai ke-13 tidak ada. Setelah lantai ke-12 langsung lantai ke-14. Tak hanya itu saja, pernah suatu saat saya naik pesawat dengan maskapai swasta nasional. Saya mendapatkan nomor kursi 14, di depan saya ternyata bukan nomor kursi 13 melainkan nomor 12.

Tak hanya di negara-negara Barat saja yang masih mempercayai mitos bahwa bilangan 13 itu angker. Di negara kita pun juga ada. Jika Anda ke Jakarta misalnya, beberapa gedung yang berlantai puluhan juga tidak mencantumkan informasi keberadaan lantai ke-13. Tak hanya itu saja, beberapa pengembang perumahan juga memberikan nomor rumah tidak ada nomor rumah yang ke-13. Dari nomor 12 langsung ke nomor 14.

Dari beberapa sumber yang saya peroleh, dianggapnya bilangan 13 sebagai bilangan yang keramat oleh Bangsa Yahudi. Bangsa Yahudi sejak dahulu merupakan kaum yang secara ketat memelihara Kabbalah. Di Marseilles, Perancis Selatan, bangsa Yahudi ini membukukan ajaran Kabbalah yang sebelumnya hanya diturunkan lewat lisan dan secara sembunyi-sembunyi. Mereka juga dikenal sebagai kaum yang gemar mengutak-atik angka-angka (numerologi), sehingga mereka dikenal pula sebagai sebagai kaum Geometrian.

Menurut mereka, bilangan 13 merupakan salah satu bilangan suci yang mengandung berbagai daya magis dan sisi religius, bersama-sama dengan bilangan 11 dan 666. Oleh karena itu, dalam berbagai simbol terkait Kabbalisme, mereka selalu menyusupkan unsur bilangan 13 ke dalamnya. Kartu Tarot misalnya berjumlah 13. Begitu juga dengan kartu Remi jumlahnya 13.

Menurut Wikipedia, Triskaidekafobia adalah sebuah rasa takut yang irasional akan bilangan 13. Kata triskaideka berasal dari bahasa Yunani: tris = 3, kai = dan, deka = 10. Hal ini sering kali dianggap sebagai takhayul. Ketakutan akan hari Jumat yang jatuh pada tanggal 13 disebut paraskavedekatriafobia atau friggatriskaidekafobia.

Konon di Dunia Barat ketakutan akan bilangan 13 dihubungkan dengan posisi ke-13 pada Perjamuan Terakhir Yesus, yaitu Yudas Iskariot, si pengkhianat. Kemudian sebuah tahun solar ataupun lunar selalu terdiri dari 12 bulan sementara sebuah tahun lunisolar terdiri dari 13 bulan.
Namun Triskaidekafobia juga mempengaruhi bangsa Viking, oleh mereka dipercayai bahwa Loki dalam panteon Dewa Norwegia merupakan Dewa ke-13. Di kemudian hari oleh orang Kristen dikatakan bahwa ia adalah Iblis, atau merupakan malaikat ke-13.

Berikut ini beberapa peristiwa hal-hal yang berkaitan dengan bilangan 13 yang dianggap sial.

• Penahanan dan pembunuhan terhadap Ksatria Templar terjadi pada Jumat-13 Oktober 1307. Peristiwa ini banyak diyakini sebagai asal usul dari mitos yang berkaitan dengan kesialan di hari Jumat tanggal 13 atau Friday the 13th (Jumat Ketigabelas).
• Microsoft tidak akan menamai Office berikutnya sebagai Office 13, tetapi Microsoft Office 14.
• Opera Software tidak akan menamai peramban Opera berikutnya sebagai Opera 13, tetapi Opera 15.
• Komponis Arnold Schoenberg menderita triskaidekafobia. Ia lahir dan meninggal pada tanggal 13.
• Di Amerika Serikat, tidak ada pesawat bernama F-13 karena para pilot banyak yang percaya dengan tahayul ini.
• Penyanyi AS John Mayer memiliki 14 lagu pada albumnya Room for Squares, meski lagu ke-13 hanya 0,2 detik saja lamanya dan tidak ada suaranya.
• Ekspedisi Apollo 13 ke bulan dianggap gagal karena menyandang nomor ke-13. Apollo 13 diluncurkan pada pukul 13:13 EST pada 11 April 1970. Namun para awak pesawat selamat, sehingga tidak bisa dikatakan sial.

Bilangan 13 yang tidak sial

Tak semua bilangan 13 itu sial. Ini bagi orang yang meyakini bahwa bilangan 13 itu bukan bilangan sial. Termasuk bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI, dan Polri yang menganggap bilangan 13 itu tidak sial. Kenapa bisa begitu? Pasalnya mereka yang mengabdi pada negara ini mendapatkan gaji ke-13. Jadi bilangan 13 bukanlah membawa sial, melainkan membawa keberuntungan.

Gaji ke-13 diberikan sekitar bulan Juli, dimana pada bulan tersebut adalah orang tua mendaftarkan anaknya mencari sekolah baru atau daftar ulang. Ini sangat membantu bagi mereka yang akan menyekolahkan anaknya. Bagi yang tidak mempunyai anak sekolah atau sudah selesai menyekolahkan anaknya juga sangat gembira karena mendapatkan penghasilan tambahan.

Bagi pegawai negeri yang mempunyai kredit di bank, gaji ke-13 tidak ada potongan seperti ke-12 gaji yang lainnya, karena gaji ke-13 utuh tanpa potongan. Apalagi pada tahun 2015 gaji ke-13 bertepan dengan Ramadan bagi umat Islam. Jadi momen itu bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan Ramadan dan juga lebaran. Untuk pegawai negeri tidak ada Tunjangan Hari Raya (THR), jadi gaji ke-13 bisa juga sebagai THR.

3 responses

  1. Setuju pak, tidak ada ke sialan dalam apapun kecuali kita sendiri yang membuatnya.

    1. Masak tahayul yang seperti itu masih ada yang mempercayai. Saya pernah duduk di kursi pesawat pada grup nomor 14, setelah saya lihat di depannya tidak ada grup nomor 13, melainkan langsung nomor 12.

  2. 13an itu sesuatu yg menyenangkan kok….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: