Cara Alami Atasi Tumit dan Telapak Kaki Pecah


Foto: mahligaicinta.com

Foto: mahligaicinta.com

Bagi Anda yang tinggal di daerah tropis terutama di daerah pengunungan, mungkin sudah biasa mengalami telapak kaki pecah. Ini terjadi terutama pada tumit. Bahkan jika sudah parah bagian kaki tengah dan diantara jari-jari kaki pun juga bisa pecah-pecah.

Ini terjadi karena kurangnya kelembaban pada kaki Anda. Kenapa sering terjadi di daerah pegunungan? Karena di daerah pegunungan udara dingin, tapi kering. Ini tidak bagus untuk kulit, terutama pada kaki. Untuk musim penghujan tidak begitu terasa karena kelembaban masih terjaga, namun pada musim kemarau udara sangat dingin dan kering.

Bagi Anda yang tinggal di daerah kepulauan seperti Bangka Belitung, Kepulauan Riau, atau Talauad, cucaca yang panas namun lembab jarang dijumpai kaki yang pecah. Bagi Anda yang tinggal di daerah yang masih banyak terjaga hutannya seperti di kalimantan kelembaban juga masih terjaga, jadi jarang dijumpai kaki pecah. Namun, di daerah pegunungan atau daerah kaki gunung seperti kaki Gunung Merapi di daerah Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, banyak orang mempunyai kaki pecah terutama di musim kemarau sudah hal yang biasa.

Terutama bagi wanita kaki pecah di daerah pegunungan banyak dijumpai, meskipun laki-laki juga banyak. Bagi pria yang kerja di kantor dengan sepatu berkauskaki hal ini jarang dijumpai. Kaki yang bersepatu dengan kaus kaki sangat terjaga kelembabannya.

Berikut ini informasi tentang kulit kaki yang pecah terutama pada tumit, seperti dikutip dari Myhealthtips.in.

Penyebab tumit pecah-pecah

– Obesitas atau kelebihan berat badan
– Berjalan tanpa alas kaki
– Tidak biasa menggunakan sandal
– Tinggal di daerah beriklim kering (seperti pegunungan)
– Memakai sepatu terbuka sepanjang waktu
– Kulit tebal keras dan tidak fleksibel di sekitar tumit
– Berjalan atau berdiri dengan tumit Anda untuk waktu yang lama
– Kehamilan pada wanita
– Kurangnya dukungan yang tepat dari sepatu di sekitar area tumit
– Berkepanjangan berdiri di lantai keras
– Kelenjar keringat tidak aktif
– Miskin kebersihan kaki
– Kaki atlet, Eksim dan kondisi kulit lainnya
– Kekurangan mineral, vitamin dan seng
– Menggunakan sepatu yang tidak pas
– Penyakit tiroid dan diabetes
– Kaki datar atau sepatu hak tinggi melengkung

Berikut ini adalah gejala tumit pecah-pecah:
• Kaki gatal
• Kulit bengkak di sekitar daerah tumit
• Kalus sangat tebal di tepi tumit Anda
• Kulit berwarna coklat kuning atau gelap di sekitar tumit
• Kulit pecah
• Tumit bersisik
• Perdarahan pada kasus yang berat

Cara alami atasi tumit pecah

Gunakan minyak
Minyak sayur terhidrogenasi baik untuk masalah tumit retak. Beberapa minyak yang menawarkan hasil yang baik untuk tumit pecah adalah minyak wijen, minyak kelapa dan minyak zaitun terpisah dari minyak sayur.

Pertama membersihkan kaki Anda dengan sabun dan air dan keringkan dengan handuk. Jika perlu bersihkan kulit mati dengan menggunakan batu apung untuk menghilangkan sebagian besar kulit mati dan kering. Oleskan minyak seperti yang telah disebutkan di atas pada telapak kaki dan tumit. Diamkan dalam semalam dan Anda akan melihat hasil yang efektif dalam waktu seminggu dengan cara ini.

Pisang matang
Anda juga dapat menggunakan pisang matang untuk menyembuhkan tumit pecah-pecah. Anda perlu menerapkan pisang matang yang ditumbuk pada tumit selama sepuluh sampai lima belas menit. Kemudian Anda perlu mencuci kaki dengan air hangat dan kemudian mencelupkan kaki dalam air dingin selama sepuluh menit.

Lilin parafin
Jika Anda mengalami rasa sakit dari tumit pecah-pecah, maka lilin parafin adalah bahan yang ideal yang akan memberikan bantuan dari rasa sakit. Campur lilin parafin dengan kelapa atau minyak mustard dan kemudian panaskan lilin sehingga meleleh. Sekarang, oleskan campuran ini pada tumit pecah-pecah setelah membawanya ke suhu dingin. Oleskan campuran ini, biarkan semalam dan mencucinya di pagi hari dan Anda akan menikmati hasil yang bagus.

Jus lemon
Menerapkan jus lemon pada daerah tumit pecah akan membantu dalam melembutkan kulit Anda karena memiliki sifat asam yang besar. Anda juga dapat merendam kaki Anda dalam ember air hangat yang dicampur dengan jus lemon selama 10 sampai 15 menit untuk melembabkan kaki Anda. Kemudian bersihkan kaki dan tumit dengan batu apung keringkan.

Tepung beras dengan madu dan cuka
Untuk menghapus kulit mati Anda di sekitar tumit kaki Anda, Anda dapat membuat scrub alami dengan bahan-bahan seperti tepung beras, cuka sari apel dan madu.
• Ambil 2 sendok makan tepung beras dan mencampurnya dengan 2 sampai 3 sendok teh madu dan cuka untuk membuat pasta tebal.
• Rendam kaki dalam air hangat selama sepuluh menit dan kemudian menerapkan scrub ini pada tumit pecah dan mencucinya setelah kering. Ini akan membantu dalam menghilangkan kulit mati secara efektif.

Madu
Madu adalah salah satu pengobatan rumah yang paling populer untuk tumit pecah-pecah yang dapat Anda gunakan pada kaki Anda karena memiliki antibakteri serta sifat pelembab. Madu dapat merawat kaki Anda kering serta tumit pecah-pecah. Campur 2 sampai 3 sendok makan madu dalam seember air hangat dan rendam kaki Anda dalam air selama 15 menit. Ini akan membuat kaki Anda lembab dan kenyal.

Air garam
Masukan kaki bersih dan rapi Anda dalam ember berisi air garam hangat. Biarkan selama 15 menit. Lepaskan kaki Anda dan letakkan dalam ember air dingin selama sekitar 10 menit dan ini akan membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah di kaki Anda.

Air mawar dan Gliserin
Campur gliserin dan air mawar dan gosok campuran ini pada tumit yang pecah dan seluruh kaki. Ini akan menjaga kulit lembut selama berjam-jam dan Anda dapat menerapkannya setiap kali Anda ingin pergi ke luar. Ini akan membuat tumit Anda yang pecah di bawah kontrol.

Minum air
Hal ini sangat penting bagi Anda untuk menjaga tubuh Anda terhidrasi sepanjang waktu dan ini akan mencegah kaki Anda dari supaya tidak kering. Oleh karena itu, mengkonsumsi setidaknya 12 sampai 15 gelas air setiap hari akan memberikan elastisitas yang diperlukan untuk kulit tumit Anda dan mencegah dari dari pecah.

Kalsium
Penting bagi Anda untuk memperbaiki asupan kalsium untuk mengurangi efek dari tumit pecah-pecah pada kaki Anda. Anda perlu menambahkan yoghurt atau susu atau keju atau ikan atau brokoli atau susu kedelai atau jus dalam diet harian Anda.

Vitamin E dan dan zat besi
Salah satu pilihan terbaik untuk mengurangi gejala tumit pecah-pecah adalah dengan menambahkan vitamin E makanan yang kaya dalam diet harian Anda. Makanan seperti minyak sayur, sayuran hijau, kacang-kacangan dan produk gandum merupakan sumber penting dari Vitamin E. Besi juga sangat penting untuk menyembuhkan tumit pecah-pecah. Beberapa makanan yang kaya sumber zat besi adalah daging, ayam dan ikan.

Asam Lemak Omega 3
Beberapa makanan seperti biji rami, minyak biji rami, ikan air tawar yang dikenal sebagai sumber yang kaya asam lemak Omega 3 yang membantu dalam mengurangi efek dari tumit retak.

One response

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: