Mitos Tentang Kolesterol yang Sering Dipercaya


Ilustrasi kolesterol baik dan jahat, foto: somzoom.com.br

Ilustrasi kolesterol baik dan jahat, foto: somzoom.com.br

Menurut Wikipedia, kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut steroid. Steroid ialah lipid yang memiliki struktur kimia khusus.

Tingginya kadar kolestrol dalam tubuh menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit. Pola makan sehat merupakan faktor utama untuk mengghindari kolesterol tinggi. Akan tetapi, tidak semua kolestrol berdampak buruk bagi tubuh. Hanya kolestrol yang termasuk kategori LDL (jahat) saja yang berakibat buruk sedangkan jenis kolestrol HDL (baik) merupakan kolestrol yang dapat melarutkan kolestrol jahat dalam tubuh. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160–200 mg.

Sebagian besar dari kita percaya bahwa untuk menurunkan berat badan kita harus menghindari kolesterol dalam makanan. Tapi apakah itu sehat bagi tubuh Anda? Banyak yang mengatakan bahwa telur adalah buruk bagi kesehatan dan meningkatkan kadar kolesterol, tetapi apakah itubenar? Berikut ini mengungkapkan mitos kolesterol yang sering dipercayai namun tidak benar, seperti dikutip dari Healthmeup.com.

Kolesterol adalah buruk bagi kesehatan
Kolesterol dibagi menjadi dua bagian, yaitu kolesterol buruk dan baik. Kolesterol baik mengangkut kolesterol kembali ke hati dari jaringan dan mencegah pengendapan di arteri. Meningkatkan kolesterol baik dengan mengkonsumsi jus jeruk, susu alternatif seperti kedelai, dan lemak tak jenuh tunggal.

Kita tidak perlu kolesterol
Kolesterol menghasilkan membran sel, hormon, vitamin D dan asam empedu yang membantu Anda mencerna lemak. Kolesterol juga sangat penting untuk fungsi saraf. Kolelesterol HDL diperlukan untuk ini..

Telur kaya akan kolesterol
Telur adalah sumber yang baik untuk protein dan lemak tak jenuh. Mengkonsumsi telur tunggal tidak akan membunuh Anda. Tapi memang benar bahwa telur mengandung kolesterol, sebagian kecil dari yang memasuki aliran darah Anda. Namun, diet kolesterol dari makanan sehat yang tidak mengandung lemak jahat tidak akan merugikan Anda. Jika Anda tidak menderita kolesterol LDL tinggi atau kolesterol jahat, maka Anda bisa makan telur utuh setiap hari.

Orang yang masih muda tidak mungkin memiliki kolesterol jahat
Tidak benar. Pada abad ke-21 kita dikelilingi oleh tempat-tempat makanan cepat saji, restoran, ketersediaan makanan olahan. Segala sesuatu yang bertujuan untuk meningkatkan kadar kolesterol Anda tidak peduli pada usia. Oleh karena itu, disarankan untuk memeriksakan ke dokter dan untuk mempertahankan diet yang sehat dan olahraga terlepas dari usia Anda.

Hindari kolesterol dalam diet Anda untuk tetap sehat
Mengurangi kolesterol jika dokter telah merekomendasikan itu. Jangan memilih obat untuk mengurangi kolesterol, karena Anda tidak dapat menjamin kesehatan yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: