Fakta Menarik Tentang DNA yang Sebaiknya Anda Tahu


Foto: mashable.com

Foto: mashable.com

Jika terjadi kecelakaan dan korban meninggal maka untuk mencari keluarga korban dibutuhkan data-data. Sampel potongan rambut, darah, atau kuku biasanya menjadi data yang dimaksud. Data-data ini digunakan untuk tes DNA dicocokkan dengan korban kecelakaan. Untuk mengetahui seorang bayi anak dari ayah siapa juga bisa digunakan tes DNA.

Asam deoksiribonukleat, umumnya dikenal sebagai DNA, adalah molekul yang mengkodekan informasi genetik yang menentukan makhluk hidup yang perkembangan dan fungsi. Sederhananya, jika Anda seorang organisme hidup, Anda memiliki DNA.

Mungkin Anda belum mengetahui apa itu DNA. Berikut adalah tujuh fakta mengagumkan tentang DNA, seperti dikutip dari Healthmeup.com.

Fakta: Ada perangkat memori yang dikenal sebagai ‘Immortal drive‘ yang saat ini mengorbit Bumi.
Perangkat memori ini dalam Stasiun Luar Angkasa Internasional, dan berisi urutan DNA digital hingga kepribadian terkenal seperti Lance Armstrong, Stephen Colbert, Stephen Hawking dan lain-lain. Ini merupakan upaya untuk melestarikan DNA manusia dalam sebuah kapsul waktu jika ada bencana global di Bumi.

Fakta: DNA Manusia bisa menempuh jarak dari bumi ke matahari sekitar 600 kali.
Jika Anda bersantai dan terhubung dengan untai DNA dalam sel manusia tunggal bersama-sama, itu akan menjadi sekitar 6 kaki panjang. Bayangkan jika Anda melakukan hal yang sama dengan untai DNA dalam 100 trilyun sel yang ada DNA dalam tubuh Anda bisa membuat ratusan perjalanan putaran ke matahari.

Fakta: Manusia lebih dari 98 persen identik dengan simpanse.
Penelitian menunjukkan bahwa manusia secara genetik berbeda dari simpanse dengan hanya 1,2 persen. Nenek moyang terakhir antara spesies hidup hampir 6 juta tahun yang lalu. Setelah satu miliar tahun evolusi, gen manusia berbagi dengan semua makhluk hidup di bumi.

Fakta: Jika Anda mengetik 60 kata per menit, selama delapan jam per hari, itu akan membawa Anda sekitar 50 tahun untuk mengetik genom manusia.
Genom manusia tidak lain adalah seluruh rangkaian informasi genetik manusia. Informasi genetik ini dikodekan sebagai urutan DNA dalam 23 pasang kromosom.

Fakta: Satu gram DNA dapat menampung 700 terabyte data.
Para ilmuwan di Harvard University telah berhasil disimpan 5,5 petabits data, sekitar 700 terabyte dalam satu gram DNA.

Fakta: Orang yang lahir setelah 1955 memiliki jejak karbon radioaktif dalam DNA mereka.
Pada tahun 1950, selama Perang Dingin, Amerika Serikat dan Uni Soviet melakukan ledakan hulu ledak nuklir di daerah kritis mereka sendiri. Sebagai hasil dari sejumlah besar radioaktivitas yang dilepaskan ke lingkungan, orang yang lahir setelah 1955 memiliki jumlah jejak radioaktif karbon-14 dalam DNA mereka.

Fakta: Semua manusia adalah 99,9 persen sama.
Tidak merusak pohon keluarga Anda yang unik, tapi pada dasarnya sama dengan orang lain. Tapi ingat bahwa kesamaan mereka yang sangat penting, mereka adalah apa yang menjadikan diri Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: