10 Gejala Kanker Perut yang Sering Terlewatkan


Foto: merdeka.com

Foto: merdeka.com

Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang menjadi momok bagi banyak penduduk di dunia ini. Kanker tidak hanya terjadi pada orang modern seperti saat ini saja, namun sudah ada sejak dulu. Namun, jenis kanker yang berkembang tidak sebanyak sekarang ini.

Salah satu kanker yang menyerang adalah kanker perut. Jenis kanker ini sering terdeteksi saat sudah memasuki stadium akhir. Gejala yang ditimbulkan menyerupai penyakit lain yang tak jarang diabaikan. Tanda-tanda peringatan dini begitu halus karena saling tumpang tindih dengan penyakit ringan seperti keasaman, sembelit, dll, dan sering diabaikan. Oleh karena itu, sering terlambat dalam penyembuhannya.

Berikut ini gejala kanker perut yang sering terabaikan berdasarkan informasi dari Dr Meghal Sanghvi, dokter spesialis bedah onkologi dari Rumah Sakit Wockhardt, Mumbai, India, seperti dikutip dari DNA.

1. Mulas atau gangguan pencernaan
Merasa mual atau memiliki refluks asam setelah makan berat normal. Antasida bisa mengurus dan memberikan bantuan dalam beberapa waktu. Tapi jika gejala bertahan lebih dari dua sampai tiga bulan dan kembali hampir setiap habis makan, itu adalah tanda bahaya. Lebih baik pergi untuk check up ke dokter. Refluks mungkin karena tumor tumbuh di perut. Sebuah tumor lambung mengeluarkan enzim sendiri yang mengganggu pencernaan. Jika tumor tumbuh dalam ukuran besar, juga dapat memblokir makanan yang melewati usus kecil, dan terjadilah refluks.

2. Merasa kenyang meskipun makan kecil
Nafsu makan Anda dapat mengubah untuk banyak alasan, tetapi jika Anda mengembangkan rasa keengganan terhadap makanan dan merasa kenyang setelah makan sedikit, jangan mengabaikan tanda ini. Jika ada tumor yang tumbuh di dalam perut Anda, itu bisa menghambat makanan dan mencegah makanan yang lewat ke usus kecil. Hal ini juga bisa membuat Anda merasa kembung.

3. Penurunan berat badan secara drastis
Ketidakmampuan untuk makan makanan yang tepat, kurangnya gizi dan nafsu makan rendah alasan yang jelas penurunan berat badan yang cepat. Tapi Anda mungkin tidak menduga ada tumor. Namun, jika Anda mengalami penurunan berat badan bersama dengan gejala keasaman, lebih baik periksakan ke dokter.

4. Mual dan muntah
Biasanya, ketika Anda muntah, Anda membuka isi makanan dicerna sebagian sebelumnya. Sering mual dan memuntahkan makanan beberapa menit setelah Anda makan. Ini mungkin karena tumor yang menghalangi lewatnya makanan.

5. Merasa lelah
Gejala seperti kurangnya nafsu makan dan refluks dapat menyebabkan deplesi nutrisi dan penurunan berat badan yang berlebihan bersama dengan jumlah darah rendah. Jadi, jika semua ini membuat Anda begitu lelah bahwa Anda bahkan tidak bisa berjalan satu mil tanpa sesak napas, sekarang saatnya untuk kepala ke dokter.

6. Perubahan pola buang air besar
Sembelit, diare atau bahkan tinja berwarna hitam bisa menjadi tanda peringatan kanker perut.

7. Demam ringan
Demam biasanya merupakan hasil dari infeksi hadir dalam tubuh. Dengan keganasan yang tumbuh di perut, adalah mungkin bahwa Anda mengalami episode berulang demam ringan. Kelelahan dan demam bersama dengan gejala lain seperti sakit maag harus membuat Anda khawatir tentang memburuknya kesehatan Anda.

8. Nyeri di perut
Sakit parah di perut dengan benjolan keras yang dapat dirasakan dengan menekan perut Anda harus diselidiki.

9. Perdarahan rektal
Ini juga bisa menjadi tanda-tanda kanker perut. Bahkan, darah dalam tinja adalah tanda bahwa segala sesuatu di dalam dan sekitar usus Anda tidak beres. Bisa jadi tumor tumbuh mungkin menekan pembuluh darah di sekitar menembusnya dan menyebabkan perdarahan. Beberapa darah mungkin terdeteksi dalam tinja.

10. Kesulitan menelan
Ini adalah gejala yang jarang dari kanker perut dan mungkin terjadi hanya menuju tahap lanjut penyakit ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: