Manfaat Luar Biasa Dibalik Pedasnya Cabe Rawit


Foto: hargasumut.org

Foto: hargasumut.org

Kecil-kecil cabe rawit. Itulah ungkapan yang menggambarkan meskipun kecil tapi mempunyai prestasi yang tinggi. Cabe terutama cabe rawit sering tidak bisa dipisahkan dari masakan di Indonesia. Buah yang rasanya pedas ini hadir dalam berbagai masakan dalam bentuk rempah-rempah. Kehadirannya membuat masakan jadi lebih membuat lidah menjadi dimanjakan.

Rempah-rempah yang tumbuh di daerah tropis ini mempunyai nama latin Capsicum frutescens L. Dibalik pedasnya cabe rawit ternyata mempunyai manfaat tidak hanya dalam masakan saja, namun juga manfaat kesehatan. Berikut ini manfaat cabe rawit bagi kesehatan seperti dikutip dari Bold Sky.

Meredakan migrain dan nyeri sendi
Cabe rawit mengandung zat aktif yang dikenal sebagai capsaicin yang merupakan pereda nyeri yang efektif. Ketika dioleskan pada sendi mengurangi rasa sakit dan peradangan. Cabe juga mengurangi sakit migrain.

Menurunkan demam
Makan cabai rawit membuat tubuh berkeringat dan dengan demikian mengurangi suhu tubuh tinggi. Campur sejumput bubuk cabe dalam segelas susu hangat atau minuman panas lainnya untuk meringankan demam. Ini adalah salah satu manfaat kesehatan terbaik dari cabai rawit.

Meredakan gejala pilek
Makan cabe rawit dapat meredakan hidung tersumbat. Cabe rawit juga menawarkan bantuan dari gejala lain dari pilek dan flu.

Membantu menurunkan berat badan
Cabe rawit meningkatkan tingkat metabolisme dan membantu Anda untuk membakar kalori secara ekstra. Cabe rawit juga menekan nafsu makan yang selanjutnya membantu dalam penurunan berat badan.

Mencegah penyakit jantung
Cabe rawit larut dalam gumpalan darah yang membatasi aliran darah ke jantung. Hal ini juga mengurangi kadar kolesterol dan dengan demikian mencegah serangan jantung.

Baik untuk tekanan darah
Cabe rawit meningkatkan fleksibilitas pembuluh darah dengan mencegah arteri menjadi kaku. Karena menurunkan kadar kolesterol sehingga pembentukan plak di dalam pembuluh darah dicegah. Oleh karena itu, baik untuk penderita hipertensi.

Meningkatkan sirkulasi darah
Capsaicin dalam cabai rawit menghasilkan panas dalam tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Cabe rawit membantu untuk memasok oksigen ke seluruh bagian tubuh termasuk otak. Ini adalah salah satu penggunaan obat terbaik dari cabai.

Membersihkan tubuh
Cabe rawit membantu menghilangkan akumulasi racun dalam tubuh pada tingkat yang lebih cepat. Cabe rawit menghilangkan kelebihan metabolit dalam hati dan membantu untuk bekerja secara efektif.

Memperbaiki pencernaan
Cabe rawit baik bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan, terutama sembelit. Cabe rawit meningkatkan sekresi enzim pencernaan dan membantu dalam pencernaan makanan.

Mencegah kanker
Capsaicin dalam cabe rawit memperlambat pertumbuhan sel kanker. Orang-orang yang makan cabai rawit lebih bersama dengan makanan mereka memiliki risiko rendah terkena kanker.

Mendorong pertumbuhan rambut
Jika cabai rawit diterapkan topikal pada kulit kepala menyebabkan iritasi yang meningkatkan aliran darah ke folikel rambut. Hal ini membantu nutrisi untuk mencapai rambut mencegah rambut rontok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: