10 Faktor Risiko Kanker Paru-paru


Foto: cityofhope.org

Foto: cityofhope.org

Kanker adalah penyakit yang saat ini banyak ditakuti oleh banyak orang. Kanker tak hanya diderita oleh orang dewasa saja, masih anak-anak pun bisa juga. Lingkungan yang tidak sehat dan gaya hidup sangat berpengaruh pada tumbuhnya penyakit ini.

Tak sedikit yang berjuang melawan penyakit yang mematikan ini. Serangkaian tes lab dan pengobatan dijalani dan ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain biaya, waktu, tenaga, dan pikiran juga dikorbankan tidak hanya oleh penderita, namun juga keluarga yang menginginkan kesembuhan dari anggota yang menderita kanker. Operasi, kemoterapi, dan radioterapi adalah serangkaian tindakan medis untuk pengobatan kanker.

Termasuk juga dengan kanker paru-paru yang banyak diderita. Penderita kanker paru-paru juga tergantung pada individu dan bagaimana tubuh bereaksi terhadap setiap kondisi. Berikut ini 10 faktor risiko penderita kanker paru-paru, seperti dikutip dari Bold Sky.

1. Merokok
Orang yang merokok, apalagi perokok berat sangat berisiko menderita kanker paru-paru. Setiap negara menyadari kenyataan ini, namun kenapa rokok juga masih tetap beredar dan diproduksi? Paru-paru terus menyerap asap dan perokok bergerak lebih dekat dengan penyakit ini.

2. Perokok pasif
Bukan perokok tetapi menjadi cukup dekat untuk perokok dan menghirup rokok dari udara sebanyak risiko seperti perokok aktif. Asap yang Anda hirup dengan cara ini membuat Anda seorang perokok pasif atau perokok tangan kedua. Karena alasan ini merokok telah dilarang di depan umum di banyak negara. Meskipun tidak merokok, perokok pasif juga sangat berisiko terhadap kanker paru-paru.

3. Radon
Sebuah gas tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau yang berasal dari pemecahan uranium dari tanah dan batu adalah radon. Ini menjadi bagian dari udara yang kita hirup dan terakumulasi dalam rumah dan bangunan.

4. Riwayat keluarga
Jika pada sebuah keluarga orang tua pernah menderita kanker paru-paru, maka anaknya juga mempunyai risiko menderita. Ini merupakan faktor risiko yang kita bawa bersama kami. Satu-satunya pilihan di sini adalah untuk mengambil tindakan pencegahan yang tepat, menjalani gaya hidup sehat dan menghindari faktor risiko sebanyak mungkin.

5. Paparan asbes
Asbes sering digunakan sebagai isolasi tahan api di banyak bangunan dan sebagai atap bangunan. Menghirup serat asbes dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru. Juga orang-orang yang bekerja di industri asbes terus terkena itu dan pada risiko yang lebih besar.

6. Eksposur mesin diesel
Bekerja sebagai sopir angkutan umum, yang tinggal di daerah lalu lintas berat sarat dengan asap mesin diesel atau bekerja sebagai pengendali lalu lintas di jalan-jalan (polisi lalu-lintas) dapat menyebabkan peningkatan risiko kanker paru-paru.

7. Polusi luar ruangan
Hal ini tidak diragukan lagi bahwa udara yang kita hirup sekarang sama sekali tidak aman. Hal ini sarat dengan berbagai jenis bahan kimia, asap, partikel tersuspensi dan knalpot dari kendaraan. Jumlah mobil dan kendaraan lain yang berjalan di jalanan meningkat dari hari ke hari menambah pencemaran lingkungan yang merupakan faktor risiko untuk kanker paru-paru.

8. Penyakit paru-paru sebelumnya
Bagi mereka yang memiliki penyakit paru-paru seperti tuberkulosis atau pneumonia kemungkinan terkena kanker paru-paru lebih tinggi daripada mereka yang tidak memiliki riwayat menderita penyakit paru-paru. Ketika terinfeksi dengan jenis penyakit paru-paru sebaiknya diobati sampai benar-benar sembuh.

9. Pembakaran batubara & kayu dalam ruangan
Tungku yang menggunakan batubara dan kayu untuk memasak di dalam rumah tidak menyehatkan. Ini karena dapat berisiko pada kanker paru-paru. Masih banyak bagian dunia di mana orang menggunakan bahan-bahan ini sebagai bahan bakar untuk digunakan di rumah, terutama di pedesaan.

10. Paparan karsinogen
Ada banyak pekerjaan di mana para pekerja terbuka ke karsinogen kimia. Paparan berilium, kadmium, kobalt-tungsten carbide, senyawa nikel dan lebih banyak bahan kimia tersebut dapat menyebabkan peningkatan risiko kanker paru-paru.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: