10 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan


puasaPuasa secara bahasa artinya menahan dari sesuatu. Adapun pengertian puasa dalam Agama Islam adalah menahan diri dari makan, minum, dan dari segala hal yang membatalkan puasa yang disertai dengan niat dari mulai terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Tak hanya karena alasan agama saja puasa dilakukan. Puasa juga sering berkaitan dengan alasan medis. Sebagai contoh orang yang akan menjalani operasi tertentu harus puasa terlebih dahulu. Ada juga orang yang akan menjalani USG pada bagian tertentu juga harus puasa. Alasan puasa pada medis ini berkaitan dengan kebaikan pasien jika berpuasa sebelum tindakan medis dari pada tidak.

Dikutip dari Bold Sky, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa puasa membantu untuk meningkatkan kesehatan Anda. Hal ini baik untuk kesehatan jantung Anda dan juga mengurangi risiko kanker. Jika Anda sehat dan tidak menderita penyakit apapun maka Anda harus melakukan puasa intermiten. Seperti yang Anda tahu puasa membantu mencegah semua penyakit karena gaya hidup seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes, asam urat, penyakit jantung, dll.

Di hampir semua agama, puasa adalah ritual. Namun, umat Islam secara khusus menjalaninya selama satu bulan (Ramadhan) penuh. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa puasa selama satu bulan akan membantu untuk meremajakan dan memperbaiki tubuh Anda. Hal ini baik manfaat fisik dan spiritual. Ketika tubuh makan terus menerus, itu tidak baik bagi kesehatan berbagai penyakit bisa menyerang.

Anda harus memberikan istirahat untuk tubuh Anda sehingga mendapat cukup waktu untuk melakukan proses perbaikan alami. Puasa menekan risiko diabetes dan tekanan darah tinggi. Puasa juga membantu tubuh untuk mengkonsumsi glukosa dicadangkan (glikogen) dan dengan demikian membantu dalam penurunan berat badan. Puasa ini bermanfaat bagi semua organ tubuh untuk bekerja secara efektif.

Berikut ini manfaat kesehatan dari puasa.

1. Meningkatkan produksi hormon pertumbuhan manusia
Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa puasa merangsang produksi hormon pertumbuhan dalam tubuh. Hormon ini membantu untuk tetap fit dan memperlambat proses penuaan.

2. Pemecahan lemak
Puasa membantu Anda tetap langsing sebagai kelebihan lemak dalam tubuh segera dipecah karena HGH (hormon pertumbuhan manusia). HGH juga hormon pembakaran lemak. Lemak dalam tubuh Anda tidak dapat terbakar tanpa puasa karena tubuh Anda terlebih dahulu memecah cadangan glukosa dan lemak.

3. Menekan hormon lapar
Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa puasa mengatur tingkat kelaparan memproduksi hormon yang disebut ghrelin. Anda mulai kehilangan kalori ekstra dan dapat membantu dalam menjaga berat badan yang sehat.

4. Pencegahan kanker
Puasa mencegah kerusakan oksidatif pada sel-sel dan asam nukleat dan dengan demikian mencegah risiko kanker. Puasa juga memperlambat proses penuaan dan membantu Anda terlihat lebih muda. Tingkat energi dalam tubuh Anda juga meningkat.

5. Detoksifikasi atau pembersihan
Puasa membantu dalam penghapusan akumulasi racun dalam tubuh yang dapat menyebabkan banyak kerusakan pada organ-organ tubuh. Radikal bebas yang terakumulasi juga dapat menyebabkan kanker dan penyakit lainnya. Puasa menghilangkan radikal bebas dari tubuh dan mengurangi risiko penyakit serius. Ini adalah salah satu manfaat kesehatan terbaik puasa.

6. Meningkatkan kekuatan otak
Puasa meningkatkan produksi protein yang disebut sebagai faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF). Puasa membantu dalam pembentukan sel-sel otak baru dan meningkatkan kesehatan otak dengan mempromosikan sekresi bahan kimia lainnya di otak. Puasa juga menghemat risiko Parkinson dan penyakit Alzheimer.

7. Mengurangi risiko diabetes
Dalam kehidupan saat ini alasan utama diabetes adalah resistensi insulin. Ini berarti insulin dalam tubuh tidak bekerja dengan benar untuk membawa glukosa ke sel untuk dipecahkan. Resistensi insulin ini disebabkan oleh obesitas. Puasa menurunkan resistensi insulin dan dengan demikian kelebihan glukosa dalam darah akan dihapus.

8. Mengurangi risiko penyakit jantung
Puasa menghapus trigliserida dari tubuh Anda dan juga menurunkan tingkat kolesterol jahat. Kedua menyebabkan pengerasan pembuluh darah dan dengan demikian dapat merusak jantung. Ketika Anda berpuasa, ini membantu untuk mengurangi masalah penyakit jantung.

9. Meningkatkan kesehatan hati
Hati adalah organ utama pada metabolisme sehingga semua racun pergi ke hati dan kemudian dikeluarkan dari tubuh melalui urin. Akumulasi racun dalam hati dapat merusaknya. Hati terbebani dengan metabolit beracun ketika Anda terus-menerus makan. Puasa memberikan istirahat pada hati untuk memperbaiki dan meremajakannya.

10. Penyembuhan spiritual
Penyembuhan tidak selalu berarti untuk menyembuhkan tubuh Anda dengan obat-obatan. Penyembuhan spiritual berarti bahwa tubuh dan jiwa disembuhkan. Puasa menempatkan tubuh Anda dalam modus istirahat. Pikiran Anda tenang dan santai. Jika kesehatan mental Anda meningkat, ini akan menunjukkan pengaruh positif pada kesehatan fisik Anda.

One response

  1. Subhanallah begitu hebatnya Allah tentang manfaat puasa, dibalik menahan lapar ternyata ada manfaat yang luar biasa. Terima kasih infonya😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: