Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Minum Obat


susuJika Anda sakit dan pergi ke dokter maka dokter akan memberikan obat. Obat yang diberikan oleh dokter biasanya antibiotik yang harus diminum dalam jangka waktu tertentu. Tak hanya dari dokter saja, obat juga bisa dibeli di toko obat atau apotek tanpa harus resep dari dokter.

Ada beberapa syarat saat minum obat. Beberapa obat diminum setelah makan. Ada yang diminum tiga kali sehari ada yang dua kali, dan ada juga yang hanya sekali dalam sehari. Namun, ada juga obat yang diminum sebelum makan, misalnya obat untuk lambung atau sakit maag.

Apapun obat yang Anda minum, sebaiknya setelah minum obat tersebut jangan makan makanan tertentu seperti pada daftar di bawah ini. Jika Anda minum obat yang didahului dengan makan makanan tersebut bisa jadi keracunan atau obat yang Anda minum tidak mempan atau tidak berfungsi, sehingga tidak bermanfaat bagi tubuh untuk menyembuhkan penyakit Anda.

Makanan memiliki dampak pada efektivitas obat-obatan. Bahkan, makanan berinteraksi dengan antibiotik dalam tiga cara, yaitu penyerapan obat, memperlambat tingkat di mana obat ini diserap, atau merusak cara kerja obat.

Berikut ini makanan yang sebainya dihindari saat akan minum obat atau sesusah minum obat, seperti dikutip dari Healthmeup.com.

Makanan dan minuman yang bersifat asam
Hindari makanan dan minuman seperti buah jeruk, cokelat, minuman ringan (bersoda), dan makanan berbasis tomat seperti saus tomat yang asam. Makanan-makanan tersebut mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap obat.

Produk susu, kecuali yoghurt
Kalsium dalam produk susu menghambat penyerapan antibiotik. Yoghurt adalah satu-satunya produk susu yang bisa Anda makan saat makan obat, karena mengandung probiotik yang mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam usus Anda, sehingga membantu tubuh Anda pulih dari serangan antibiotik dan lebih cepat sembuh. Probiotik juga membantu mencegah diare, yang merupakan efek samping yang umum dari antibiotik.

Kalsium dan suplemen zat besi
Seperti kalsium, zat besi juga mengganggu penyerapan obat. Jika Anda sedang minum antibiotik, cobalah untuk menunggu setidaknya tiga jam sebelum Anda minum pil suplemen Anda.

Makanan tinggi serat
Makanan tinggi serat sangat sehat, tapi makanan ini bukan pilihan terbaik ketika Anda sedang minum obat. Makanan ini memperlambat tingkat di mana makanan diserap dari perut Anda yang besar ketika Anda kehilangan berat badan, tapi tidak begitu besar ketika memperlambat tingkat di mana obat Anda diserap. Makanan yang tinggi serat termasuk biji-bijian dan kacang-kacangan.

Alkohol
Alkohol bisa menyebabkan efek samping seperti masalah pencernaan dan pusing. Hal ini sebaiknya dihindari sampai Anda telah sepenuhnya sembuh.

2 responses

  1. Terima kasih, ini sangat bermanfaat, karena saya termasuk konsumen obat.

    1. Sama-sama, baca juga artikel yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: