Ini Manfaat Melamun yang Mungkin Belum Anda Ketahui


Ilustrasi, foto: careerealism.com

Ilustrasi, foto: careerealism.com

Apa yang Anda lakukan jika sedang tidak ada pekerjaan atau tidak ada kegiatan? Apakah Anda melamun? Tak selamanya melamun itu tidak baik. Tak selamanya melamun itu buruk. Dengan melamun, tak jarang ada ide-ide positif tentang pekerjaan atau solusi sebuah masalah.

Menurut Wikipedia, melamun adalah kondisi sesaat terputusnya pikiran seseorang dengan lingkungan sekitarnya, dimana kontak seseorang menjadi kabur dan sebagian digantikan oleh kayalan visual, khususnya tentang hal-hal yang menyenangkan, harapan atau ambisi, dan dialami dalam kondisi terjaga.

Tak sedikit yang bilang jika melamun akan menimbulkan hal-hal yang tidak baik. Ada yang bilang jangan melamun, karena dapat menyebabkan makhluk halus merasuki tubuh orang yang melamun. Meskipun melamun ada sisi positifnya, sebaiknya jangan dilakukan berlama-lama karena bisa menyebabkan dampak negatif seperti hubungan sosial yang menjadi tidak baik. Orang yang sering melamun selalu menyendiri dan ini bisa menyebabkan tidak mempunyai teman atau dikucilkan dari pergaulan.

Melamun ternyata dapat membantu dalam meningkatkan kreativitas, kebijaksanaan dan juga dalam menemukan ide-ide baru. Itulah alasan mengapa sebagian besar seniman dan penyair menemukan idenya saat melamun. Bahkan, ada ilmuwan juga yang memecahkan beberapa masalah mereka dengan bantuan melamun.

Berikut ini beberapa manfaat melamun, seperti dikutip dari Bold Sky.

Mengembangkan memori Anda
Melamun dapat membantu Anda mempertajam memori Anda dan ini dapat membantu Anda dalam bidang kehidupan lainnya. Ini adalah salah satu manfaat psikologis dari melamun.

Membantu meningkatkan mood Anda
Ini adalah salah satu manfaat dari melamun yang sangat baik. Suasana hati Anda dapat ditingkatkan dan Anda bisa merasa berenergi saat melamun.

Membantu Anda berempati
Ada bukti yang menunjukkan bahwa dengan melamun dapat meningkatkan empati Anda yang akan membantu Anda dalam hubungan manusia. Dengan melamun bisa membayangkan rasa penderitaan seseorang sehingga timbul rasa empati untuk membantunya.

Dapat meningkatkan kreativitas Anda
Hal terbaik dari melamun adalah bahwa hal itu dapat membantu Anda meningkatkan kreativitas Anda dan dapat membantu Anda mendapatkan wawasan baru dan ide-ide baru.

Membantu dalam mengeksplorasi diri
Mereka yang tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang diri sendiri bisa menggali dalam-dalam atau eksplorasi melalui metode visualisasi dapat melakukannya melalui melamun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: