Asiknya Outbond ke Markas Kopassus Kandang Menjangan Kartasura


IMG_20150530_090159Alam adalah tempat yang baik intuk belajar dan bermain bersama anak-anak. Dari alam ini mereka bisa belajar banyak hal. Belajar tentang makhluk ciptaan-Nya, belajar tentang kerjasama, belajar tentang kehidupan. Dari alamlah kebutuhan kita tercukupi, sandang, pangan, dan papan.

Begitu juga dengan liburan akan seru dan mengasikkan jika menyatu dengan alam. Kegiatan yang menantang yang membuat membuat mental anak yang semula penakut diharapkan bisa menjadi tidak lagi penakut. Kegiatan outbond adalah salah satu kegiatan yang bagus untuk perkembangan mental anak.

Seperti yang dilakukan oleh 101 siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Tegalampel, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mengadakan kegiatan outbond pada 30 Mei 2015. Kegiatan ini sangat spesial, karena anak-anak ini dijemput dan diantar pulang oleh Bapak-bapak dari Kopassus Kandang Menjangan Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah dengan mobil truk kopassus. Seru kan, tidak semua orang lho bisa mendapatkan kesempatan seperti ini.

Berangkat dari madrasah pada pukul 07.30 dan perjalanan hanya setengah jam saja, tiba di markas Kopassus pukul 08.00. Mereka didampingi oleh 9 guru. Dari 101 anak tersebut dibagi menjadi 3 truk. Masing-masing truk dikawal oleh 2 anggota kopassus. Wah, seneng banget ni dapat pengawalan dari kopassus.

Setelah sampai di markas, anak-anak disuruh baris untuk mendapatkan bimbingan dan pengarahan dari Bapak kopassus. Terus dilanjutkan dengan outbond. Asik banget. Ada 24 jenis outbond, sampai lupa apa nama semuanya. Ada palang sejajar, palang bertingkat, palang bersudut,juga ada merangkak di bawah kawat berduri. Ada juga berayun dengan tali seperti tarzan yang ada di hutan.

Yang tak kalah serunya adalah berjalan di atas tambang, di bawahnya lumpur, jadi kalau tercebur kena lumpur. Meskipun kelihatannya menegangkan, namun anak-anak sangat menikmatinya. Kata mereka seru banget. Pelajaran olahraga di madrasah tidak ada yang seperti ini.

Tak hanya di alam saja kegiatan anak-anak. Mereka juga belajar sejarah pembentukan kopassus di dalam aula markas kopassus. Kegiatan terakhir ini yang paling ditunggu-tunggu anak, yaitu berenang. Berenang adalah cara yang paling jitu melepas semua kelelahan yang sudah dilakukan pada outbond sebelumnya.

Selesai berenang, baru makan siang yang disediakan oleh Bapak-bapak kopassus. Terima kasih banyak. Jika ada kesempatan lagi pasti anak-anak ingin lagi outbond ke markas kopassus ini lagi. Anak-anak tiba kembali di madrasah sekitar pukul 13.30.

Berikut ini foto-foto kegiatan otbond anak-anak.

Berangkat dan pulang diantar dengan truk kopassus

Berangkat dan pulang diantar dengan truk kopassus


Pengarahan dan bimbingan sebelum outbond

Pengarahan dan bimbingan sebelum outbond


Yuk, semangat.....

Yuk, semangat…..


Jangan sampai jatuh ya ...

Jangan sampai jatuh ya …


Meskipun masih kecil, tapi tetap semangat.

Meskipun masih kecil, tapi tetap semangat.


Lompat-lompat....

Lompat-lompat….


Meskipun berduri, kami tidak takut....

Meskipun berduri, kami tidak takut….


Merangkak di bawah kawat berduri, asik ...

Merangkak di bawah kawat berduri, asik …


Yuk, semangat, jangan sampai tercebur ke dalam air ya...

Yuk, semangat, jangan sampai tercebur ke dalam air ya…


Belajar tentang sejarah berdirinya Kopassus

Belajar tentang sejarah berdirinya Kopassus


Asik... berenang, ini yang ditunggu-tunggu...

Asik… berenang, ini yang ditunggu-tunggu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: