10 Bahan Alami Untuk Mengatasi Asma


Asma adalah penyakit kronis di mana ada peradangan dan penyempitan saluran udara di paru-paru. Asma menyebabkan mengi (suara berbunyi ketika Anda bernapas), sesak dada, sesak napas, dan batuk. Saluran udara ini memungkinkan udara masuk dan keluar dari paru-paru.

Jika Anda menderita asma, saluran udara Anda selalu meradang. Udara susah bergerak masuk dan keluar dari paru-paru, menyebabkan gejala seperti batuk, mengi, sesak napas dan dada sesak. Selama serangan asma, otot-otot saluran napas Anda mengerut dan selaput lendir menghasilkan lendir yang berlebihan, menghalangi pernapasan Anda. Alergen seperti debu, spora, bulu binatang, udara dingin, infeksi dan bahkan stres dapat memicu asma.

Penderita asma biasanya sudah mempunyai persediaan obat yang selalu dibawa jika sewaktu-waktu kambuh. Namun, tak ada salahnya jika mencoba obat yang alami, yang tidak mempunyai efek samping di kemudian hari, seperti dikutip dari Bold Sky berikut ini.

1. Teh Chamomile Jerman

Foto: Bold Sky

Foto: Bold Sky

Ini adalah salah satu obat herbal alami yang terbaik dan efektif untuk pengobatan asma. Chamomile Jerman memiliki sifat antihistamin yang membantu melawan reaksi alergi dan serangan asma. Anda harus mengkonsumsi teh ini setidaknya dua kali sehari.

2. Kunyit

Foto: Bold Sky

Foto: Bold Sky

Kunyit telah digunakan sejak berabad-abad di Tiongkok sebagai ramuan alami untuk mengatasi asma dan sesak napas. Selain mengurangi gejala asma, kunyit juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti demam, pilek dan flu. Kunyit juga memiliki sifat antiseptik, antibakteri, dan stimulan.

3. Hisop (Lavender)

Foto: Bold Sky

Foto: Bold Sky

Hisop memiliki sifat anti-inflamasi pada jaringan paru-paru dan dapat digunakan secara efektif dalam pengobatan asma. Bunga ini juga memiliki antiseptik, antibakteri dan sifat antispasmodic. Ini sangat membantu dalam mengurangi gejala asma. Hisop juga bermanfaat dalam infeksi pernafasan lainnya seperti bronkitis, dahak, dan gangguan paru-paru. Anda tidak boleh menggunakannya untuk waktu yang lama sebagai penggunaan berlebihan dari herbal tersebut dapat menyebabkan keracunan.

4. Licorice

Foto: Bold Sky

Foto: Bold Sky

Licorice telah digunakan untuk memulihkan pernapasan dan menenangkan rongga udara. Senyawa yang hadir di licorice mengurangi peradangan di paru-paru. Licorice adalah obat herbal kuat. Ini harus digunakan dalam jumlah moderat untuk menghindari efek yang tidak diinginkan.

5. Teh coltsfoot

Foto: Bold Sky

Foto: Bold Sky

Teh coltsfoot digunakan sebagai penekan batuk. Teh ini juga dapat digunakan untuk mengobati gejala asma. Anda dapat mencampur teh ini dengan madu.

6. Grindelia

Foto: Bold Sky

Foto: Bold Sky

Untuk pengobatan asma, menggunakan Grindelia. Grindelia ini juga digunakan untuk mengobati batuk. Daun kering dan berbunganya yang efektif dalam mengurangi asma.

7. Gingko Biloba

Foto: chewvalleytrees.co.uk

Foto: chewvalleytrees.co.uk

Gingko biloba digunakan sebagai penambah memori. Gingko Biloba juga mempunyai sifat sebagai anti-alergi dan anti-inflamasi. Ini membantu untuk mencegah serangan asma dipicu oleh alergen dan olahraga.

8. Butterbur

Foto: Bold Sky

Foto: Bold Sky

Butterbur digunakan untuk meringankan peradangan saluran napas yang disebabkan selama serangan asma.

9. Slippery Elm

Foto: Bold Sky

Foto: Bold Sky

Sebagian besar ditemukan di Amerika Utara, kulit slippery elm dapat meringankan gejala asma seperti obstruksi di saluran udara. Ketika diambil sebagai teh atau kapsul, slippery elm membantu dalam mencegah kejang bronkus yang biasanya berhubungan dengan asma. Slippery Elm juga berguna untuk orang dengan kondisi pernapasan seperti bronkitis dan batuk.

10. Bawang putih

Foto: Bold Sky

Foto: Bold Sky

Ini adalah obat yang sangat baik untuk asma. Bawang putih telah membuktikan dapat mengatasi serangan asma. Penelitian menunjukkan bahwa bumbu dapur herbal ini mengandung senyawa aktif yang dapat membantu menyembuhkan dan menghilangkan gejala asma.

Iklan

2 responses

  1. Dr sekian opsi, cuma bawang putih yg mudah di temui, entah hanya sugesti atau memang benar, andai asma saya kambuh, dlm kasus ringan, saya minum bnyak air putih dan mengatur nafas bisa meredakan asma.

    1. Terima kasih atas informasinya Sidik. Semoga Sidik dan keluarga sehat selalu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: