Seru, Menegangkan, dan Menyenangkan Arung Jeram di ‘Paradise Bali’

Rafting2Bagi traveler, mengunjungi tempat-tempat yang eksotik memang sudah biasa. Tempat dengan bangunan yang megah dengan latar belakang sejarah dibalik bangunan tersebut. Atau mengunjungi pusat keramaian seperti tempat-tempat belanja. Namun, bagi saya itu tidak asik dan tidak membuat pikiran menjadi fresh.

Bagaimana jika ke wisata petualangan alam yang menantang adrenalin. Saat ini wisata alam banyak digemari. Tak hanya mereka yang berjiwa muda saja, namun juga yang sudah tidak muda lagi. Wisata alam bisa membuat pikiran segar kembali setelah dalam kurun waktu tertentu bekerja. Wisata alam ini sebaiknya dinikmati beramai-ramai tambah menyenangkan.

Seperti wisata alam yang diadakan oleh kantor saya, arung jeram. Meskipun para peserta arung jeram tidak lagi muda, namun semangatnya bisa mengalahkan anak muda. Pada hari Sabtu, 30 Mei 2015 kami sekitar 25 orang mengadakan wisata alam arung jeram atau rafting di Paradise Bali yang sudah ada sejak 2006.

Terdapat empat paket arung jeram di Paradise Bali ini. Sungai Elo, Sungai Progo Hulu, Sungai Progo Atas, dan Rafting Outbond. Fasilitas di sini sangat lengkat dan dengan perlengkapan rafting berstandar internasional. Untuk Sungai Elo per orang 140 ribu rupiah, Progo Atas 150 ribu rupiah, dan Progo Hulu 175 ribu rupiah. Namun, harga bisa dinego jika melalui agen, jadi lebih murah lagi.

Wisata alam ini dikelola oleh sebuah tempat rekreasi, namanya menggunakan kata ‘Bali’, namun ternyata tempatnya tidak di Bali. Arung jeram ini terdapat di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Untuk mencapai lokasi, dari Yogyakarta (Jogja) Anda harus menuju ke Jl. Magelang dan setelah simpang tiga ada tanda ke arah Candi Borobudur ikuti saja. Sebelum simpang tiga ke arah Candi, berhenti, di situ ada parkir Taman Anggrek. Di depan tempat parkir ada kolam renang Mendut. Jika dari simpang tiga parkir Taman Anggrek tersebut ke kiri, sekitar 5 menit perjalanan sudah sampai di Candi Borobudur.

Sungai yang dijadikan untuk arung jeram oleh pengelola dari Paradise Bali adalah sungai Elo, letaknya di belakang Candi Borobudur dan juga dekat dengan Candi Mendut. Dari tempat parkir jalan kaki menyeberang ke arah kantor dan sekaligus Finish Point di Desa Bojong 1, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang untuk mendaftar. Sebaiknya pesan tempat dahulu paling tidak seminggu sebelum arung jeram supaya dapat tempat.

Sebelum ke Start Point, barang-barang bawaan seperti tas, dompet, ponsel, pakaian ganti, dll harus dititipkan. Jangan khawatir semua aman dan gratis karena ada kantong khusus yang diberi tanda dan ada penjaganya. Setelah dari kantor peserta arung jeram dibawa ke Start Point dengan kendaraan angkutan sekitar perjalanan 15 menit yang ada di bawah Jembatan Desa Blondo. Kami dibagi ke dalam 5 kelompok, satu kelompok terdiri dari 5 atau 6 orang peserta dengan 1 pemadu.

Sebelum arung jeram dilakukan, pemandu melakukan briefing (prosedur keselamatan). Pemandu menerangkan tentang perahu yang digunakan adalah perahu karet dengan diisi udara, cara memakai rompi pelampung, cara memakai helm, cara menggunakan dayung, dan cara menyelamatkan diri jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara memegang dayung jika posisi peserta di sebelah kanan tangan kiri memegang ujung dayung yang berbentuk huruf T dengan jempol di bawah dan keempat jari lainnya mengepal huruf T. Sementara tangan kanan menegang batang dayung. Jangan terlalu ke arah ruruf T karena terlalu berat dan jangan terlalu dekat dengan sirip karena akan mengakibatkan pinggang cepat lelah. Untuk posisi peserta di sebelah kiri hanya kebalikannya saja. Pada saat ada jeram, yaitu arus sungai yang deras jangan mendayung, dayung dipegang dan diletakkan di atas paha.
rafting3Terdapat dua trip, start pagi antara pukul 08.00-10.00 sedangkan start siang pukul 12.00-15.00. Arung jeram ini menempuh jarak 12,5 km dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam. Kami dari Start Point pada pukul 13.00 , sampai di tengah perjalanan sekitar 1 jam dari Start Point, kami istirahat di pinggir sungai. Di situ sudah disediakan tiap peserta satu buah kelapa muda yang sudah dipecah dan tinggal minum airnya dan juga makanan tradisional khas Magelang. Istirahat 15 menit kemudian dilanjutkan lagi perjalanan arung jeram sampai Finish Point sekitar 1,5 jam.
IMG_20150530_161220Rombongan dari kantor kami ada 5 tim, berarti ada 5 perahu dengan 5 pemandu. Kami saling berkompetisi tidak hanya dengan rombongan dari kantor kami saja, namun juga tim dari rombongan peserta lain. Yang membuat arung jeram ini sangat mengasikkan adalah ketika ada jeram dengan arus yang deras. Saya menghitung terdapat 35 jeram yang arusnya deras.
Rafting1Salah satu tim dari kantor kami ada yang masuk ke gua setelah dihantam derasnya arus di salah satu jeram dengan batu besar. Sementara tim saya 5 kali nyangkut di batu karena arus deras. Yang menambah seru dan semakin menyenangkan adalah saat berpapasan dengan perahu baik dari tim kantor kami maupun peserta lain. Kami saling melempari perahu dengan air dari dayung, sehingga semua peserta basah kuyub.
IMG_20150530_161143Sebelum tiba di Finish Point terdapat penyempitan sungai. Pada daerah ini arus tenang, pemandu mempersilahkan peserta untuk berenang bagi yang mau. Saya pun tidak melewatkan kesempatan langka ini. Beberapa teman kantor saya juga menceburkan diri ke sungai yang seger banget airnya. Kami pun berenang mengikuti arah aliran sungai. Sungguh sangat menyegarkan bisa berenang di sungai seperti ini.

Tepat pada pukul 15.30 kami sampai di Finish Point. Kami segera bilas mandi dan makan sore prasmanan yang sudah tersedia dengan menu makanan tradisional. Restoran tempat kami makan menghadap sungai, sehingga ini menambah nikmatnya kami makan. Dekorasi restorannya mirip seperti di Bali dengan gapura khas bali dan ornamen dengan menggunakan kain kotak-kotak hitam putih dan payung khas Bali.

Sebelum kami pulang, kami diberi foto yang sudah dicetak dan foto dalam bentuk soft copy dalam CD. Meskipun capek, namun sangat menyenangkan. Kalau ada kesempatan lagi kami akan mencoba arung jeram paket yang lain.

2 responses

1. Memang bali, wisata komplit ++, Suka bangat sama bali.

1. Ini bukan di Bali, baca saja secara lengkap. Namanya memang pakai kata “Bali”.