Fakta Menarik Tentang Pisang yang Sebaiknya Anda Ketahui


PisangPisang, buah tropis yang lembut sangat enak dimakan. Tak hanya utuk bayi yang baru belajar makan, namun pisang juga baik dimakan oleh siapa saja. Dalam keadaan sangat lapar, pisang lebih baik dari pada makanan lain untuk dimakan.

Buah dari suku Musaceae ini selain dapat dimakan langsung juga bisa dibuat panganan seperti keripik, es pisang, kue pisang, dll. Tak hanya sangat enak dimakan, pisang kaya nutrisi dan menawarkan berbagai manfaat kesehatan.

Sayangnya, meskipun kaya manfaat banyak yang meremehkan pisang. Tak sedikit yang memandang sebelah mata pisang. Meskipun pisang berlimpah di negara kita, masih banyak yang tak suka dengan pisang. Padahal Indonesia adalah salah satu negara penghasil pisang terbesar di dunia ini dan pisang dari Indonesia telah diekspor ke berbagai negara.

Berikut ini fakta menarik tentang pisang yang mungkin belum Anda ketahui, seperti dikutip dari Livestrong.

Bau pisang dapat menekan nafsu makan Anda
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Smell and Taste Treatment Research Foundation dan di Chicago, bau makanan tertentu ketika Anda lapar dapat mengelabui otak Anda untuk berpikir bahwa Anda sudah benar-benar makan. Salah satu bau makanan tersebut adalah pisang. Ini sangat bagus bagi Anda yang sedang dalam program diet untuk menurunkan berat badan. Dengan mencium bau pisang, Anda dapat mengerem nafsu makan Anda.

Pisang dapat meningkatkan kinerja atletik Anda
Mungkin ada alasan mengapa sebagian besar atlet terbaik dunia cinta pisang. Olympian Yohan Blake dikabarkan makan 16 pisang sehari. Sebuah studi terbaru dari University’s Human Performance Lab menemukan bahwa mengkonsumsi setengah pisang setiap 15 menit selama uji coba waktu bersepeda sama efektifnya dengan minum karbohidrat, seperti minuman olahraga setiap 15 menit. Jika Anda aktif, pisang merupakan pilihan untuk bahan bakar otot Anda sambil memberikan antioksidan dan nutrisi lain yang kekurangan minuman olahraga.

Pisang adalah salah satu buah yang paling murah
Ahli pisang Dan Koeppel kepada NPR pada tahun 2011, “Pisang adalah buah yang paling murah di supermarket, dan itu cukup aneh karena itu dikirim dari jarak yang jauh, dan itu membutuhkan banyak penanganan dan pendinginan, lebih dari apel.” Dr Mark J. Perry, profesor ekonomi di Universitas of Michigan menulis di website American Enterprise, “saya membeli empat buah pisang hari lain di Safeway lokal, dan melihat ketika saya membayar empat pisang hanya 95 sen, atau kurang dari 24 sen per pisang.” Pisang adalah buah yang murah dengan nutrisi dan manfaat kesehatan luar biasa.

Harga pisang menurun 37 persen sejak tahun 1980
Karena efisiensi yang lebih besar dalam produksi, distribusi, dan transportasi, harga pisang telah menurun terus selama 30 tahun terakhir. Dr Mark J. Perry, profesor ekonomi di University of Michigan menulis, “Harga panana hari ini, setelah disesuaikan dengan inflasi, yang 37 persen lebih rendah dari tahun 1980.” Perry menyebutkan bahwa pisang pertama kali diperkenalkan ke konsumen Amerika pada tahun 1876 di Philadelphia Centennial Exposition di mana mereka dijual hanya sepuluh sen. Dia menulis, “Dalam dolar hari ini, itu akan menjadi setara dengan $ 3.00 per pisang, atau 1.150% lebih mahal dari 24 sen saya dibayar di Safeway lokal”.

Pisang adalah diet yang ramah
Sebuah pisang ukuran sedang memiliki 110 kalori dan menyediakan 30 gram karbohidrat dan 3 gram serat. Sebuah pisang dapat memiliki 2-3 gram pati resisten (pisang hijau). Pisang sangat cocok dimakan 1 jam sebelum sebelum berolahraga.

96 persen keluarga Amerika membeli pisang setiap bulan
Menurut Laporan Lempert, rata-rata orang Amerika mengkonsumsi lebih dari 28 pon pisang setiap tahun, dengan lebih dari 96 persen keluarga membeli pisang setidaknya sekali setiap bulan. Dan Koeppel mengatakan bahwa, “Amerika makan banyak pisang apel dan jeruk gabungan.” Total produksi dunia tahunan diperkirakan 86 juta ton. Menurut Dewan Nasional Hortikultura India, India memimpin dunia dalam produksi pisang dengan output tahunan sekitar 14 juta ton (23 persen dari total produksi pisang dunia). Sebagian besar pisang India dan digunakan untuk konsumsi dalam negeri dan tidak diekspor ke negara lain. Negara-negara yang penghasil terkemuka lainnya adalah Brazil, Ekuador, Tiongkok, Filipina, Indonesia, Kosta Rika, Meksiko, Thailand dan Kolombia.

Pisang adalah buah yang serbaguna
Pisang adalah buah serbaguna yang luar biasa yang dapat dimakan langsung atau digunakan dalam resep makanan atau dipanggang. Pisang dapat diolah berbagai panganan tradisional maupun modern kelas bintang lima.

Pisang mengandung vitamin C
Hal ini biasanya jeruk dan stroberi yang datang ke pikiran ketika berpikir tentang Vitamin C, tapi satu porsi pisang menyediakan 15 persen dari kebutuhan harian untuk vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan penting yang membantu menetralkan radikal bebas yang merusak dan membantu mengatasi peradangan sistemik. Pisang juga membantu memproduksi kolagen yang pada otot, tulang dan jaringan lain secara bersama-sama. Vitamin C membantu menjaga pembuluh darah sehat dan diperlukan secara optimal menyerap zat besi dan asam folat.

Pisang kaya akan vitamin B6
Pisang mengandung 20 persen dari kebutuhan harian vitamin B6. Vitamin B6 membantu tubuh membuat asam amino nonesensial untuk membuat sel-sel sehat. Pisang juga membantu memproduksi insulin, hemoglobin dan antibodi yang membantu melawan infeksi.

Pisang bagus untuk pencernakan
Pisang yang besar dimakan membuat lambung cepat mencerna dan saluran pencernaan bagian atas. Itu sebabnya pisang bagian dari diet BRAT klinis (pisang, beras, applecause dan roti kering) yang merupakan rencana daftar diet ahli gizi, digunakan ketika pasien memiliki diare akut. Pisang juga salah satu buah pertama yang diperkenalkan kepada anak-anak ketika mereka mulai makan makanan padat.

Kalium pada pisang penurun tekanan darah tinggi
Sebuah pisang ukuran sedang memiliki 422 mg kalium dan bebas natrium. Tingginya kalim pada pisang menetralkan natrium membantu untuk menetralisir tekanan darah, meningkatkan efek natrium dalam diet Anda. Berbagai studi menunjukkan bahwa mereka yang memiliki diet kaya kalium cenderung mengurangi tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko stroke. Orang dewasa membutuhkan 4.700 miligram kalium setiap hari, sehingga pisang berukuran sedang menyediakan hampir 10 persen dari kebutuhan kalium harian.

Pisang dapat membantu Anda merasa bahagia
Sebuah pisang kecil memberikan 27 mg magnesium, yang dapat membantu meningkatkan suasana hati. Pria dan wanita masing-masing membutuhkan 420 mg dan 320 mg magnesium per hari. Rendahnya tingkat mineral ini terkait dengan depresi, kecemasan, mudah tersinggung dan gangguan mood lainnya. Karena banyak dari kita tidak mendapatkan cukup magnesium dalam makanan kita, pertimbangkan pisang sebagai pilihan untuk mencukupi kebutuhan magnesium supaya merasa bahagia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: