10 Anak yang Mengubah Dunia


Anak-anak adalah aset yang tak ternilai harganya. Anak-anak adalah penerus bangsa dimana mereka adalah generasi yang mewarisi segala hal dari generasi sebelumnya. Sebagai generasi penerus, selayaknya anak-anak ditempatkan pada posisi yang baik. Anak-anak seharusnya mendapatkan pendidikan yang layak supaya mereka nanti bisa melanjutkan pemimpin pendahulunya.

Namun, tak semua anak di dunia ini mendapatkan apa yang seharusnya mereka perlukan. Kesehatan yang seharusnya didambakan anak, pendidikan yang bagus, serta hal-hal lain yang menunjang masa depan mereka. Meskipun mereka ini tidak dapat menikmati masa kanak-kanak yang menyenangkan namun bukan berarti mereka ini lemah. Justru dengan penderitaan yang mereka alami beberapa diantara mereka bangkit dan ingin membuktikan bahwa mereka ini tidak lemah dan tidak diperdaya oleh kaum penguasa.

Beberapa anak membuktikan bahwa mereka bisa melakukan hal-hal yang di luar dugaan orang dewasa. Mereka bisa melakukan apa yang tidak bisa dilakukan oleh orang dewasa. Bahkan mereka bisa melakukan apa yang bisa mereka lakukan untuk dapat mengubah dunia, terutama pada teman-teman sebayanya yang mempunyai nasib sama atau teman-temanya yang kurang beruntung seperti dia.

Berikut ini 10 anak yang mengubah dunia, seperti dikutip dari The Richest.

Baca juga: 10 Pria yang Mengubah Dunia dan 10 Wanita yang Mengubah Dunia.
10. Adele Ann Taylor
anak mengubah dunia10Adele’s Literacy Library (ALL) didirikan setelah Adele berusia 13 tahun menyadari bahwa beberapa teman-teman sekelasnya mengalami kesulitan membaca, yang menginspirasinya untuk meluncurkan organisasi nirlaba sendiri untuk membantu orang lain belajar membaca. ALL telah membantu sekitar 25.000 orang meningkatkan kemampuan membaca mereka. Selain dana beasiswa sekolah tinggi, ALL juga menyumbangkan buku untuk amal dan sekolah-sekolah dan membantu dalam pembangunan sekolah bertenaga surya di Kenya.

9. Ryan Hreljac
anak mengubah dunia9Sementara sebagian besar anak berumur 6 tahun menghabiskan uang saku mereka untuk membeli jajanan atau mainan, berbeda dengan Ryan Hreljac memutuskan untuk menggunakan uang sakunya yang bisa bermanfaat pada orang lain. Pada tahun 1998, salah satu guru Hreljac menginformasikan kelasnya di sebuah sekolah di Afrika, air bersih langka. Ia memutuskan mengumpulkan uang untuk membangun sumur di Afrika, yang menurutnya akan menelan biaya sekitar $ 70. Ketika ia menyadari bahwa biaya membengkak menjadi $ 2.000, ia mulai berbicara di depan umum untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah di Afrika, yang mengakibatkan tidak hanya satu sumur yang dibangun di Uganda, tapi juga di seluruh dunia yang disebut Ryan Nah Foundation, berkomitmen untuk meningkatkan kehidupan di Afrika. Sampai saat ini yayasannya telah menyelesaikan 927 proyek, dengan 836.751 orang yang telah mendapatkan manfaat dari proyek ini.

8. Alex Scott
anak mengubah dunia8Didiagnosis dengan neuroblastoma pada saat ulang tahun pertamanya, Alexandra Scott adalah pendiri “Alex Lemonade Stand”. Gadis kecil ini menjual limun di usianya yang masih belia, yaitu empat tahun. Scott memiliki sesuatu yang sedikit berbeda dalam pikiran dimana ia mengumpulkan uang untuk Rumah Sakit Anak Philadelphia. Gadis belia yang baik hati ini meninggal pada tahun 2004, dia meninggalkan warisan dalam bentuk organisasi di seluruh dunia, setelah mengangkat sekitar $ 500 juta dolar untuk penelitian kanker. Anak-anak di seluruh dunia meneruskan karyanya dengan membuka stand limun di kampung halaman mereka sendiri.

7. Nkosi Johnson (terlahir Xolani Nkosi)
anak mengubah dunia7Lahir dari ibu positif HIV/AIDS, Nkosi Johnson lahir dengan virus fatal. Diadopsi ketika ia berusia tiga tahun, Johnson mendapat perhatian media ketika ia ditolak saat mendaftar ke sekolah. Akibatnya, ia menjadi advokat untuk korban HIV/AIDS, mengumpulkan kesadaran dan hak yang sama bagi mereka yang menderita virus mematikan ini. Ia meninggal pada usia muda 12 tahun, ingatannya hidup dalam bentuk yang aman bahwa ia dibangun dengan ibu angkatnya. Nkosi’s Haven berfungsi sebagai tempat penampungan bagi mereka yang hidup dengan HIV/AIDS.

6. Om Prakash Gurjar
anak mengubah dunia6Karena keadaan ekonomi keluarganya yang sangat sulit, Om Prakash Gurjar bekerja sebagai buruh paksa dari usia lima sampai ia berusia delapan tahun. Ketika anggota kelompok aktivis Bachpan Bachao Andolan bepergian ke India, mereka tiba Om Prakash Gurjar, yang tertarik pada ide kebebasan konsep yang asing bagi keluarga Gurjar. Setelah kebebasannya dari kerja paksa, Gurjar melanjutkan kampanye untuk hak-hak anak, sehingga menerbitkan 500 sertifikat kelahiran untuk anak-anak India, menyediakan mereka dengan hak untuk pendidikan gratis. Ia dianugerahi Hadiah Perdamaian Anak Internasional pada tahun 2006 ketika ia baru berusia 13 tahun.

5. Louis Braille
anak mengubah dunia5Setelah kecelakaan di toko ayahnya menyebabkan dia kehilangan dua mata pada usia muda dari tiga bersaudara. Ia kehilangan penglihatan total pada usia lima tahun. Louis Braille terdaftar di Royal Institute for Blind Youth di Paris, di mana ia melanjutkan menciptakan huruf braille, yang merupakan cara membaca dan menulis untuk orang buta. Meskipun karyanya hanya sebagian besar diadopsi setelah kematiannya, metode yang menggunakan sistem titik timbul tersebut, bisa digunakan oleh orang tanpa melihat cara untuk belajar membaca dan menulis, mengubah dunia bagi mereka dengan gangguan mata, menyebabkan kualitas hidup yang lebih baik untuk orang buta.

4. Cassandra Lin
anak mengubah dunia4Pada tahun 2008, Cassandra Lin meluncurkan proyek Project Turn Grease Into Fuel (TGIF) saat Lin berusia sepuluh tahun. Gadis asal Rhode Island ingin melakukan sesuatu untuk membantu masyarakat, ia juga khawatir tentang pemanasan global yang kian mengkhawatirkan, yang mengakibatkan program TGIF yang tujuannya adalah untuk mendaur ulang minyak goreng dan mengubahnya menjadi biodiesel, yang kemudian disumbangkan ke perusahaan yang menyediakan pemanas untuk keluarga yang membutuhkan. Di Rhode Island setiap restoran wajib mendaur ulang minyak goreng mereka. Lin, seorang delegasi dari Program Lingkungan PBB, memiliki proyek lain dalam karya, ia ingin merancang sebuah komunitas tanpa limbah.

3. Anne Frank
anak mengubah dunia3Salah satu dari 1,5 juta anak (1,2 dari yang Yahudi) yang kehilangan nyawa mereka karena bencana, Anne Frank dikenal saat ini untuk buku hariannya, yang diterbitkan oleh ayahnya, Otto Frank, pada tahun 1947. Buku harian yang diterbitkan ini terjadi pada 1942-1944. Frank, yang pada saat itu berusia 13 tahun menghabiskan dua tahun bersembunyi di Amsterdam. Ditemukan pada tahun 1944, Frank kehilangan hidupnya untuk tifus di kamp konsentrasi Bergen-Belsen pada tahun 1945. Mengungkap pandangan mustahil pada manusia, Frank menulis tidak hanya meningkatkan kesadaran akan bencana, tetapi juga mengungkapkan seorang gadis muda yang sangat berani dimasukkan ke dalam sebuah bunker pada situasi perang saat itu.

2. Iqbal Masih
anak mengubah dunia2Ketika kebanyakan anak masuk ke sekolah TK, Iqbal bangun pagi untuk memulai hari sebagai buruh budak di pabrik karpet di Pakistan, dimana ia kemudian akan bekerja sampai larut malam. Iqbal dijual saat ia berusia empat tahun untuk membayar hutang orang tuanya, Iqbal lolos perbudakan anak dua kali, bergabung memerangi pekerja anak sebagai anggota dari Front Pembebasan Serikat Buruh atau Bonded Labour Liberation Front (BLLF). Setelah membebaskan lebih dari 3.000 anak-anak dari kerja paksa, Iqbal ditembak di kepalanya dan dibunuh pada usia 12 tahun.

1. Malala Yousafzai
anak mengubah dunia1Sebelum ia selamat ditembak di kepala saat naik bus sekolah di Pakistan, Malala Yousafzai sudah relatif dikenal karena penerbitan buku hariannya di BBC Urdu. Kata-katanya mengungkapkan bahwa dia bergairah tentang pendidikan perempuan, meskipun upaya Taliban untuk menekan pendidikan perempuan di Pakistan Barat Laut (Swat Valley). Target untuk aktivitasnya, Yousafzai selamat dari serangan tersebut, dan sejak itu ia telah dianugerahi Hadiah Noble Perdamaian untuk advokasinya untuk pendidikan perempuan di Pakistan. Ia adalah individu termuda yang pernah menerima penghargaan bergengsi dunia ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: