Manfaat Air Mawar yang Mungkin Belum Anda Ketahui


Foto: tipsandbeauty.com

Foto: tipsandbeauty.com

Siapa yang tidak kenal dengan mawar. Bunga yang satu ini banyak dicari oleh mereka yang sedang jatuh cinta. Pasalnya, mawar biasanya dijadikan alat untuk menyatakan cinta pada seorang pria kepada wanita pujaannya. Mawar juga banyak digunakan pada beberapa acara keagamaan dan untuk dibawa ke kuburan. Mawar juga biasa dipakai pada dekorasi pelaminan pengantin.

Bunga dari gerus Rose ini dipercaya bisa memberikan perasaan tenang bagi yang menciumnya. Mawar membuat siapa saja yang menciumnya merasakan sensasi keharuman yang tiada tara. Namun, meskipun mawar sangatlah indah dengan berbagai warna, ternyata mawar bisa melukai siapa saja yang ingin merusaknya dengan duri-durinya yang tajam.

Mawar tak hanya indah dan harum saja, ternyata mawar juga punya manfaat lain yang tak kalah dengan kecantikan parasnya. Jika Anda tidak ingin repot memetik mawar segar, Anda bisa membelinya di toko-toko kosmetik atau apotek. Air mawar dipercaya mempunyai beberapa manfaat yang sudah dikenal berabad-abad, seperti dikutip dari Bold Sky berikut ini.

Mengatasi sengatan matahari
Kulit yang terkena sinar matahari bisa terasa pedih dan iritasi. Oleskan beberapa tetes air mawar pada daerah yang terkena sinar matahari. Air mawar ini bisa digunakan untuk tabir surya.

Toner
Menggunakan toner yang mengandung air mawar dapat menyingkirkan keriput dan jerawat. Jadi, jika Anda ingin kulit tetap mulus dan tidak keriput, gunakan toner dari air mawar ini. Bagi Anda para wanita yang sudah berumur kepala empat bisa dicoba. Pastikan cairan tidak masuk ke mata Anda.

Mengatasi gigitan serangga
Air mawar dapat menyembuhkan gigitan serangga. Oleskan beberapa tetes air mawar pada kulit di mana Anda terkena gigitan serangga. Anda juga bisa membuat pasta mawar dengan cara meremas-remasnya kemudian oleskan pada daerah yang digigit serangga seperi semut, nyamun, atau sengatan lebah. Air atau pasta mawar ini bisa mengurangi rasa sakit dan mengatasi agar gigitan atau sengatan serangga tidak bengkak dan tidak meluas ke bagian tubuh yang lain.

Menghapus make up
Anda dapat menggunakan air mawar untuk menghapus make up pada wajah. Campur air mawar dan minyak jojoba dalam proporsi yang sama dan usapkan pada make up yang akan dibersihkan. Ini adalah penggunaan air mawar untuk perawatan kecantikan.

Mengatasi iritasi wajah
Ketika kulit Anda terasa teriritasi karena jerawat, cuci muka menggunakan air yang berisi beberapa tetes air mawar. Hal ini dapat mengurangi iritasi karena jerawat yang membengkak.

Mengatasi bau badan
Campur beberapa tetes air mawar dan minyak melati. Oleskan beberapa tetes campuran ini pada tubuh Anda untuk menyingkirkan bau badan. Campuran ini bisa membuat badan Anda selain terbebas dari bau juga akan terasa segar kembali.

Mengatasi kulit berminyak
Kulit berminyak memang menyebalkan, terutama pada kulit muka. Bersihkan muka secara teratur dengan air mawar supaya terbebas dari kilau minyak pada wajah yang seperti penggorengan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: