10 Bunga Cantik yang Mematikan


Jangan anggap yang cantik dan indah itu selalu lemah. Memang, kelihatannya secara fisik lemah, namun bisa jadi justru mempunyai kekuatan yang luar biasa. Jika si cantik ini diganggu maka ia akan melawan. Bukan melawan secara fisik, namun melawan dengan menggunakan senjata rahasia yang bisa menaklukkan siapa saja yang akan menganggunya. Bahkan jika si cantik ini sedang marah bisa membunuh yang mengganggunya.

Si cantik yang lembut dan kelihatan lemah yang dimaksud adalah bunga. Bunga-bunga yang cantik ini ada yang liar dan ada juga yang sudah dipelihara atau dibudidayakan. Mereka memang sangat cantik. Tak banyak yang mengira jika bunga-bunga ini ternyata mempunyai racun yang bisa mematikan.

Berikut ini 10 bunga yang cantik namun mematikan karena racun yang dimilikinya, seperti dikutip dari The Richest.

10. Hemlock beracun
bunga mematikan10Hemlock beracun (Conium maculatum), dikenal sebagai tanaman yang mengakhiri kehidupan Socrates. Tanaman ini masih dalam keluarga wortel. Racun dari tanaman ini adalah alkaloid yang disebut coniine. Sakit perut, mual dan muntah merupakan gejala awal yang terkait dengan Hemlock yang dikonsumsi. Pada akhirnya juga dapat menyebabkan kelumpuhan dan kematian.

9. Camas mematikan
bunga mematikan9Bunga ini dari keluarga Lily. Tak sedikit lily yang ditanam di pot atau vas bunga untuk mempercantik rumah. Tapi kebanyakan orang tidak menyadari bahwa banyak spesies lily mengandung racun. Dengan nama seperti Death Camas dan Zigadenus adalah jenis bunga dalam keluarga lily yang cantik namun mematikan. Racun camas bisa mematikan ternak yang merumput memakan bunga putih ini. Ternak yang makan camas akan berbuih pada mulutnya, mual, dan muntah dan mati beberapa jam setelah makan tanaman ini.

8. Foxglove
bunga mematikan8Foxglove (Digitalis purpurea) berwarna ungu cantik adalah bunga yang menghiasi banyak taman di Eropa. Namun, tanaman ini sekarang dianggap sebagai gulma karena tumbuh dengan cepatnya di alam liar. Semua bagian tanaman ini beracun, mengandung zat-zat seperti Deslanoside, digitoksin dan Digitalis glikosida. Racun-racun ini bekerja pada otot jantung dan jika tanaman ini tertelan dapat menyebabkan bahaya serius, termasuk sakit kepala, detak jantung tidak teratur, muntah dan kematian.

7. Akar ular putih
bunga mematikan7Akar ular putih (Ageratina altissima), tanaman yang paling terkenal karena diduga menyebabkan kematian ibu Presiden Lincoln, tumbuh di banyak daerah Amerika Utara. Bunga yang berwarna putih kecil ini diketahui menyebabkan kematian pada binatang pemakan rumput yang mengkonsumsi dosis kecil baik dari waktu ke waktu atau satu dosis besar. Meskipun ternak seperti sapi yang makan tanaman ini tidak mati, namun jika susu yang dihasilkan dari sapi tersebut dikonsumsi oleh manusia maka akan berdampak buruk pada kesehatannya.

6. Oleander
bunga mematikan6Oleander (Nerium oleander), bungan yang berwarna pink ini sangat cantik. Orang tak menyangka jika bunga cantik ini mengandung racun yang disebut Cardenolide Glikosida Pose. Jangan sampai bagian dari tanaman ini tertelan atau memotong-motongnya untuk digunakan sebagai kayu bakar atau perapian. Asap dari pembakaran oleander adalah beracun. Lebih gila lagi, Anda dapat diracuni dengan makan madu yang dibuat oleh lebah yang menyerbuki tanaman ini.

5. Baneberry putih
bunga mematikan5Baneberry putih lebih dikenal sebagai mata boneka. Tanaman ini tumbuh liar seperti halnya semak-belukar. Semua bagian tanaman menimbulkan risiko kesehatan potensial bagi manusia dan hewan, dengan buah dari tanaman yang mengandung sebagian besar bahan beracun. Bunga dari tanaman ini lucu sehingga menggoda siapa saja yang berjalan di sekitar tanaman ini.

4. Terumpet malaikat
bunga mematikan4Bunga yang berbentuk terumpet ini adalah tanaman asli Amerika Selatan yang kini tumbuh bebas di alam liar di seluruh Amerika Utara. Seluruh tanaman mengandung zat beracun seperti tropane alkaloid skopolamin dan atropin. Ketika tertelan dalam jumlah besar kadang-kadang dilakukan dengan menggunakan bagian tanaman untuk teh herbal dengan efek halusinogen namun dapat menyebabkan kematian. Tanaman ini sering disebut juga dengan kecubung.

3. Wolfsbane
bunga mematikan3Bunga yang berwarna ungu ini memang sangat indah. Wolfsbane, atau Setan Helm, keindahan hanya kulit luarnya saja. Bunga dengan spesies Aconitum genus dari keluarga buttercup menghasilkan racun yang cukup untuk membunuh manusia dan binatang.

2. Nightshade mematikan
bunga mematikan2Dengan nama-nama seperti Deadly Nightshade dan Devils Berries, tak seorang pun harus dalam keraguan tentang sifat bunga jahat ini. Sesuai dengan namanya, seluruh tubuh tanaman ini mengandung racun mematikan yang disebut tropane alkaloid. Ketika tertelan, beberapa alkaloid dapat menyebabkan delirium dan halusinasi, kesulitan bernapas dan kejang-kejang.

1. Opium Poppy
bunga mematikan1Bisa dibilang tidak ada tanaman berbunga lainnya telah melakukan lebih banyak kerusakan orang di seluruh dunia dari Opium Poppy (Papaver somniferum). Terkenal di dunia sebagai narkotika yang digunakan untuk produksi heroin, sebagai alat perang seperti dalam kasus Perang Opium dari 1839-1842 dan 1856-1860. Tanaman ini menghasilkan alkaloid seperti morfin yang berfungsi sebagai dasar untuk produksi heroin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: