10 Kata Dalam Bahasa Inggris yang Sering Digunakan


Kata "member" salah satu kata yang sering digunakan dalam percakapan

Kata “member” salah satu kata yang sering digunakan dalam percakapan

Bahasa adalah alat komunikasi antar individu. Bahasa yang sering digunakan dalam berkomunikasi bisa tertulis maupun lisan. Dalam bahasa lisan, tak jarang pada percakapan dijumpai istilah asing yang kita gunakan. Istilah tersebut adalah kata dalam bahasa asing. Kata dalam bahasa asing yang sering kita gunakan kebanyakan berasal dari Bahasa Inggris.

Meskipun dalam bahasa asing, namun karena sudah cukup familier maka kata tersebut seolah seperti Bahasa Indonesia. Bahkan ada yang tidak mengetahui jika kata tersebut berasal dari bahasa asing. Beberapa alasan kenapa tak sedikit orang sering menggunakan kata dalam bahasa asing. Alasan ikut-ikutan adalah yang paling banyak dilakukan. Mereka mengikuti tren bahasa dalam pergaulan mereka.

Alasan lain adalah karena sulit mencari padanan kata dalam Bahasa Indonesia. Jadi tak sepenuhnya menggunakan bahasa asing dalam percakapan. Hanya kata tertentu yang digunakan karena alasan ketidakcocokan arti jika diucapkan dalam Bahasa Indonesia. Setiap bahasa mempunyai ciri khas dan tak semua kata dalam bahasa tertentu bisa diartikan dalam bahasa lain. Ciri khas tersebut menjadikan keragaman bahasa yang ada di dunia ini.

Dalam dunia kerja tak sedikit kata dalam bahasa asing yang dipadukan dengan kata dalam Bahasa Indonesia dalam satu kalimat. Perpaduan antara kata dalam bahasa asing dan kata dalam Bahasa Indonesia ini sudah biasa digunakan dalam percakapan di dalam bisnis. Dalam percakapan sehari-hari pun sering digunakan meskipun di luar bisnis.

Berikut ini kata-kata dalam Bahasa Inggris yang sering digunakan orang dalam percakapan sehari-hari yang dipadukan dengan kata dalam Bahasa Indonesia.

1. Pending
Kata pending dalam Bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai tertunda. Kata pending sering digunakan dalam tetepon seluler. Kata pending dikaitkan dengan suatu pesan yang belum sampai pada penerimanya. Pesan tersebut bisa dari pesan singkat (SMS),pesan singkat multimedia (MMS), BlackBerry Messenger (BBM), WhatsApp (WA), atau aplikasi percakapan yang lain. Contoh dalam kalimat: “SMS-ku dari pagi tadi masing pending, apa HP-nya mati ya?”

2. Chating
Kata chating dalam Bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai percakapan. Percakapan jarak jauh dimana antar orang yang bercakap-cakap menggunakan bahasa tertulis. Chating dilakukan bisa antar daerah dalam satu negara maupun antar negara. Kata chating sendiri tidak asal melakukan percakapan tertulis, namun menggunakan media. Media yang digunakan biasanya adalah jaringan nirkabel. Internet adalah jaringan yang biasanya digunakan untuk chating. Aplikasi yang digunakan saat ini bisa media sosial seperti Facebook dan Yahoo messenger (YM). Sementara untuk aplikasi yang ada di ponsel pintar saat ini antara lain BBM, WA, KakaoTalk, Line, dll. Contoh dalam kalimat: “Untuk informasi lebih lengkap tentang dia nanti kita chating saja di BBM.”

3. Share
Kata share dalam Bahasa Indonesia diartikan membagi, untuk shared (kata kerja bentuk ketiga) diartikan dibagi. Kata ini cukup populer akhir-akhir ini. Yang mempopulerkan adalah netizen yang biasanya menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, Piterest, dll. Berita atau tulisan yang ada di internet pada bagian bawah biasanya ada tulisan share. Ini artinya pembaca bisa membagi tulisan tersebut ke media sosial yang diinginkan sesuai dengan yang tertera. Dengan cara share ini maka suatu berita atau tulisan dapat dilihat atau dibaca oleh banyak orang dengan mudah. Contoh dalam kalimat: “Tolong tulisan tadi di-share ya biar banyak yang baca!”

4. Invite
Kata invite dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai undang atau mengundang. Kata invite populer karena aplikasi chating BlackBerry Messenger (BBM). Pada aplikasi BBM, orang bisa melakukan chating jika sudah menjadi teman. Untuk menjadi teman, maka harus diundang dulu (invite) dengan PIN. Contoh dalam kalimat: “Tolong invite PIN temanku ini ya!”

5. Online
Kata online dalam Bahasa Indonesia bisa diartikan sedang berlangsung membuka situs dalam artian orang yang saat ini menggunakan internet. Kata online sendiri hanya bisa digunakan hanya dalam bahasa di internet. Meskipun secara langsung, jika tidak berkaitan dengan internet maka tidak digunakan kata online. Misalkan saat ini yang sedang online Facebook ada 10, artinya pada saat saya membuka Facebook, teman dalam Facebook saya yang sama-sama sedang membuka Facebook ada 10 orang. Contoh dalam kalimat: “Ternyata meskipun sudah larut malam yang online masih banyak juga.”

6. Live
Kata live dalam Bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai secara langsung. Meskipun maknanya sama-sama secara langsung, berbeda dengan kata online, kata live digunakan tidak untuk di internet. Kata live digunakan dalam penyiaran, misalkan reporter televisi menyiarkan berita secara live atau suatu pertandingan yang disiarkan secara live. Contoh dalam kalimat: “Nanti malam ada pertandingan sepakbola yang disiarkan live di TV-22.”

7. Follow
Kata follow dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai ikuti atau mengikuti. Kata follow populer karena jejaring sosial Twitter. Orang yang ingin mengikuti apa yang ditulis oleh orang lain pada akun Twitter yang disebut dengan Tweet atau kicauan, maka orang tersebut terlebih dahulu harus klik follow akun orang yang akan diikuti kicauannya. Ternyata tak hanya Twitter saja yang mempunyai istilah follow, Facebook juga demikian. Jika seseorang ingin mengetahui apa yang dikatakan orang dalam status, komentar, dll dalam akun Facebook, maka orang tersebut harus klik follow pada akun orang yang akan diikuti. Contoh dalam kalimat: “Untuk info lebih lanjut follow akun twitter saya ya!”

8. Like
Kata like dalam Bahasa Indonesia diartikan suka atau menyukai. Kata like populer karena media sosial Facebook. Pada Facebook, orang yang menulis status, memberi komentar, atau mengunggah foto atau video pada bagian bawah ada tombol like yang menyatakan menyukai terhadap status, komentar, atrau foto dan video. Kata like juga digunakan untuk menyatakan suka pada fun page pada facebook. Kata like juga digunakan pada media sosial yang lain seperti Youtube. Pada blog seperti WordPress juga ada tombol like. Mereka yang bisa menggunakan tombol like ini yang sama-sama mempunyai akun di media sosial tersebut. Contoh dalam kalimat: “Sudah ada lebih dari 100 orang yang like status kontroversial itu.”

9. Chef
Kata chef dalam Bahasa Indonesia diartikan koki. Kata chef ini populer pada tayangan di televisi pada acara masak-memasak. Jarang sekali bahkan bisa dibilang tidak ada acara televisi tentang masak-memasak yang menyebut pembawa acaranya atau yang tukang memasaknya disebut dengan koki, namun dengan kata chef. Di restoran-restoran baik restoran dalam negeri maupun asing kata chef lebih tenar dari pada koki untuk menyebut juru masak, bahkan kata koki menjadi tenggelam tak digunakan lagi. Contoh dalam kalimat: “Chef Rudi paling jago masak ikan.”

10. Member
Kata member dalam Bahasa Indonesia diartikan anggota. Kata member lebih banyak digunakan dari pada kata anggota akhir-akhir ini. Misalkan member klub golf atau member klub kebugaran. Kata member sering dirangkai dengan kata card yang artinya kartu. Misalkan jika ingin mendapatkan diskon maka harus memiliki member card atau kartu member toko. Contoh dalam kalimat: “Jika Ibu ada kartu member, maka Ibu mendapat diskon sampai 50%, namun jika tidak diskon hanya 10%.”

Sebenarnya masih banyak kata dalam Bahasa Inggris yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, namun saya ulas 10 saja yang sering saya dengar dan saya gunakan. Jika Anda mengetahui yang lain, Anda bisa menuliskan pada kolom komentar.

Iklan

One response

  1. konten yang menarik dan update sekali , Gan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: