Mengenal Vitamin B8 dan Manfaatnya


Foto: cook13.com

Foto: cook13.com

Tubuh kita membutuhkan nutrisi dari makanan yang kita makan. Nutrisi yang kita butuhkan antara lain karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin. Vitamin dibutuhkan tubuh kita lebih sedikit dari pada zat yang lain seperti karbohidrat dan protein. Meskipun lebih sedikit, namun harus kita penuhi. Kebanyakan vitamin dalam tubuh tidak bisa disimpan, namun dibuang.

Salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita adalah vitamin B8. Tidak banyak yang tahu mengenai vitamin ini. Vitamin B8 atau Inositol, memberikan kontribusi untuk fungsi normal dari sel-sel dalam tubuh kita. Vitamin B8 hadir dalam berbagai bentuk. Vitamin ini juga tersedia dengan nama IP6 atau myo-inositol. Vitamin ini larut dalam air dan ditemukan di dalam otak, hati, jantung, limpa, lambung dan ginjal.

Setiap vitamin mempunyai manfaat sendiri dalam tubuh kita, termasuk vitamin B8. Berikut ini manfaat vitamin B8, seperti dikutip dari Thehealthsite.

Efektif dalam penurunan berat badan

Pada tingkat sel, vitamin B8 membantu dalam pemecahan efisien lemak dan lipid transportasi dari sel. Hal ini pada gilirannya mengaktifkan metabolisme tubuh, yang menyebabkan penurunan berat badan. Inositol juga meningkatkan kadar kolesterol HDL yang baik, pada saluran halus darah melalui arteri.

Kontrol hipertensi

Vitamin B8 dapat mengontrol tekanan darah, karena aliran darah yang efektif melalui arteri. Kontribusi manajemen suasana hati juga menangani penyebab hipertensi pada individu.

Membantu mengatasi depresi dan gangguan psikologis lainnya

Karena respon yang efektif pada neurotransmitter, inositol memicu produksi serotonin, sebuah pemancar penting yang mengontrol suasana hati. Studi telah dilakukan selama periode waktu efek vitamin B8 pada serotonin. Dengan demikian, Vitamin B8 membantu mengatasi psikosomatis dan gangguan psikologis seperti depresi, gangguan panik dan bipolar.

Memberikan bantuan dengan PCOS

Wanita bisa terkena Sindrom ovarium polikistik (PCOS), vitamin B8 dapat mengatasinya. PCOS adalah hasil dari ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan peningkatan produksi hormon pria pada wanita, menyebabkan kenaikan berat badan, infertilitas, kista ovarium dan siklus haid yang tidak menentu. Asupan inositol telah menunjukkan bantuan yang signifikan dari kondisi, seperti vitamin memungkinkan peningkatan ovulasi dan penurunan berat badan. Beberapa penyedia layanan kesehatan merekomendasikan D-Chiro-inositol sebagai pengobatan yang efektif untuk PCOS.

Meningkatkan fungsi kognitif

Karena kontribusi besar untuk lebih kerja neurotransmitter, inositol terbukti membantu dalam meningkatkan fungsi kognitif. Ada laporan dari proses berpikir yang lebih baik dan gaya hidup aktif setelah intake. Efek ini sebagian disebabkan oleh kenyataan bahwa vitamin B8 memiliki sifat meningkatkan suasana hati.

Jumlah asupan vitamin B8

Inositol atau vitamin B8 dapat dikonsumsi tanpa efek samping besar. Asupan optimal untuk pemula harus berada antara 500 mg sampai 2 g, tergantung pada kebutuhan. Lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter Anda jika terjadi kondisi medis yang sudah ada sebelumnya untuk mendapatkan dosis yang tepat. Beberapa orang menggabungkan vitamin B8 dengan suplemen kolin. Disarankan untuk menggunakan dosis kombinasi di bawah pengawasan medis.

Makanan sumber vitamin B8 atau inositol antara lain: daging sapi, sereal, beras, jeruk, sayuran berdaun hijau, kedelai, kacang-kacangan, biji-bijian, dan hati.

Kekurangan vitamin B8 dapat menyebabkan gangguan memori, eksim, penyakit hati, sembelit, masalah penglihatan, rambut rontok, dan meningkatan kolesterol.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: