Gejala dan Cara Menyembuhkan Prediabetes


Foto: way2healthcare.com

Foto: way2healthcare.com

Menurut DiabeticEdukator, prediabetes atau pra diabetes adalah apabila kadar glukosa darah seseorang lebih tinggi daripada biasa tetapi tidak cukup tinggi untuk menjadi diabetes tipe 2. Hasil pemeriksaan Gula Darah Plasma Puasa (GDP Plasma) normal dibawah 100 mg/dl, sedangkan pada prediabetes berkisar antara 100-125 mg/dl, Jika meningkat diatas 126 mg/dl, maka dikategorikan dalam Diabetes.

Pemeriksaaan A1c adalah Suatu pemeriksaan darah yang memberikan jumlah rata-rata glukosa dalam darah dalam jangka 3-4 bulan. A1c normal 5.6% atau kurang. Dalam prediabetes, nilai A1c antara 5.7% -6.4%. Jika nilai A1c 6.5% atau lebih, seseorang dikategorikan dalam Diabetes.

Meskipun belum sampai tahap menderita diabetes tipe 2, namun bagi Anda yang sering mengalaminya harus berhati-hati. Apalagi jika dalam keluarga Anda terdapat riwayat ada yang menderita diabetes. Pola makan harus tetap dijaga, kurangi makanan yang mengandung tinggi gula dan lemak. Karena, bagi orang yang mempunyai riwayat dalam keluarga menderita diabetes tipe 2, maka keturunannya akan berisiko 6 kali.

Jadi, jika Anda menjaga kesehatan Anda pada tahap pra diabetes, Anda dapat menghindari pra diabetes Anda untuk berkembang menjadi diabetes tipe 2. Dengan mengkonsumsi makanan sehat dan melakukan latihan fisik secara teratur Anda dapat mengembangkan gaya hidup sehat.

Berikut ini gejala dan cara mengatasi prediabetes, seperti dikutip dari Bold Sky.

Gejala prediabetes
Kadang-kadang mungkin tidak ada gejala pra diabetes. Namun, jika Anda melihat kulit gelap pada beberapa bagian tubuh Anda seperti siku, buku-buku jari, leher, lutut dan ketiak maka Anda harus berhati-hati. Anda harus berkonsultasi dengan dokter supaya tidak berkembang menjadi diabetes tipe 2. Gejala seperti sering buang air kecil, haus meningkat, penglihatan kabur dan kelelahan adalah tanda awal dari diabetes tipe 2.

Orang dengan prediabetes bisa menjadi diabetes tipe 2 jika tidak mengurangi resiko terjadinya diabetes. Akan tetapi bagi orang dengan prediabetes yang mendapatkan perawatan lebih awal sebenarnya bisa mengembalikkan glukosa darah ke kadar yang normal. Berikut adalah beberapa cara untuk perawatan pra diabetes:

Aktivitas fisik adalah suatu keharusan
Perawatan untuk prediabetes adalah dengan menurunkan berat badan (BB) sekitar 7% dari BB atau mencapai BB ideal. Membuat kebiasaan untuk berolahraga selama sekitar 30-60 menit setiap hari. Berjalan-jalan biasa, berenang dan bersepeda juga membantu mengatasi pra diabetes. Anda juga dapat bergabung dengan klub kebugaran dan mulai dengan latihan moderat.

Kembangkan kebiasaan makanan sehat
Lebih berkonsentrasi pada makanan berserat dan menghindari kalori tinggi dan makanan berlemak tinggi. Mengkonsumsi makanan berbahan gandum, sayuran dan banyak buah-buahan segar adalah salah satu cara terbaik untuk menyembuhkan pra diabetes. Diet semacam ini juga dikenal sebagai diet Mediterania.

Buang kalori Anda
Salah satu cara yang paling efektif untuk menyembuhkan praediabetes adalah untuk menyingkirkan lemak pada tubuh Anda. Jika Anda mengalami obesitas, maka shedding hanya lima sampai sepuluh persen dari total berat badan Anda dapat mengurangi risiko diabetes pra Anda untuk melanjutkan ke tipe-2 penderita diabetes.

Anda dapat mencapai berat badan yang sehat dengan makan yang benar dan dengan sesi latihan reguler. Berat badan yang ideal mengarah ke jantung sehat, dorongan kepercayaan Anda dan energiAnda. Dengan mengingat keunggulan ini Anda dapat dengan mudah menginspirasi diri Anda untuk membuang lemak ekstra Anda.

Jika perlu minum obat
Jika indeks massa tubuh Anda lebih dari 35, usia Anda kurang dari 60 tahun dan Anda memiliki riwayat keluarga yang memiliki tipe-2 diabetes, maka Anda dapat diresepkan beberapa obat oleh dokter Anda. Kadang-kadang orang yang memiliki tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi juga dianjurkan untuk mengambil beberapa obat.

Iklan

One response

  1. Joaquin Deldonno | Balas

    Thank you a lot for sharing this with all people you really realize what you’re speaking about! Bookmarked. Please also visit my website =). We could have a hyperlink trade contract among us!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: