Ini Penyebab Infertilitas


Foto: merdeka.com

Foto: merdeka.com

Salah satu tujuan pernikahan adalah untuk mendapatkan keturunan. Dengan adanya keturunan diharapkan ada pewarisan dari orang tua kepada anaknya. Ada pasangan yang begitu menikah cepat mempunyai keturunan, namun ada yang susah mendapatkan keturunan. Bahkan ada yang sama sekali tidak mendapatkan keturunan.

Berbagai cara pasangan yang susah mendapatkan kurunan. Tak sedikit dari mereka yang ke dokter kandungan untuk berkonsultasi mengenai masalah ini. Tak jarang ada juga yang melalui jalur alternatif non medis seperti menggunakan ramuan herbal. Tak hanya itu saja ada yang sampai menempuh jalur bayi tabung karena lamanya tidak mempunyai keturunan.

Pasangan yang susah mendapatkan keturunan bisa jadi tidak subur atau faktor lain. Ketidaksuburan bisa dari pasangan wanita, pria, atau keduanya. Berikut ini hal-hal yang dapat menyebabkan ketidaksuburan, seperti dikutip dari Thehealthsite.

Laptop
Laptop adalah gadget yang sudah menjadi gaya hidup orang modern saat ini. Laptop adalah komputer jinjing yang bisa dibawa kemana-mana. Dengan jaringan Wi-Fi, user bisa berselancar di dunia maya. Kebiasaan yang tidak baik terutama pada pria adalah menggunakan laptop sambil dipangu di atas kedua paha. Hal ini yang dapat menyebabkan terganggunya kesuburan pada pria.

Kegemukan
Daftar penyakit yang terkait dengan obesitas banyak macamnya. Kegemukan atau obesitas merupakan penyebab utama infertilitas pada pria dan wanita. Pada pria, hal itu dapat mempengaruhi jumlah sperma dan pada wanita, ini dapat menyebabkan keguguran dan juga mengganggu siklus menstruasi mereka. Jika Anda ingin cepat mendapatkan keturunan, turunkan berat badan Anda menjadi ideal.

Merokok
Seperti obesitas, daftar penyakit yang terkait dengan merokok juga panjang. Efek bahaya yang ditimbulkan karena merokok salah satunya menyebabkan impotensi pada pria dan membuat sperma kualitasnya menjadi rendah. Sebuah laporan oleh British Medical Association menunjukkan bahwa perokok mungkin memiliki fekunditas bulanan 10-40 persen lebih rendah terkait dengan tingkat kesuburan.

Sabun triclosan dan deodoran
Unsur antibakteri dan antijamur yang umum disebut triclosan telah dikaitkan dengan infertilitas dan kondisi hormonal lainnya. Ada juga bukti yang cukup untuk menunjukkan bahwa senyawa tersebut tidak memiliki khasiat lebih besar daripada sabun biasa yang berarti itu akan menjadi ide yang baik untuk memeriksa sabun dan deodoran Anda bahan pada saat Anda berada di supermarket.

Pakaian ketat
Bagi pria, pakaian dalam yang ketat dan celana jean yang ketat tidak baik untuk sperma mereka. Logika di balik itu sederhana, skrotum pria adalah sedikit di bawah tubuhnya karena itu perlu lebih dingin dari sisa Anda, tetapi pakaian ketat meningkatkan suhu yang mempengaruhi produksi sperma.

Makanan berbasis kedelai
Kedelai adalah sumber yang kaya protein, dan sangat bagus untuk kesehatan Anda, tetapi para ilmuwan telah menemukan hubungan antara diet kaya kedelai dan jumlah sperma rendah. Meskipun bukan sesuatu yang Anda benar-benar harus hindari jika Anda memiliki jumlah sperma yang sehat, sudah pasti sesuatu yang Anda tidak harus lakukan dalam diet Anda.

Makanan susu rendah lemak
Sementara es krim dan susu sebenarnya baik untuk kesuburan Anda, sebuah penelitian telah menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi terlalu banyak makanan susu rendah lemak adalah 85% lebih mungkin untuk memiliki lebih masalah ovulasi. Jadi berhati-hati pada saat Anda membeli produk ini untuk mengurangi kalori.

Ponsel
Ponsel selalu dibawa kemana-mana saat bepergian. Yang menyebabkan ketidaksuburan, terutama pada pria adalah meletakkan ponsel yang tidak baik pada tubuh. Jangan meletakkan ponsel terlalu dekat dengan daerah pangkal paha, radiasi dari gelombang yang dipancarkan ponsel dapat mempengaruhi kualitas sperma Anda.

Permen
Permen adalah makanan yang banyak mengandung gula. Makan banyak permen dapat menyebabkan lonjakan insulin. Untuk mengatasi itu, kelenjar adrenal kita melepaskan adrenalin dan kortisol yang jika dirangsang terlalu sering dapat menyebabkan miskomunikasi dengan sistem endokrin Anda. Pasti tidak baik untuk kesuburan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: