10 Tips Sederhana Untuk Mengatasi Vertigo


Ilustrasi, foto: alodokter.com

Ilustrasi, foto: alodokter.com

Vertigo adalah suatu kondisi di mana ada perasaan berputar disertai mual, muntah, kehilangan keseimbangan, kelelahan, sakit kepala dan kadang-kadang tidak sadar. Setelah serangan vertigo, orang merasa lemah, tidak mampu berdiri, dan pusing.

Penyebab vertigo adalah masalah di dalam telinga bagian dalam atau infeksi virus di telinga bagian dalam (vestibular neuritis). Telinga bagian dalam atau aparat vestibular penting dalam menjaga keseimbangan tubuh. Penyebab lainnya adalah membangun cairan di telinga bagian dalam yang disebut penyakit Meniere, tekanan darah rendah atau tinggi, diabetes, tumor otak, cedera kepala atau leher dan juga kadar kolesterol tinggi.

Ada beberapa pengobatan rumah yang efektif untuk mengobati gejala vertigo. Namun Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab vertigo Anda. Mengetahui penyebabnya dapat membantu Anda untuk mengobati akar penyebab dan membebaskan Anda dari gejala.

Berikut ini tips untuk mengatasi vertigo secara alami, seperti dikutip dari Bold Sky.

1. Jus amla

Jus amla akan meringankan gejala vertigo seperti mual dan muntah. Minum jus amla berkali-kali dalam sehari. Jus amla ini juga kaya akan vitamin C yang akan membantu Anda untuk mengatasi dengan gejala lain juga.

2. Merica dan lemon

Serangan pertama vertigo adalah sakit kepala, mual dan pusing. Jika Anda mengalami hal ini dan tahu bahwa Anda mungkin akan mendapatkan serangan, campurkan garam atau merica dalam jus lemon hangat dan meminumnya. Ini akan mencegah serangan vertigo.

3. Jus seledri

Jus seledri sebagian besar digunakan untuk meringankan pusing dan perasaan lemah karena vertigo. Jus seledri sangat bergizi dan baik untuk seluruh kesehatan Anda. Minum jus seledri berkali-kali dalam sehari. Ini adalah salah satu obat rumahan untuk gejala vertigo.

4. Jahe

Jahe adalah obat untuk mual dan muntah. Jahe sangat efektif dalam mengobati gejala vertigo. Jahe meningkatkan aliran darah di otak dan dengan demikian menghilangkan Anda dari pusing dan berputar. Anda dapat membuat teh jahe untuk melindungi Anda dari serangan vertigo.

5. Minyak wijen

Minyak wijen adalah salah satu cara alami yang mudah dan efektif untuk mengobati vertigo. Campur minyak wijen dengan bubuk kapulaga dan tempelkan campuran ini di kepala Anda. Ramuan ini meningkatkan sirkulasi darah otak. Oleh karena itu dapat meringankan banyak gejala vertigo seperti mual, muntah, mengantuk dan sakit kepala.

6. Ginko Biloba

Selain untuk meningkatkan kecerdasan, gingko biloba efektif dalam mengurangi gejala vertigo seperti sakit kepala, mual dan pusing. Gingko biloba ini juga meningkatkan sirkulasi darah dari telinga tengah yang mempertahankan keseimbangan tubuh. Gingko biloba adalah salah satu obat rumahan herbal untuk gejala vertigo.

7. Kacang almond
Kacang almond kaya akan asam lemak esensial, vitamin dan mineral. Kacang almond membantu tubuh untuk mengatasi serangan vertigo. Kacang almond juga membantu menyembuhkan kelemahan, kelelahan dan bahkan sakit kepala yang terjadi karena vertigo. Anda dapat mencampur bubuk almond dalam susu panas dan minum di pagi hari. Anda juga bisa makan segenggam almond setiap hari.

8. Air putih

Air putih atau air mineral membantu untuk mengontrol serangan vertigo. Ketika Anda merasa bahwa Anda mungkin akan mendapatkan serangan, minum empat gelas air es dingin. Air putih juga meredakan mual, muntah, kelemahan dan pusing.

9. Duduk atau berbaring

Jangan berdiri ketika Anda mengalami serangan vertigo. Anda harus segera duduk atau berbaring. Jika Anda berdiri maka Anda dapat membahayakan diri Anda sendiri, Anda bisa pingsan. Dengan berbaring atau duduk akan menawarkan bantuan sementara dari perasaan berputar-putar. Sambil duduk Anda harus meletakkan kepala Anda di antara kaki Anda untuk meningkatkan pukulan darah di otak.

10. Fokus pada sebuah obyek

Berkonsentrasi atau fokus pada suatu objek tertentu selama lima menit untuk mencegah pingsan dan kehilangan keseimbangan tubuh ketika Anda mendapatkan serangan vertigo. Anda dapat fokus pada setiap objek yang ada di depan Anda ketika Anda mengalami mual dan mengantuk. Anda dapat fokus sampai rasa kantuk dan mual hilang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: