10 Musibah Kereta Api Terburuk Sepanjang Sejarah


kecelakaan keretaKereta api adalah kendaraan yang saat ini menjadi kendaraan primadona bagi sebagian banyak negara di dunia. Tak hanya negara berkembang yang banyak menggunakan kereta api, namun negara maju juga banyak mengembangkan kereta api sebagai kendaraan alternatif untuk mengatasi kemacetan.

Dipilihnya kereta api karena kendaraan darat ini relatif lebih aman dari pada kendaraan yang lain. Hal ini dikarenakan kereta api memiliki jalan sendiri yang disebut dengan rel kereta. Kereta api juga diklaim lebih cepat dari pada kendaraan darat yang lain.

Namun, dibalik cepatnya kendaraan yang satu ini, ternyata di dunia ini pernah ada setidaknya 10 bencana yang telah memakan korban banyak jiwa. Berikut ini kesepuluh bencana kereta api terburuk sepanjang sejarah, seperti dikutip dari Toptenz.

10. Bencana kereta Al Ayyat – Mesir, 2002 (383 korban)
Pada pukul 2:00 di pagi hari pada tanggal 20 Februari 2002, tabung gas meledak di gerbong kelima kereta Mesir. Api dengan cepat menyebar ke gerbong lain, meskipun kereta terus melaju di sepanjang jalurnya sampai dua jam kemudian ketika pengemudi akhirnya berhenti. Pada akhirnya, tujuh gerbong terbakar menjadi abu, dan hampir 400 orang kehilangan nyawa mereka. Jumlah korban jiwa dalam bencana ini sangat disayangkan, daftar penumpang penuh tidak dihiraukan. Kereta ini kelebihan beban dan diyakini banyak penumpang tewas ketika mereka melompat dari kereta yang terbakar. Meskipun 383 adalah korban resmi, banyak yang menduga korban mencapai 1000 orang.

9. Bencana terendamnya rel kereta – Ethiopia, 1985 (428 korban)
Bencana kereta terburuk dalam sejarah Afrika terjadi pada 14 Januari 1985, dekat dengan kota Awash. Kota yang terletak di atas jurang di Sungai Awash. Kereta ekspres tergelincir setelah insinyur gagal mengurangi kecepatan di jembatan melengkung, gerbong kereta terjun ke jurang. Terdapat sekitar 1.000 penumpang ada di dalam kereta, 428 tewas dan hampir semua penumpang yang tersisa terluka parah. Setelah kecelakaan mengerikan ini terjadi, insinyur kereta ditangkap dan didakwa karena gagal mengurangi kecepatan pada.

8. Bencana rel Torre del Bierzo – Spanyol, 1944 (200-500 lebih korban)
Pada tanggal 3 Januari 1944, di dekat desa Torre del Bierzo di Spanyol, kereta api surat melaju ke terowongan No. 20. Pada saat itu, 3 gerbong mencoba untuk keluar dari bahaya. Dua gerbong tersebut masih dalam terowongan ketika kereta surat melanda. Dari arah yang berlawanan, kereta batubara dengan 27 gerobak. Pengemudi mesin mencoba untuk memperingatkan kereta batubara, tetapi masih menabrak lokomotif. Api yang dihasilkan membakar kereta selama dua hari. Seperti banyak orang bepergian tanpa tiket, dan api menghancurkan hampir semua sisa-sisa manusia, jumlah sebenarnya dari penumpang sulit untuk diperkirakan.

7. Bencana Kereta Balvano – Italia, 1944 (521-600 lebih korban)
Selama Perang Dunia II, kekurangan perang yang parah menyebabkan cukup perdagangan pasar gelap. Pada tahun 1944, oportunis dan pengusaha pemula akan menyelundup di kereta barang untuk sampai ke peternakan pemasok. Selama ini, ada juga kekurangan kritis batubara berkualitas tinggi. Pembakaran pengganti rendah menghasilkan sejumlah besar gas karbon monoksida tidak berbau. Pada tanggal 2 Maret 1944, secara substansial kelebihan beban lokomotif No. 8017 terhenti di dalam terowongan yang curam. Awak dan penumpangnya, termasuk beberapa ratus penumpang gelap menumpang di atasi cerobong asap. Satu-satunya yang selamat adalah mereka yang kebetulan melakukan perjalanan dalam beberapa gerbong terakhir yang tersisa di udara terbuka ketika kereta terhenti.

6. Bencana Kereta – Rusia, 1989 (575 lebih korban)
Kecelakaan kereta api yang paling mematikan dalam sejarah Soviet terjadi pada 4 Juni 1989. Sebuah kebocoran di pipa LPG menyebabkan sejumlah besar gas propana menyumbat pipa antara kota Asha dan Ufa. Ketika insinyur melihat penurunan tekanan, mereka hanya meningkatkan tekanan ke tingkat normal bukannya mencari kemungkinan kebocoran. Pada sekitar pukul 01:15, dua kereta yang membawa lebih dari 1.200 penumpang, banyak dari mereka adalah anak-anak, berpapasan. Bunga api yang dibuat oleh mereka memicu awan sangat mudah terbakar dan menghasilkan ledakan yang bisa dilihat dari 95 mil jauhnya. Bola api yang dihasilkan menyebar sekitar 1 mil, meratakan pohon sampai 2,4 mil, dan menghancurkan dua kereta.

5. Bencana kereta Guadalajara – Meksiko, 1915 (600 Korban)
Pada tahun 1915 revolusi Meksiko berada dalam ayunan penuh. Presiden Venustiano Carranza memerintahkan bahwa keluarga pasukannya dipindahkan ke Guadalajara, kubu yang baru ditangkap. Pada tanggal 22 Januari 1915, kereta khusus disesuaikan, dengan 20 mobil yang terlalu kelebihan beban, berangkat dari Colima. Penumpang sangat penuh, penumpang bahkan di atap. Sementara laju kereta turun curam, insinyur kehilangan kendali kereta. Kereta terus pada kecepatan tinggi karena dinegosiasikan jalan menuruni trek dan akhirnya jatuh ke dalam jurang yang dalam. Kurang dari sepertiga jumlah penumpang resminya selamat dari kecelakaan.

4. Bencana kereta Bihar – India, 1981 (500-800 Korban)
Pada 6 Juni 1981, selama musim hujan di India, kereta dengan sembilan gerbong yang membawa sekitar 1.000 penumpang terjun ke Sungai Baghmati. Kondisi hari hujan deras dan berangin, dan tingkat air sungai jauh lebih tinggi dari normal. Saat kereta mendekati jembatan yang melintasi di atas sungai, sapi melintasi rel. Dalam usahanya untuk menghindari sapi, insinyur mengerem terlalu keras, menyebabkan kereta meluncur di rel basah dan masuk ke dalam air. Bantuan datang jam lagi, dan sebagian besar penumpang telah tenggelam atau telah tersapu oleh waktu layanan penyelamatan tiba. Lebih dari 300 mayat tidak pernah ditemukan.

3. Bencana rel Ciurea – Rumania, 1917 (600-1000 Korban)
Selama Perang Dunia I, sebuah kereta penumpang mengalami kegagalan rem sehingga turun sangat curam ke stasiun Ciurea. Sebanyak 26 gerbong kereta membawa pengungsi dan tentara yang terluka yang mencoba melarikan diri dari serangan Jerman. Para insinyur berusaha yang terbaik untuk memperlambat kereta, namun gagal, kereta terbalik. Untuk mencegah kecelakaan pada kereta berikutnya, kereta pelarian beralih ke lingkaran. Karena kecepatan tinggi, kereta pelarian sayangnya tergelincir dan terbakar, menewaskan ratusan orang.

2. Bencana Saint Michel-de-Maurienne tergelincir, Perancis, 1917 (800-1000 Korban)
Pada Tanggal 12 Desember 1917, hampir 1.000 Tentara Prancis Kembali ke rumah pada musim Natal. Karena kekurangan peralatan pada lokomotif, mereka dibawa bersama penumpang mobil digabungkan bersama-sama dan ditarik hanya memggunakan satu mesin. Dari ke sembilan belas gerbong, hanya tiga yang pertama memiliki rem udara dan yang lainnya tidak punya. Kereta turunke lembah di Alps di Perancis, Pengemudi mengecek rem namunmobil murah terus menambah kecepatan. Suhu mulai panas dan kebakaran terjadi di bawah gerbong. Hanya 425 mayat yang bisa diidentifikasi dari 1.000 mayat.

1. Bencara tsunami pada rel kereta Sri Lanka, 2004 (1.700 lebih korban)
Pada tanggal 26 Desember 2004, dasar laut gempa laut Sumatera menghasilkan tsunami raksasa yang menewaskan sekitar 280.000 orang. Pada hari yang menyeramkan itu, “Queen of the Sea” itu membawa lebih dari 1.500 penumpang. Rel kereta berjarak 217 meter dari pantai ketika gelombang pertama melanda. Air segera menghentikan kereta. Penduduk setempat dan penumpang, berpikir kereta akan menjadi tempat yang aman, naik di atasnya dan bersembunyi di balik itu. Gelombang kedua jauh lebih besar; melempar kereta dari jalurnya dan gerbong berguling sampai terhenti. Mereka yang tidak hancur dengan kereta api dengan cepat tenggelam saat mereka berbaring terperangkap di dalam mobil. Hanya segelintir penumpang yang selamat.

Iklan

One response

  1. Sbenarnya keslamatan transportasi sudah maju skali saat ini. silahkan cari di google bnyak skali kcanggihan alat kslamatan. Jd jangan takut untuk menggunakan brbagai macam alat transportasi. Tapi musibah (kecelakaan) tetap saja bisa terjadi. di situlah kita harus mnyadari bahwa, Tuhan Maha Kuasa. Jngan pernah sombong dg apapun apa lg hanya dg kecanggihan telnologi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: