Manfaat Luar Biasa Teh Hitam Bagi Kesehatan


Foto: prescriptionfact.com

Foto: prescriptionfact.com

Bagi Anda penggemar teh, hampir tiap hari menikmati teh. Pagi dan sore hari biasanya cara menikmati teh dengan berkumpul bersama keluarga. Lebih nikmat lagi jika hujan bersama camilan ringan. Pas banget buat teman nonton TV.

Semua teh sangat bagus untuk kesehatan. Teh hijau adalah yang paling banyak disukai wanita, apalagi jika ingin menurunkan berat badan. Teh hitam juga tak kalah khasiatnya bagi kesehatan. Teh hitam banyak dikonsumsi daripada teh hijau. Harganya yang relatif lebih murah dari pada teh hijau membuat teh hitam favorit bagi penggemar teh.

Di Jawa, teh hitam adalah minuman yang wajib dihidangkan pada hajatan seperti resepsi pernikahan, acara syukuran atau pada saat ada tamu. Di daerah Pantai Utara Jawa (Pantura) seperti Tegal dan Brebes, teh hitam dinikmati bersamaan dengan telur bebek asin yang sungguh nikmat. Cara menikmati teh di Pantura ini dengan poci dan sebagai pemanisnya menggunakan gula batu.

Apakah Anda tahu bahwa ada manfaat kesehatan yang tak terhitung jumlahnya dari teh hitam. Teh hitam adalah salah satu teh yang banyak dikonsumsi. Adalah baik untuk memiliki teh hitam sebagai bagian dari diet seseorang karena menawarkan banyak manfaat kesehatan. Peningkatan oksidasi dari daun teh membuat teh jenis ini lebih beraroma daripada varietas teh yang lainnya. Teh ini dibuat dengan pemanasan suhu tinggi untuk menghilangkan kadar air. Cara ini sangat teroksidasi bentuk teh dibandingkan dengan teh lainnya.

Teh hitam diperoleh dari daun yang dikenal sebagai Camellia sinesis dan lebih teroksidasi daripada varietas teh hijau, putih dan oolong. Ini memiliki rasa yang kuat dari varietas lain teh.

Teh hitam adalah nama yang diberikan karena warna gelap. Warna air teh hitam biasanya kuning oranye atau warna gelap. Secangkir teh hitam diketahui mengandung setengah jumlah kafein yang ditemukan dalam secangkir kopi.

Teh hitam diketahui mengandung kafein, karbohidrat, kalium, mineral, fluoride, mangan dan polifenol. Teh hitam juga mengandung tannin, guanin, xanthine, purin, catechin, dan ester gallic. Polifenol sebagai antioksidan dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan. Secangkir teh hitam akan memberikan 200 mg flavonoid, theaflavin, dan thearuigins. Teh hitam juga mengandung antioksidan kuat. Minum tiga cangkir teh hitam dapat membantu meningkatkan konsentrasi flavonoid dalam aliran darah.

Berikut ini manfaat teh hitam bagi kesehatan, seperti dikutip dari Bold Sky.

Pencegahan kanker

Antioksidan seperti polifenol yang ditemukan dalam teh hitam membantu mencegah pembentukan karsinogen (zat penyebab kanker) dalam tubuh yang mengakibatkan mencegah kanker seperti kolorektal, prostat, ovarium, paru-paru dan kandung kemih.

Teh hitam juga dapat membantu mencegah kanker payudara, prostat, dan kanker perut. Senyawa yang dikenal sebagai TF-2 yang terkandung dalam teh meningkatkan kematian sel-sel kanker dan sel normal memungkinkan untuk tetap tidak terpengaruh. Teh hitam juga dapat mengurangi risiko kanker mulut pada mereka yang merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya. Teh hitam juga mencegah pertumbuhan dan pembentukan tumor ganas.

Menghapus radikal bebas

Ini adalah salah satu manfaat kesehatan yang paling menguntungkan dari teh hitam. Teh hitam membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan banyak kerusakan pada tubuh seperti kanker, aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah) dan pembentukan bekuan darah. Ketika seseorang mengkonsumsi makanan yang tidak sehat jumlah radikal bebas dalam tubuh meningkat. Ada antioksidan hadir dalam teh hitam yang membantu menghilangkan radikal bebas tersebut dan melindungi tubuh dari serangan penyakit yang berbeda.

Meningkatkan sistem kekebalan

Ini adalah salah satu keharusan yang dibutuhkan manfaat kesehatan dari teh hitam untuk kesehatan. Zat yang dikenal sebagai tanin yang terkandung dalam teh hitam memiliki kemampuan untuk melawan virus seperti influenza, pilek, flu, disentri, hepatitis dan lain-lain. Antigen alkilamina hadir dalam teh hitam membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini diperlukan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus yang berbeda dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

Manfaat untuk kesehatan jantung

Antioksidan hadir dalam teh hitam seperti flavonoid membantu menghilangkan kolesterol jahat dan meningkatkan tingkat kolesterol yang baik untuk jantung. Teh hitam mengurangi kerusakan pembuluh darah termasuk dinding arteri penyakit jantung juga diturunkan. Flavonoid juga efektif dalam mengurangi pembekuan darah dan karena itu dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Mangan dalam teh hitam membuat otot-otot jantung yang sehat.

Mengurangi peradangan dan tumor

Salah satu jenis tanin yang disebut catechin dikenal untuk membantu dalam menekan tumor. Minum 3 sampai 4 cangkir teh hitam per hari untuk mengurangi peradangan serta patogen berbahaya.

Kesehatan mulut

Antioksidan catechin hadir dalam teh hitam membantu dalam mengurangi kanker mulut. Tannin dan polifenol memiliki properti antibiotik yang menghambat bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi. Teh hitam juga mengandung fluoride yang melawan bau mulut serta bakteri eradicates berbahaya dari rongga mulut. Dua cangkir teh hitam memberikan jumlah fluorida yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut.

Meningkatkan konsentrasi

Ini mendorong aliran darah ke otak tanpa rasa gugup yang dibawa oleh kafein yang tinggi dalam kopi. Memiliki kandungan kafein kurang dari kopi. Asam amino L-theanine hadir dalam teh hitam membantu seseorang untuk bersantai dan berkonsentrasi pada tugas yang sedang Anda kerjakan. Mengkonsumsi empat cangkir hitam selama per hari selama satu bulan akan mengurangi tingkat stres. Teh hitam meningkatkan memori dan kewaspadaan mental. Bahkan melindungi terhadap penyakit Parkinson.

Membantu pencernaan

Tannin hadir dalam teh hitam bermanfaat untuk pencernaan. Teh hitam dapat memerangi berbagai jenis penyakit usus dan lambung.

Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Teh hitam juga memiliki efek anti-diare. Polifenol hadir dalam teh membantu menurunkan peradangan usus yang menyebabkan sindrom iritasi usus besar (IBS).

Kesehatan tulang

Ada fitokimia hadir dalam teh hitam yang dapat membantu memperkuat tulang serta jaringan ikat. Peminum teh hitam telah ditemukan memiliki tulang sehat.

Tingkat energi yang lebih tinggi

Teh hitam adalah minuman energi. Tingkat moderat kafein di dalamnya bertindak sebagai stimulan untuk meningkatkan kewaspadaan dan fungsi otak. Kafein dalam teh hitam lebih bermanfaat dari kandungan kafein dalam kopi atau cola seperti minuman.

Mendukung ginjal dan sistem pernapasan

Teofilin senyawa yang ditemukan dalam teh membantu merangsang ginjal, jantung dan sistem pernapasan. Senyawa tersebut dapat membantu menjaga kesehatan sistem kardiovaskular.

Menurunkan berat badan

Penggunaan teh hitam untuk menurunkan berat badan. Teh hitam adalah rendah lemak, kalori dan sodium. Hal ini bermanfaat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Teh hitam dapat bertindak sebagai pengganti minuman yang tidak sehat seperti minuman bersoda dan mencegah penambahan kalori. Teh hitam juga membantu untuk meningkatkan aktivitas metabolisme dan dengan demikian membantu dalam penurunan berat badan.

Mengurangi tingkat kolesterol

Teh hitam membantu mengurangi tingkat trigliserida dan kolesterol jahat yang akan disimpan di bagian dalam pembuluh darah dan dapat membatasi aliran darah ke jantung menyebabkan serangan jantung. Fungsi arteri juga ditingkatkan dengan minum teh hitam.

Mengurangi reaksi alergi dan diabetes

Antioksidan yang disebut katekin mengurangi reaksi alergi dan diabetes juga dihindari. Teh hitam juga membantu untuk memperkuat pembuluh darah. Tannin membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Pertumbuhan tumor juga terhambat.

Baik untuk kecantikan kulit dan rambut

Teh hitam memiliki beberapa manfaat gizi untuk kulit dan rambut. Teh hitam baik untuk kulit karena mengandung vitamin seperti C, E, dan B2. Ada mineral hadir seperti seng, kalium dan magnesium serta tanin dan polifenol. Teh hitam juga membantu untuk menjaga kulit bebas noda.

Iklan

2 responses

  1. info yg bagus. tapi bagi yg tak bisa minum teh ini jangan berkecil hati. karna sejatinya untuk sehat bukan dg banyak makan ini atau itu, melainkan banyak2 berpuasa.

    1. Tetapi juga harus diimbangi gizi yang bagus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: