Ini Jenis Kanker yang Umum Diderita Anak


Foto: Healthmeup

Foto: Healthmeup

Kanker adalah penyakit yang bisa diderita oleh siapa saja. Tidak hanya mereka yang sudah dewasa, namun remaja dan bahkan anak-anak juga bisa menderita penyakit yang mematikan ini. Datangnya tidak diketahui secara pasti, pelan namun pasti sel-sel kanker bisa menggerogoti penderitanya. Butuh waktu lama penyakit ini menyerang secara serius bagi penderitanya.

Anak-anak yang rentan terhadap penyakit kanker adalah mereka yang di keluarganya ada riwayat. Tak hanya itu saja, lingkungan yang tidak bagus seperti orang-orang di sekitar yang merokok juga sangat berpena dalam meningkatkan faktor risiko seorang anak mengidap kanker. Anak-anak yang hidup di daerah yang tercemar air maupun udaranya di atas ambanag batas juga sangat berisiko terkena kanker.

Dikutip dari Healthmeup, sekitar 200.000 kasus baru kanker anak yang didiagnosis setiap tahun di seluruh dunia, dengan sekitar 80 persen dari mereka berada di negara-negara yang memiliki sumber daya yang terbatas. Di India, kejadian keseluruhan kanker pada anak-anak dilaporkan menjadi 38-124 per juta anak per tahun. 1,6-4,8 persen dari semua kasus kanker di India terjadi pada anak di bawah usia 15.

Berikut ini 5 jenis kanker yang umumnya diderita oleh anak-anak.

1. Leukemia
Leukemia (kanker darah) adalah jenis yang paling umum dari kanker anak di India, dengan proporsi relatif bervariasi antara 25 dan 40 persen. Lymphocytic leukemia akut (ALL) dan leukemia myelogenous akut (AML) adalah dua jenis yang paling umum dari leukemia yang mempengaruhi anak-anak. Kedua jenis leukimia ini menyebabkan nyeri pada tulang dan sendi, selain kelemahan, kelelahan, perdarahan, kulit pucat, penurunan berat badan secara tiba-tiba dan demam.

2. Kanker otak
Kanker otak dan tumor lain dari sistem saraf pusat adalah jenis yang paling umum kedua kanker pada anak-anak. Kebanyakan tumor otak pada anak-anak mulai di bagian bawah otak, seperti otak atau batang otak. Tumor ini dapat menyebabkan muntah, mual, penglihatan kabur, kesulitan dalam pengenalan benda-benda dan sakit kepala.

3. Nefroblastoma
Juga dikenal sebagai Tumor Wilms, jenis kanker ini dimulai dalam satu (atau dalam kasus yang jarang di kedua) dari ginjal. Hal ini paling umum di antara anak-anak yang berusia tiga atau empat tahun. Gejala termasuk benjolan atau pembengkakan di perut, nyeri, demam, mual dan nafsu makan yang buruk. Nefroblastoma menyumbang sekitar lima persen dari kanker pada anak-anak.

4. Neuroblastoma
Kanker jenis ini dimulai pada sel-sel saraf, ketika janin masih dalam kandungan . Sering terjadi pada bayi dan anak-anak yang sangat muda, jarang ditemukan pada anak-anak yang berada di atas usia 10. Tumor dapat muncul di mana saja, tetapi pada umumnya ditemukan di perut, dan dapat menyebabkan demam dan nyeri tulang. Neuroblastoma menyumbang sekitar enam persen dari kanker pada anak-anak.

5. Kanker tulang
Ada dua jenis kanker tulang, yaitu kanker tulang primer dan kanker tulang metastatik. Kanker tulang primer mulai dari tulang itu sendiri dan biasanya terjadi pada anak yang lebih tua dan remaja. Namun, mereka dapat berkembang pada usia berapa pun. Kedua jenis kanker tulang ini menyumbang sekitar tiga persen dari kanker pada anak-anak. Kanker tulang metastatik dimulai di tempat lain dari tubuh dan kemudian menyebar ke tulang.

Dua jenis yang paling umum dari kanker tulang primer yang terjadi pada anak-anak adalah osteosarcoma dan Ewing sarcoma. Paling sering terjadi pada remaja, osteosarcoma sering menyebabkan nyeri tulang yang memburuk di malam hari. Berkembang di daerah di mana tulang tumbuh dengan cepat, seperti di dekat ujung tulang panjang di kaki atau lengan misalnya. Ewing sarcoma adalah jenis kurang umum dari kanker tulang yang umum ditemukan pada remaja muda. Hal ini biasanya dimulai di tempat-tempat seperti dinding dada, panggul tulang atau di tengah dari tulang kaki panjang.

Bagaimana mencegah anak Anda dari terkena kanker?

Kebanyakan kanker pada anak adalah gaya hidup yang terkait dan dapat dicegah dengan mengikuti gaya hidup sehat. Hal ini sangat penting bahwa orang tua mengajarkan anak-anak mereka tindakan pencegahan sejak masa kanak-kanak. Anda harus mendorong anak-anak Anda untuk makan banyak buah-buahan dan sayuran segar, karena makanan ini mengandung antioksidan dan juga kaya akan vitamin dan mineral. Sayur dan buah segar membantu melindungi tubuh terhadap bahan kimia yang bisa merusak.

Penting pula bahwa anak-anak diajarkan di usia muda tentang olahraga yang memadai dan efek berbahaya dari merokok. Jadi orang tua juga harus tidak boleh merokok, baik di hadapan anak-anaknya maupun tidak sedang anaknya. Juga jauhi lingkungan dari perokok. Mereka tidak boleh terkena sinar UV yang berbahaya dari matahari pada siang hari yang terik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: